Mediatek Rilis Chipset 5G Pertama Miliknya Yang Dukung Dual Sim 5G Dual Stanby

in ,

Mediatek baru-baru ini mengumumkan jika mereka telah merilis sebuah System-on-Chip (SoC) terbaru miliknya, mereka memeberikan nama chipset tersebut dengan nama Dimensity 1000. Chipset ini menjadi yang pertama dari barisan chipset Dimensity.

Dalam pengumumanya tersebut, presiden Mediatek, Joe Chen menyebut jika lini Dimensity dihadirkan sebagai inovasi Mediatek untuk mendorong perkembangan 5G.

“Dimensity kami pilih sebagai nama untuk menunjukkan bagaimana solusi-solusi 5G kami mendorong gelombang-gelombang baru inovasi dan pengalaman, seperti dimensi ke-lima di dalam dongeng,” kata Chen, dikutip Gamebrott dari KompasTekno, Rabu (27/11/2019).

Mediatek bahkan mengkalim jika Chipset ini adalah Chipset pertama yang diklaim sangat hemat daya dan mendukung dual sim pada jaringan 5G.

Untuk spesifikasinya, Dimensity 1000 memiliki delapan inti procecor, terdiri dari empat inti ARM Cortex-A77 dengan clockspeed maksimal 2,6 GHz dan empat inti ARM Cortex-A55 dengan clocksped  maksimal 2 GHz, dipadankan dengan GPU dari ARM yaitu ARM Mali-G77. Ada pula pengolah kinerja AI (APU) versi 3.0 yang diklaim mampu menghasilkan dorongan kerja  signifikan sebesar 4,5 TOPS.

Dari segi konektivitas, Mediatek menyematkan teknologi yang memungkinkan Dimensity 1000 mendukung dua agregasi carrier 5G (2CC CA) dan menawarkan keceparan downlink hingga 4,7 Gbps dan uplink hingga 2,5 Gbps di jaringan sub-6 GHz, baik saat stand alone (SA) maupun non-stand alone (NSA).

Chipset ini nantinya akan diproses dan dibuat pada fabrikasi 7 nanometer FinFet yang sudah mendukun teknologi Wifi 6 dan Bluetooth 5.1, Chipset ini dikatakan akan mulai tersedia dipasaran pada quartal pertama 2020 mendatang. Beberapa vendor ponsel juga dirumorkan sudah siap meminangnya, seperti Xiaomi, Vivo dan Oppo.

 

Sumber : Gizchina

Rizki Arif Priyanto Nugroho

Written by Rizki Arif Priyanto Nugroho

Seseorang yang mencoba untuk mengamati tentang perkembangan teknologi dan pecinta ponsel pintar berbasis Android, for more information contact : [email protected]