Gamepad Android – Mana yang Lebih Enak Dipakai, Gamepad Bluetooth atau Gamepad Wireless?

Gamepad Android

Gamepad Android

Memainkan game Android tentu memiliki keseruannya sendiri, terlebih bila kita memainkannya bersama teman-teman. Namun, terdapat kendala bernama faktor kenyamanan ketika gunakan smartphone tersebut dalam waktu cukup lama. Ya, kehadiran Gamepad Android, biasanya akan benar-benar mampu berikanmu kenyamanan ekstra pada sesi gaming-mu.

Selain menawarkan kenyamanan, faktor lain yang kerap jadi bahan evaluasi untuk gunakan Gamepad ketika kita mainkan game favorit, biasanya diikuti kemudahan koneksi. Utamanya nirkabel alias wireless, yang mana sampai saat ini biasanya masih dipusingkan oleh calon pembeli meski dasar keduanya adalah sama.

Nah, kita akan coba kupasnya pelan-pelan di bahasan kali ini.

Koneksi Gamepad Android Bluetooth dan Wireless, Serupa Namun Tak Sama

Eksistensi dari gamepad nirkabel atau tanpa kabel umumnya dipakai pada komputer atau konsol untuk minimalisir kabel. Kehadiran dari koneksi tanpa kabel ini bolehkan para pemain untuk gunakan gamepad dimanapun mereka mau, di sofa atau kasur misalkan.

Secara teknis, eduanya sama-sama usung nirkabel, namun tak ada yang bedakan Gamepad Wireless dan Gamepad Bluetooth. Untuk konektivitasnya sendiri, umumnya varian bluetooth hanya tawarkan Bluetooth 3.0 sampai Bluetooth 5.2, dan khusus wireless biasanya menawarkan konektivitas tambahan yang gunakan dongle 2.4GHz.

Artinya, keduanya tak jauh beda dari sisi konektivitas, karena keduanya sama-sama tawarkan kemudahan yang sama, yaitu tanpa kabel. Meski demikian, setidaknya masih ada beberapa hal yang bedakan Gamepad Bluetooth dan Gamepad Wireless.

1. Beda Cara Operasinya

Nah, meski keduanya sama-sama berikan kebebasan terhadap perkabelan, namun keduanya memiliki beda dari sisi koneksi.

Di mana Gamepad Bluetooth akan haruskanmu miliki koneksi bluetooth (khususnya komputer) untuk dapat gunakannya. Setelahnya, kamu harus lakukan pairing atau penautan supaya gamepad tersebut bisa dipakai.

Bukan koneksi wireless atau wifi ya brott!

Hal tersebut tentunya beda dari wireless, yang mana haruskanmu colok dongle yang disertakan pada slot USB komputer atau smartphone tersebut. Meski beberapa ada yang merasa ‘ribet’ colokkan dongle, namun setelahnya kamu bisa langsung gunakannya untuk mainkan game favorit.

2. Beda di Latensi atau Delay

Tentunya kini kita paham bahwa keduanya cukup beda cara operasinya. Namun, ternyata tidak cukup sampai di situ, karena ada pula beda di latensi atau delay di antara keduanya.

Uniknya, berdasarkan data yang dikumpulkan oleh tim TheGamingSetup di sini, koneksi bluetooth malah tampak lebih superior dari wired. Kalian dapat melihat gambaran latensi atau delay tersebut di bawah:

Meski demikian, hanyalah Gamepad Bluetooth tertentu yang dapat capainya. Sama halnya Gamepad Wireless lain yang ada pada list tersebut, yang sebenarnya untuk pemakaian kasual sama sekali tak masalah.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Namun, bila disini kita membahas Gamepad Android yang ada di pasaran, kami sarankan jangan terlalu harap lebih, terutama yang murah meriah alias kw. Biasanya, akan terdapat delay yang cukup kentara karena kualitas USB yang ditanamkan tak sebagus itu untuk kirim sinyal.

Khususnya gamepad yang tawarkan koneksi bluetooth ‘seadanya’ alias Bluetooth 3.0. Di mana kami cukup yakin akan terdapat jeda atau delay dikarenakan kecepatan kirim masih termasuk lambat.

Lain halnya koneksi wireless yang sama sekali tak terpengaruh kecepatan sinyal tersebut, namun akan melambat bila ada banyak perangkat wireless.

Jadi, Mana yang Lebih Enak Dipakai?

Berdasarkan dua hal di atas, rasanya tidak sah bila ada supremasi terhadap satu koneksi karena secara kegunaan, keduanya tawarkan hal yang sama.

Mudah sekali untuk katakan “tergantung preferensi”, namun kami merasa itu bukanlah jawaban yang kalian nantikan, bukan?

Nah, di bawah ini ada beberapa pertimbangan kami terkait Gamepad Blueetooth dan Gamepad Wireless yang biasanya diadu para calon pembeli:

1. Memastikan gamepad dimaksud telah tawarkan koneksi Bluetooth 5.0 atau lebih, karena kami merasa lebih optimal untuk smartphone. Hal ini bukannya tanpa alasan, karena penulis telah coba TWS dengan Bluetooth 4.2 dan Bluetooth 5.3, dan hasilnya bak langit dan bumi.

2. Untuk koneksi wireless, kamu diharuskan untuk membeli USB OTG supaya kamu bisa gunakannya.

Berdasarkan dua hal di atas, artinya keduanya sama-sama enak dipakai untuk mainkan games favorit. Namun, pada beberapa kasus, ada yang katakan bahwa Gamepad Android yang gunakan koneksi bluetooth baterainya lebih awet dari koneksi wireless, entah benar atau tidak.

Itulah dia bahasan ringan kami kali ini. Jadi, kamu tim yang mana nih brott?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version