Melanggar Kode Etik Esport, Turnamen Mobile Legends di Malaysia Batal Terlaksana


Follow Us

Memasuki bulan juni ini sebuah drama menghebohkan publik Malaysia. Drama mengenai industri gaming tersebut dimulai saat sebuah klub malam Buzz ingin menggelar turnamen esport. Game yang dipertandingkan pun cukup beragam yaitu PUBG Mobile, CSGO, Dota 2, dan Mobile Legends. Sayangnya terdapat peraturan khusus dari Buzz yaitu memberikan hadiah berupa beer kepada para peserta turnamen setelah mereka membayar biaya registrasi setiap turnamen yang dipertandingkan.

Nulis artikel dibayar

Tentu saja hal tersebut bertentangan dengan kode etik esport di Malaysia. Dimana dunia esport dan gaming harus dijauhkan dari dunia minuman beralkohol, perjudian, dan pronografi. Menanggapi hal tersebut pemerintah Malaysia bertindak dengan cepat. Mereka melarang Buzz menggelar turnamen Mobile Legends dan PUBG Mobile. Karena kedua game tersebut didominasi oleh anak-anak dibawah umur.

CS:GO entry : RM50/teamDotA 2 entry : RM50/team Prize Pool RM2000032 teams DotA 2 | 32 teams CS:GO Bracket…

Posted by BUZZ on Sunday, June 2, 2019

Rencananya turnamen yang diselenggarakan oleh Buzz tersebut akan digelar pada 19 dan 20 juni mendatang. Karena adanya peringatan dari pemerintah Malaysia membuat Buzz merubah peraturan turnamen mereka. Turnamen tersebut hanya akan memperlombakan dua game saja yaitu CSGO dan Dota 2 dimana peserta wajib diatas 18 tahun. Sementara pemberian hadiah berupa minuman beralkohol juga dihapus oleh pihak organizer.

BACA JUGA  Menangi All-Indonesian Final, Evos Esports Juara M1 World Championship 2019

Pihak pemerintah Malaysia dan Moonton sendiri sangat melarang dunia game khususnya Mobile Legends harus bersandingan dengan minuman beralkohol ataupun rokok. Karena sesungguhnya dua produk tersebut tidak diperuntukan oleh anak-anak dan berdampak buruk bagi kesehatan. Sementara itu Buzz dan pihak organizer medapatkan pembelajaran berharga bahwa mereka tidak boleh mengiklankan produk minuman beralkohol diacara esport.

BACA JUGA  Mobile legends Akhirnya Memberikan Bocoran Tanggal Hadirnya Pharsa Revamp!

Baca juga artikel terbaru lainnya terkait game Mobile Legends atau artikel-artikel menarik lainnya dari Roni Istianto.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item