Mekanisme Bertani di Sakuna: Of Rice and Ruin Disebut Sangat “Hardcore”

in

Bertani dan bertempur dalam balutan RPG tentu menjadi sesuatu kombinasi premis permainan yang unik dan menarik untuk dicoba. Setelah sebelumnya cukup dipopulerkan oleh game Stardew Valley, kini sebuah developer Edelweiss mencoba melakukan hal serupa dengan Sakuna: Of Rice and Ruin.

Ketika Stardew Valley lebih mengarah pada life sim, Sakuna difokuskan pada elemen bertempur yang dihadirkan secara platformer, kemudian elemen bertaninya menjadi faktor penting bagi sang karakter utama demi menjadi lebih kuat saat bertempur. Menariknya, ketika bertani dalam Sakuna diekspektasikan menjadi bagian permainan yang bikin santai dan rileks, yang terjadi adalah sebaliknya.

Melansir dari forum gamenya (via Nmia), elemen bertani dalam game Sakuna ternyata lebih kompleks, bahkan terasa “hardcore. Beberapa gamer Jepang mengaku kesulitan saat bertani karena kurang memahami proses bercocok tanam yang benar. Mereka mengklaim bahwa gamenya sendiri tidak memberikan petunjuk atau tips yang lebih detail, dan tidak sedikit diantaranya bahkan mencari panduan sendiri lewat website resmi kementrian pertanian Jepang.

After the release of?Sakuna: Of Rice and Ruin?, many Japanese players were impressed by the hardcore paddyfield…

Posted by Nmia ??? on Saturday, November 14, 2020

Di berbagai game lain yang miliki elemen bertani memang cenderung hadirkan mekanisme yang simpel; tanam dan siram, kemudian siram kembali tiap hari sampai mekar. Developer Sakuna nampaknya ingin mencoba sesuatu yang berbeda dengan menghadirkan mekanisme bertani yang bisa dibilang cukup realistis jika melihat dari tingkat kompleksitasnya yang cukup dalam.

Secara tidak langsung, sang developer nampaknya memang ingin menonjolkan elemen bertaninya, terutama tanaman padi atau nasi yang memang jadi salah satu makanan pokok masyarakat Jepang. Sang author dari game ini sendiri bahkan diklaim miliki lahan pertanian kecil di halaman rumahnya untuk menanam padi, mungkin sebagai research dalam mengaplikasikan rasa bertani sesungguhnya di dalam game. Lebih lanjut, selain dari judulnya sendiri yang sudah memiliki kata nasi di dalamnya, salah satu sumber pada postingan di atas juga menyebutkan bahwa Sakuna edisi Famitsu DX di Taiwan menyertakan sekantung beras sebagai salah satu bonusnya.

Sakuna: Of Rice and Ruin tersedia untuk platform PC, PS4 dan Switch. Kamu bisa cek detail lebih lanjut akan gamenya melalui halaman Steam-nya.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait game Sakuna: Of Rice and Ruin atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]