Mencoba AetherSX2, Emulator PS2 Android Terbaik dan Paling Ringan Tahun 2021

AetherSX2 Emulator PS2 Android

Beberapa waktu yang lalu, sempat heboh sebuah emulator PS2 terbaru untuk HP Android bernama AetherSX2. Sejak kemunculannya, AetherSX2 menjadi bahan perbincangan gamer di sosial media dan juga berbagai forum internet seperti Reddit. Sudah banyak gamer mencoba emulator AetherSX2 ini untuk memainkan game-game PS2 di HP Android.

Pada kesempatan kali ini, saya pun penasaran dan mencoba bermain game PS2 di HP Android dengan menggunakan emulator AetherSX2. Sebagai referensi, saya mencoba emulator ini dengan menggunakan HP Android Poco X3 GT dengan spesifikasi RAM 8GB, menggunakan CPU Octa-Core Max 2.6Hz, GPU Mali-G77 MC9 dan chipset MediaTek Dimensity 1100 (6nm).

Apa Itu AetherSX2?

AetherSX2 adalah emulator PS2 terbaru di HP Android buatan Tahlreth. Emulator AetherSX2 ini merupakan aplikasi gratis yang bisa kalian download di Google Play Store. Pada saat artikel ini ditulis (8/12), AetherSX2 masih dalam tahap early stages alias masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut. Developer mengatakan dalam deskripsi bahwa emulator ini merupakan proyek waktu luang sebagai salah satu hobi dari mereka.

Karena masih early stages, AetherSX2 akan memiliki beberapa masalah kecil dan mereka berencana akan meningkatkan lagi emulator ini menjadi lebih baik. Jadi untuk jaga-jaga, kalian harus selalu ingat untuk melakukan save apabila emulator tiba-tiba crash.

Spesifikasi HP Android Main Emulator PS2 dengan AetherSX2

Menurut developer Tahlreth, kalian harus memerlukan HP Android dengan spesifikasi tinggi agar bisa bermain dengan lancar. Mereka merekomendasikan setidaknya HP android dengan processor Snapdragon 845, menggunakan 4 core seperti Cortex-A75 dengan skor 500 atau lebih dengan single core Geekbench 5.

Jika kalian mempunyai 2 core seperti seri Snapdragon 700 SoC, setidaknya kalian harus mematikan multi-threaded VU agar performa tidak terlalu berat. Kemudian perangkat dengan GPU Mali atau PowerVR akan menjalankan aplikasi ini, tetapi performanya akan turun dibawah Adreno dan fitur render Vulkan tidak akan bekerja.

Pengalaman Mencoba Emulator Baru PS2 di HP Android

Setelah kalian mengetahui informasi dasar mengenai emulator PS2 bernama AetherSX2, saya akan menceritakan pengalaman mencoba emulator ini. AetherSX2 memiliki banyak fitur setting yang bisa kalian atur sendiri menyesuaikan perangkat yang digunakan.

Pada saat membuka aplikasi AetherSX2 pertama kali, kita akan diberikan beberapa opsi setting, yaitu Optimal/Safe Defaults dan Fast/Unsafe Defaults. Untuk opsi Optimal/Safe Defaults, direkomendasikan bagi HP Android dengan spesifikasi perangkat mid dan high. Sementara Fast/Unsafe Defaults, diperuntukkan bagi HP Android dengan spesifikasi low. Saya memilih opsi Optimal/Safe Defaults untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Setelah itu akan ada opsi untuk memasukkan BIOS agar bisa main game PS2 dengan emulator AetherSX2. Untuk BIOS, kalian bisa menemukannya dengan mudah dan sudah ada banyak sekali di internet. Setelah itu, AetherSX2 meminta kalian untuk mengatur letak game ISO PS2 agar emulator dapat membacanya dan kalian bisa langsung main.

Setelah itu kalian sudah bisa menggunakan emulator PS2 bernama AetherSX2 ini dengan pengaturan dasar dari developer. Saya melihat ada banyak opsi pengaturan yang bisa kalian atur sesuai dengan perangkat HP Android yang kalian gunakan, mulai dari pengaturan umum, system, graphic, audio dan masih banyak lagi. Belum lagi dengan pengaturan posisi tombol controller pada layar yang bisa kalian atur sendiri.

Hasil Tes Bermain Beberapa Game PS2 dengan Emulator AetherSX2 di HP Android

Setelah mencoba mengotak-atik pengaturan AetherSX2, saya pun mencoba beberapa game PS2 di HP Android. Dalam mencoba beberapa game, saya menggunakan settingan pribadi yang dapat menghasilkan performa terbaik. Untuk tutorial rekomendasi setting terbaik emulator PS2 menggunakan AetherSX2 di HP Android, kalian bisa baca selengkapnya di sini.

