Di tiap generasi baru console, size game juga ikut bertambah. Masih ingat ketika game hanya memakan 100-500 kb pada NES atau saat Doom pertama hanya memakan sekitar 2 mb dalam floppy disk? Sekarang bandingkan dengan game sekarang yang bisa capai 50-80 GB. Size game sekarang yang begitu raksasa ini membuat dua tipe gamer sedih, yaitu mereka dengan internet yang lambat dan juga mereka dengan sisa hard drive yang tinggal sedikit.
Hal ini memunculkan pertanyaan besar, bagaimana bisa size game naik begitu drastis dengan satu langkah generasi console? Game era PS3 dan Xbox 360 dulu didominasi oleh game yang miliki size tak sampai 20 GB. Dan satu langkah menuju generasi PS4 dan Xbox One, tiba-tiba semua game miliki size rata-rata 50-60 GB.
Dari yang saya ingat, Titanfall adalah pelopor game generasi sekarang meroket. Game ini miliki size 50 GB saat dirilis yang sempat buat gamer ternganga. Game tersebut gunakan Source Engine, yang merupakan engine dari Valve untuk membuat Half Life 2. Berapa besar Half Life 2 kemarin? Sekitar 3-4 GB saat pertama kali dirilis (kini capai 6-7 GB). Lalu apa yang membuat game ini dan game-game generasi sekarang begitu besar?
Daftar isi
High resolution texture yang uncompressed dan support hingga 4K
Alasan paling jelas dan mungkin yang pertama muncul di kepalamu adalah “grafis yang makin next-gen” dan hal tersebut memang benar. Tetapi yang benar-benar membuat size game menjadi bengkak adalah semua texture di game tak lagi dikompres dan bisa support hingga resolusi 4K.
Untuk apa texture ini tidak dikompress lagi? Ada 3 alasan:
- Agar mengurangi resiko penurunan kualitas pada texture. Uncompressed texture juga berikan kualitas yang terbaik dan detil, tetapi untuk kualitas tersebut resikonya adalah memakan banyak space.
- Agar mengurangi kerja CPU untuk membawakan gambar, sebelumnya CPU harus melakukan proses decompress terlebih dahulu selagi kamu bermain.
- Memamfaatkan teknologi sekarang. Dengan disc bluray sekarang yang miliki kapasitas lebih tinggi serta spesifikasi console making canggih, developer mulai tinggalkan proses kompresi data untuk menghemat waktu pengembangan.
Sebagai bukti dari seberapa besar pengaru compression pada texture, Bethesda beberapa bulan yang lalu memberikan DLC gratis berupa High Resolution Texture Pack yang berisikan texture Fallout 4 dengan resolusi tinggi yang uncompressed. Size dari DLC ini lebih besar dari size gamenya sendiri yaitu 58 GB.
File Audio yang high quality dan juga uncompressed
Sama seperti texture, audio di game kini tak lagi dikompres. Apabila kita hubungkan dengan Titanfall yang kejutkan 2014 kemarin, dibalik size game mereka yang 50 GB, sekitar 35 GB diisi oleh file audio, yang berarti gamenya sendiri hanya 15 GB. Lalu kenapa audio ini tidak dikompress? Alasannya sama seperti pada texture, memberikan kualitas terbaik sekaligus mengurangi kerja CPU.
Dengan teknologi seperti surround system yang makin mainstream saat ini, developer mencoba mamfaatkan teknologi tersebut untuk hasilkan audio yang atmosferik dan immersive. Tetapi tentu saja untuk kualitas tersebut, file audio akan lebih besar dari biasanya.
Multilanguange audio
Dengan game yang kini makin mendunia, developer tak lagi hanya membuat game yang berbahasa inggris, mereka juga berikan audio non-english yang dominan adalah Bahasa Spanyol, Rusia, dan Jepang. Kumpulan audio bahasa yang kemungkinan kamu hanya akan pilih Bahasa Inggris ini menjadi salah satu kenapa ukuran game lebih besar.
Apabila kamu gamer bajakan yang sering mendowload lewat “repack”, maka kamu tahu jika banyak repacker yang tawarkan opsi untuk mendowload satu saja audio bahasa yang memang kamu gunakan dan membuang sisanya. Kenapa developer jarang memberikan opsi yang sama? Kita tak pernah tahu.
Trend Open-World ataupun level yang lebih terbuka
Dengan hardware yang lebih canggih, developer semakin ingin level game mereka terlihat lebih besar atau bahkan banting stir dari game linear menjadi Open-World. Game seperti Metal Gear Solid V: The Phantom Pain, Sniper Ghost Warrior 3, dan Mirror’s Edge Catalyst menjadi contoh game yang transisi dari linier level mereka menjadi open-world yang diisi side missions.
Dengan high quality texture yang tidak dikompres tadi serta wilayah yang besar, mungkin wajar-wajar saja jika game akan makan puluhan GB. Tetapi bagaimana dengan game seperti Doom (2017) dan Wolfenstein The New Order yang tidak open world? Kedua game miliki design level yang begitu luas dan penuh detil didalamnya dibandingkan open-world yang biasanya hanya gunakan ulang asset yang disediakan game. Apabila seluruh level tersebut digabung menjadi satu akan sama saja besarnya dengan luas wilayah game-game open world seperti yang disebutkan diatas.
Solusi untuk developer
Untuk gamer console, size mungkin tak begitu menghambat mereka karena versi fisik masih hidup pada platform mereka. Untuk gamer PC, size yang makin tinggi ini membuat mereka lebih tersiksa untuk mendownloadnya dan versi fisik juga semakin punah sekarang ini untuk mereka yang malas menunggu download.
Satu-satunya solusi untuk mengurangi sebagian dari size game yang besar ini adalah memberikan opsi akan bahasa apa yang ingin pemain gunakan karena pada akhirnya kita hanya akan gunakan satu bahasa dan mayoritas ada bahasa inggris. Untuk PC, pilihan untuk mendownload secara opsional texture high resolution seperti Fallout 4 dan Shadow of Mordor juga merupakan cara terbaik melihat tak semua PC gamer dapat bermain dengan ultra setting dan resolusi 4K.
Pemisahan antara multiplayer dan single player juga dapat menjadi opsi yang bagus. Untuk gamer Steam yang punya Call of Duty mungkin tahu jika di library mereka terbagi dua versi dari Call of Duty yang mereka beli yaitu Single Player dan Multiplayer. Melihat banyak pemain yang beli game untuk single player-nya saja ataupun multiplayer-nya saja, miliki dua konten dalam satu aplikasi terkadang hanya akan buang-buang space pada harddrive saja.
Solusi-solusi ini tentunya tak sepenuhnya membuat game menjadi kecil kembali seperti era 2012 kebawah, tetapi setidaknya hard drive tidak sepenuhnya diisi oleh file yang takkan kamu akses sama sekali.