Mencoba Forza Horizon 5 – Hampir Tanpa Batas!

Mencoba Forza Horizon 5

Forza Horizon 5

Genre racing telah mengalami perkembangan evolusi yang semakin pesat. Dari yang fokusnya hanya berbalap dan menjadi yang tercepat, sekarang mempunyai lingkup luas untuk harus mengelola atau meninjau kendaraan yang dipakai, hingga pada akhirnya bisa sukses memberi pemain sebuah aspek yang dinamakan “kebebasan”.

Sontak, kebebasan inilah yang belakangan tengah coba ditonjolkan. Dimana menjangkiti game balap dengan formula Open World rupanya bukanlah ide yang termasuk utopis. Baik itu dari seri Need For Speed, Midnight Club, Test Drive Unlimited, hingga The Crew, sekarang seri Forza Horizon justru malah tengah berada dalam momentum yang tepat untuk bersinar. Sebuah seri baru yang melanjutkan kesuksesan seri keempatnya telah tiba di penghujung 2021.

Langsung dengan judul Forza Horizon 5, saya pun belakangan tengah asyik mencoba game ini dan kebetulan, sama sekali tak bisa menyembunyikan rasa kebanggaan untuk terus memainkannya.

Arungi keindahan Meksiko!

Mencoba Forza Horizon 5 – Hampir Tanpa Batas! 22

Dimulai terlebih dahulu dalam menerka gambaran dunia open world yang dihadirkan. Kali ini Forza Horizon 5 ingin mengajakmu singgah ke salah satu negara besar di Amerika Utara, yakni Meksiko.

Tidak hanya ditampakkan dalam skala 50% lebih luas dari seri sebelumnya, lingkungan map Meksiko di Forza Horizon 5 ini juga benar-benar dibuat semakin variatif. Ibarat aspek kelebihan dalam map open world di seri FH 3 yang sangat saya sukai area pemandangan alamnya serta FH 4 yang saya lebih nikmati desain perkotaannya sama-sama tersaji dalam seri FH 5.

Mencoba Forza Horizon 5 – Hampir Tanpa Batas! 23

Secara spesifik, Forza Horizon 5 membawa berjibun medan alam memukau yang benar-benar sangat terasa ambisius menggambarkan keotentikan Meksiko. Banyaknya beragam bioma mulai dari area hutan rimba dengan kuil tersembunyi, daerah pesisir yang dipenuhi oleh pohon kelapa, padang gurun, sampai ke gunung vulkanik pun bisa kalian temukan di sini. Lalu belum lagi bila membahas tentang keunikan dari kota utama (Guanajato) yang berisikan gedung-gedung dengan arsitektur klasik, dan jalanan sempit plus terowongan yang bisa sangat terasa menantang untuk dilalui.

Mencoba Forza Horizon 5 – Hampir Tanpa Batas! 24
Mencoba Forza Horizon 5 – Hampir Tanpa Batas! 25
Mencoba Forza Horizon 5 – Hampir Tanpa Batas! 26

Tidak hanya sampai di situ, Forza Horizon 5 juga menghadirkan fitur musim yang kini lebih dinamis dalam mempengaruhi deretan bioma areanya, yang bakal ditambah dengan keberadaan jenis cuaca baru seperti badai pasir yang benar-benar wah.

Sudah mapnya luas, kontennya pun makin sesak

Mencoba Forza Horizon 5 – Hampir Tanpa Batas! 27

Bila Forza Horizon 4 sudah dianggap sukses menyediakan beragam konten yang besar untuk ditelaah satu per satu, Forza Horizon 5 sendiri boleh dibilang telah langsung berupaya untuk meneruskan estafet. Hampir semua jenis konten baik dari awal rilis maupun pasca rilis di seri Horizon sebelumnya dimunculkan kembali di sini. Contohnya seperti mode Battle Royale (Eliminator) dan Photo Challenge yang baru muncul beberapa waktu saat Forza Horizon 4 rilis.

Di satu sisi, Forza Horizon 5 juga tetap menyisipkan sejumlah mode segar seperti menabrak patung pinata di mode arcade ala Forzathon Live konten tantangan dari mode Horizon story yang kini semakin diperbanyak, sampai menjalani mode ekspedisi yang fokusnya untuk memperkenalkan keindahan alam map open world-nya.

Event mingguan

Belum lagi jika kamu ingin menikmati konten multiplayer hingga mengerjakan konten event mingguan/bulanan dari Festival Playlist demi mendapatkan suatu hal yang sangat begitu rewarding.Seolah bakal membuatmu hampir selalu merasa sibuk dan tanpa batas untuk mengarungi segala konten yang ada.

Lalu sensasi untuk berkendara pun juga coba semakin disempurnakan. Terutama dalam menjawab kualitas suara mesin yang selama ini menjadi satu-satunya kekurangan besar di seri Forza Horizon 4. Plus juga dengan sisi realisme efek smoke dari knalpot mobil yang cukup terlihat meyakinkan.