Dengan setting emulator tersebut, berikut ini hasil tes game PS2 yang saya coba menggunakan emulator AetherSX2 menggunakan HP Android Poco X3 GT:

Resident Evil 4

Mencoba AetherSX2, Emulator PS2 Android Terbaik dan Paling Ringan Tahun 2021 15

Game pertama saya coba menggunakan emulator AetherSX2 adalah Resident Evil 4. Emulator ini tampak berjalan lancar ketika bermain Resident Evil 4. Game dapat berjalan lancar sampai 60 FPS dan mengalami sedikit drop apabila terlalu banyak musuh yang muncul dalam satu lokasi. Teksur game-nya pun tidak ada masalah besar dan terlihat bagus seperti di konsol PS2.

Mencoba AetherSX2, Emulator PS2 Android Terbaik dan Paling Ringan Tahun 2021 16

God of War II

Mencoba AetherSX2, Emulator PS2 Android Terbaik dan Paling Ringan Tahun 2021 17

Game lainnya yang saya coba adalah God of War II. Ketika memasuki awal permainan dengan banyaknya musuh bermunculan, AetherSX2 mengalami frame drop sekitar 40 sampai 50 FPS. Namun game akan kembali lancar hingga 60 FPS apabila musuh sudah mulai berkurang. Beberapa momen seperti terlalu banyak gerakan animasi ataupun objek lokasi yang terlalu luas nampaknya mempengaruhi juga FPS pada game. Hal ini membuat game mengalami frame drop sekitar 30 sampai 40 FPS.

Mencoba AetherSX2, Emulator PS2 Android Terbaik dan Paling Ringan Tahun 2021 18

Shin Megami Tensei III: Nocturne

Mencoba AetherSX2, Emulator PS2 Android Terbaik dan Paling Ringan Tahun 2021 19

Selanjutnya saya mencoba game turn based RPG Shin Megami Tensei III: Nocturne (versi Featuring Dante from Devil May Cry). Karena game ini tidak terlalu banyak aksi seperti Resident Evil 4 dan God of War II, SMT: Nocturne bisa kalian mainkan dengan lancar sampai 60 FPS.

Beberapa momen akan mengalami frame drop ketika kalian bermain pada saat memiliki gerakan animasi efek yang terlalu aktif seperti pada saat setelah melakukan save. Selain dari itu, game ini tampak bagus dan bisa kalian mainkan dengan lancar.

Mencoba AetherSX2, Emulator PS2 Android Terbaik dan Paling Ringan Tahun 2021 20

Naruto Shippuden Ultimate Ninja 5

Mencoba AetherSX2, Emulator PS2 Android Terbaik dan Paling Ringan Tahun 2021 21

Jika kalian ingin bermain game fighting seperti Naruto Shippuden Ultimate Ninja 5, siap-siap merasa kecewa. Karena game ini benar-benar sangat berat dan memerlukan perangkat dengan spesifikasi tinggi. Pada HP Android Poco X3 GT, game ini dapat berjalan lancar dengan frame sekitar 40 sampai 50 FPS. Selama kalian memiliki HP Android dengan spesifikasi tinggi, kalian bisa bermain game Naruto Shippuden Ultimate Ninja 5 dengan lancar.

Kingdom Hearts II Final Mix

Mencoba AetherSX2, Emulator PS2 Android Terbaik dan Paling Ringan Tahun 2021 22

Selanjutnya saya menncoba game action RPG Kingdom Hearts II Final Mix. Pada awalnya saya mengira game ini akan berat mengingat akan ada banyak tekstur dan gerakan cepat dalam game. Namun ternyata dugaan saya salah. Kingdom Hearts II Final Mix dapat berjalan dengan lancar diatas 55 FPS bahkan bisa stabil sampai 60 FPS.

Mencoba AetherSX2, Emulator PS2 Android Terbaik dan Paling Ringan Tahun 2021 23

Kesimpulan: AetherSX2 Adalah Emulator PS2 Android Terbaik dan Paling Ringan di Tahun 2021

Mencoba AetherSX2, Emulator PS2 Android Terbaik dan Paling Ringan Tahun 2021 24

Sebagai penutup, saya akan memberikan kesimpulan dari pengalaman saya menggunakan emulator PS2 terbaru bernama AetherSX2 di HP Android. Emulator ini tampak memberikan performa bagus dalam bermain game. Ada banyak opsi pengaturan yang bisa kalian atur sendiri menyesuaikan kemampuan perangkat HP Android yang digunakan.

Meskipun masih dalam tahap early stages, AetherSX2 menunjukkan potensi besar sebagai emulator PS2 terbaik dan bahkan paling ringan yang pernah saya coba. Belum lagi emulator ini bisa memberikan secara total seluruh fitur penting pengaturan emulator PS2 secara gratis jika dibandingkan dengan emulator lainnya yang terbatas dan harus berbayar.

Itulah pendapat saya ketika mencoba emulator PS2 Android terbaru bernama AetherSX2. Apakah kalian tertarik untuk mencoba emulator PS2 Android ini?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Emulator, PS2 atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version