Mencoba Alchemy Stars — Seperti Meniru Kedigdayaan Arknights

njajal Alchemy Stars

Sebagai penikmat video game yang sebagian besar berkutat di game-game singleplayer lewat konsol dan PC, game mobile menjadi pasar yang saya sering hiraukan karena model bisnisnya bisa dibilang serakah. Ya, mereka yang ber-gacha, maupun microtransaction yang seringkali berujung pay-to-win.

Satu-satunya game mobile yang sukses mencuri hati saya adalah Arknights garapan Studio Montagne dan Hypergryph rilisan tahun 2020 lalu. Sebagian besar berkat rangkaian permainan yang hampir sepenuhnya bergantung pada intelektualitas pemainnya, serta microtransaction yang sejatinya tidak pay-to-win dan sangat bisa dihindari. Kamu bisa cek di halaman ini untuk mengetahui mengapa Arknights layak dianggap sebagai salah satu mutiara ditengah gunungan sampah game-game mobile zaman now.

Kini di tahun 2021, saya kembali mendapati game mobile yang lagi-lagi mengharuskan pemainnya untuk big brain ketimbang memanfaatkan jagoan-jagoan langka saja. Game tersebut bertajuk Alchemy Stars buatan developer Tourdog Studio. Selama beberapa hari memainkannya, satu hal yang bisa disimpulkan dengan cepat adalah game yang berdiri di bawah naungan Tencent ini mencoba mengikuti kedigdayaan Arknights, well, setidaknya pada beberapa hal yang telah saya sebutkan sebelumnya.

Mencoba Alchemy Stars — Seperti Meniru Kedigdayaan Arknights 27

Tanpa berlama-lama lagi berikut first impression dari saya akan sajian permainan yang coba ditawarkan di dalam Alchemy Stars.

Usung gameplay ala puzzle match-three

Match-three atau tile-matching tentu menjadi mekanisme permainan yang lebih sering digunakan pada game-game casual terutama puzzle. Namun pengaplikasiannya sendiri kini juga diaplikasikan kepada game-game RPG semenjak beberapa tahun terakhir. Alchemy Stars bisa dibilang cukup berinovasi dalam memanfaatkan mekanisme tersebut.

Setiap stage akan menghadirkan semacam papan tile atau ubin dengan empat warna yang disebarkan secara acak. Warna-warna tersebut merepresentasikan empat elemen; Fire (Merah), Water (Biru), Nature (Hijau), Thunder (Kuning) yang memiliki kesinambungan dengan kemampuan para Aurorian, sebutan untuk jagoan-jagoan yang akan kamu turunkan ke pertempuran dalam Alchemy Stars.

Mencoba Alchemy Stars — Seperti Meniru Kedigdayaan Arknights 28

Permainannya sendiri bisa dibialng easy to learn, hard to master. Seperti yang bisa kamu ekspektasikan dari game-game match-three, pemain hanya bisa bergerak di rentetan warna yang sama dalam satu giliran. Bedanya, terdapat tiga jenis serangan yang bisa dilancarkan oleh tiap Aurorian.

Pertama adalah normal attack yang secara otomatis dikeluarkan jika musuhmu bersebelahan dengan jalur tile yang sedang ditempuh. Kedua adalah chain attack yang akan diluncurkan di akhir jalur tile, dimana semakin kuat tergantung jumlah tile yang ditempuh. Ketiga adalah skill yang bergantung pada masing-masing Aurorian.

Supaya sedikit lebih jelas, berikut sekilas penampakan gameplay-nya.

70% big brain, 30% keberuntungan

Setelah menyaksikan video di atas, kamu tentu menyadari bahwa tile yang dilewati akan muncul kembali dengan warna yang acak. Hal ini tentunya sedikit mendorongmu untuk tidak asal menyerang, namun memperhatikan juga jalur tile dan posisi para musuhmu berada. Berbeda dengan Arknights yang jalur musuhnya sudah fix untuk tiap levelnya, pergerakan musuh dalam Alchemy Stars juga akan bergantung kemana kamu bergerak.

