Melihat Kembali The Division Selama Beberapa Tahun Kebelakang

in ,
The Division 2 Year

Tom Clancy’s: The Division yang rilis pada 8 Maret 2016 sebentar lagi akan memasuki tahun keduanya, dan agaknya cukup menarik jika kita sedikit melihat kembali perkembangannya selama beberapa tahun belakangan ini.

Game garapan Massive Entertainment dan dipublikasikan oleh Ubisoft ini pertama kali diumumkan pada E3 tahun 2013 melalui screenshot in-game yang terlihat begitu nyata dan juga trailer gameplay yang bisa dibilang sangat menakjubkan, menciptakan begitu besarnya antusias para gamer terhadap game yang menggabungkan elemen Shooter dengan RPG ini.


 


Jika kamu ingat trailer ini dan sudah memainkan gamenya, mungkin kamu merasa sedih ataupun kesal (atau mungkin seperti penulis yang bisa menerima apa adanya), karena trailer yang ditunjukkan pertama kali diatas sangatlah berbeda dengan game yang dirilis. Bisa dikatakan downgrade yang dilakukan Ubisoft ini cukup signifikan, dan juga banyak fitur yang ditunjukkan didalam trailer dihilangkan dari gamenya saat rilis.

Begitu banyak kritik dan kekecewaan datang dari fans yang sudah sangat antusias menunggu game yang dipublikasikan oleh perusahaan asal negara Perancis tersebut. Bahkan nampaknya Ubisoft memang menjadi langganan dalam melakukan downgrading dan menghilangkan fitur yang ditunjukkan pada trailer.

The Division Comparison
Via: Games Radar

Salah satu alasan downgrading biasanya adalah kemampuan hardware yang kurang. Dalam hal ini Ubisoft (atau developer yang bersangkutan) melakukan downgrading agar PC kentang sekalipun bisa memainkan game yang bersangkutan, sehingga lebih banyak orang dapat memainkannya dan secara tidak langsung memberikan Ubisoft keuntungan lebih lagi.

Kita sendiri juga tak ingin mengulangi kejadian Crysis, dimana saat itu sangat minim hardware yang dapat menjalankan game tersebut dengan lancar.

Namun Ubisoft nampaknya tidak akan meninggalkan game ini begitu saja. Ubisoft secara aktif mengadakan berbagai event dan juga memberikan update konten-konten baru secara berkala. Beberapa diantaranya adalah DLC Mode Survival, Underground dan juga The Last Stand. Begitu juga dengan Dark Zone atau area dan konten PvP dalam game ini pun terus berkembang dengan munculnya meta-meta baru disetiap updatenya.

(lanjut halaman berikutnya…)

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]