Fitur kustomisasi yang masih penuh pilihan dan kemudahan

Mencoba Forza Horizon 5 – Hampir Tanpa Batas! 28

Secara total, versi dasar game ini telah langsung menghadirkan lebih dari 500 jumlah mobil yang bisa kamu pilih dari berbagai macam tipe mulai dari sport, rally, offroad, sampai ke mobil-mobil yang antik serta klasik. Lewat update berkala di setiap, jumlah tersebut bisa semakin membengkak dan Masing-masing tentu bisa dikustomisasi sedemikian dari segi performa maupun tampilan.

Bila kamu merasa malas memodif kendaraan secara manual, game ini tetap menyediakanmu pilihan untuk mem-browsing tampilan livery/vinyl, ataupun tuning dari yang sudah dibuat oleh para pemain lain, lalu memilih satu yang dirasa efektif berdasarkan jumlah popularitas dan total unduhan yang dipakai.

Bahkan tidak hanya dari segi kustomisasi mobil, Kamu juga bisa lewat mode event lab untuk  mengkustomisasi atau meracik konten race track maupun tantangan trial versi kreasimu sendri yang lagi-lagi bisa dijamah dengan sesuka hati.

Optimisasi yang ternyata “lumayan”

Mencoba Forza Horizon 5 – Hampir Tanpa Batas! 29

Di platform PC, Forza Horizon 5 harus diakui adalah game yang di atas kertas dan lapangan memang lebih berat dibandingkan dengan Forza Horizon 4. Meski begitu, gapnya sendiri ternyata tidaklah terlalu jauh. Saya memainkan game ini di hardware yang agaknya mulai berada di taraf low-end, yakni GPU GTX 1060 3GB, CPU I7 7700HQ, dan RAM 16 GB yang ternyata masih tetap bisa berjalan lancar walau harus diutak-atik dengan settingan grafis tertentu.

Dari hardware tersebut, ada memang sedikitnya kendala performa kurang mengenakkan yang harus saya alami. Khususnya ketika FPS seringkali  turun dari 60 (mode V-sync ON) ke angka 50-an ketika menjumpai banyak tekstur di area perkotaan Guanajato, sejumlah titik lokasi horizon festival, plus juga di saat bersua dengan banyaknya mobil dari NPC maupun sesama pemain dalam layar. Lalu, ada pula bug dari munculnya peringatan “low streaming bandwith” yang secara khusus saya temukan ketika bermain di mode ekspedisi Guanajato.

Mencoba Forza Horizon 5 – Hampir Tanpa Batas! 30

Sebagai catatan, Bila kamu memiliki hardware yang levelnya agak jauh di bawah GTX 1060, saran yang mungkin bisa kalian coba untuk memainkan game ini dengan FPS yang mendingan adalah dengan memanfaatkan settingan resolution scaling dan menurunkan tingkat kualitas shadow plus shader.

Terlepas dari itu, Forza Horizon 5 masih tergolong pemaaf untuk kaum pengguna hardware non-raytracing. Khususnya untuk GPU buatan Nvidia di seri 10, 9, hingga mungkin GTX 780. game ini secara mengejutkan punya optimisasi yang betul-betul jauh dari kata mengecewakan untuk ukuran game AAA keluaran 2021.

Kesimpulan

Mencoba Forza Horizon 5 – Hampir Tanpa Batas! 31

Menyebutnya sebagai game balap open world terbaik saat ini saya rasa bukanlah termasuk klaim yang berlebihan. Sempurnakan sejumlah kekurangan yang ada di seri sebelumnya, game ini hadir dengan setengah ribu katalog pilihan mobil, puluhan mode bermain + konten ekstensif, serta penggambaran setting lokasi yang benar-benar sangat tepat sasaran nan imersif. Sehingga dari sana, seri Forza Horizon 5 pun pantas dijadikan sebagai bentuk evolusi yang luar biasa dalam dunia game otomotif.

Kira-kira itulah impresi yang bisa saya pribadi kulik dari Forza Horizon 5. Secara keseluruhan, game ini secara full price sangatlah pantas untuk dibeli jika kalian adalah penggemar game racing serta simulasi. Di samping itu, layanan Xbox Game Pass pun muncul sebagai bonus opsi yang cukup sempurna bila kalian tengah memiliki budget dompet yang terbatas.

Kumpulan Screenshot:

Mencoba Forza Horizon 5 – Hampir Tanpa Batas! 32
Mencoba Forza Horizon 5 – Hampir Tanpa Batas! 33
Mencoba Forza Horizon 5 – Hampir Tanpa Batas! 34
Mencoba Forza Horizon 5 – Hampir Tanpa Batas! 35
Mencoba Forza Horizon 5 – Hampir Tanpa Batas! 36
Mencoba Forza Horizon 5 – Hampir Tanpa Batas! 37
Mencoba Forza Horizon 5 – Hampir Tanpa Batas! 38
Mencoba Forza Horizon 5 – Hampir Tanpa Batas! 39
Mencoba Forza Horizon 5 – Hampir Tanpa Batas! 40
Mencoba Forza Horizon 5 – Hampir Tanpa Batas! 41
Exit mobile version