Hal ini terlebih jika kamu ingin melibas seluruh level yang ada dengan tiga bintang atau kondisi sempurna, dimana biasanya mengharuskanmu untuk miliki HP di atas 50% dengan 6 giliran tersisa saat menyelesaikannya. Mendapatkan tiga bintang tentunya akan memberikan reward maksimal berupa Lumamber yang bisa kamu manfaatkan untuk menarik gacha.

Alchemy Stars bisa dibilang setidaknya 70% big brain dan 30% keberuntungan. 70% tersebut tentunya adalah bagaimana kamu menghadapi sebuah level, 20% keberuntungan dari ragam tile yang muncul di sepanjang pertempuran, dan 10% keberuntungan sisanya adalah seberapa hoki kamu dalam menarik gacha yang ‘wangy‘.

Mencoba Alchemy Stars — Seperti Meniru Kedigdayaan Arknights 29

Sadly, satu hal yang kurang berhasil jika benar Alchemy Stars ingin meniru kedidayaan Arknights, yakni adalah kemampuan karakter non-langka atau bintang rendah yang kurang bersinar. Dalam Arknights terdapat mekanisme deployment point (DP) dimana operator bintang rendah memiliki cost yang juga rendah, biasanya untuk menahan wave pertama sebelum menurunkan karakter langka dengan cost yang lebih tinggi. Dalam Alchemy Stars sayangnya tidak ada mekanisme menyerupai DP tersebut, sehingga Aurorion berbintang tinggi cenderung lebih berguna dalam menghabisi musuh lebih cepat.

Hal lain yang bagi saya kurang memberikan rasa puas dan bangga adalah kurangnya tantangan yang berarti. Arknights berkali-kali hadirkan level yang sukses membuat kepala saya panas dan pusing, namun berikan kepuasan tak ternilai saat menyelesaikannya. Selama sekitar sekitar seminggu memainkan Alchemy Stars, saya hampir tidak pernah mendapati level yang membuat saya berpikir keras bagaimana cara menyelesaikannya. Entah karena saya hoki karena punya Aurorion yang memang tier S atau memang belum sampai pada level-level yang sulit.

Mencoba Alchemy Stars — Seperti Meniru Kedigdayaan Arknights 30

Hal ini mungkin juga mengingatkanmu bahwa operator langka dalam Arknights sendiri kurang berguna bila pemainnya asal-asalan memposisikan mereka dalam pertempuran dan tidak mempelajari levelnya secara mendalam. Berbeda tentunya dengan Alchemy Stars dimana tiap levelnya hadirkan tile secara acak, sehingga faktor keberuntungan cukup berpengaruh dalam game ini dibandingkan Arknights.

Tentu saja berpotensial

Walau masih inferior jika dibandingkan Arknights, ada beberapa elemen lain dimana Alchemy Stars lebih bersinar. setidaknya ada beberapa hal yang menurut saya cukup fresh dan innovative jika dibandingkan dengan Arknights atau game mobile ber-gacha lainnya; seperti fitur dekorasi base yang lebih mendalam dan bebas, mode-mode permainan dimana salah satunya miliki elemen ala Genshin Impact, interaksi dengan karakter yang lebih mendalam dimana turut meningkatkan status mereka di pertempuran dan lain-lain.

Perlu diingat bahwa game ini sendiri baru saja dirilis secara global, sehingga masih banyak waktu bagi sang developer untuk menghadirkan update dan event-event menarik yang mungkin dapat menyiksa mental para pemainnya.

Berikut beberapa screenshot gamenya yang mungkin bisa berikanmu insight lebih banyak soal Alchemy Stars.

Alchemy Stars telah tersedia untuk iOS dan Android.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Alchemy Stars atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version