[OPINI] Mengapa Kartu Grafis NVIDIA Lebih Populer Dibandingkan AMD?

Kartu Grafis Nvidia

Di saat kalian akan merakit atau membeli sebuah PC, baik itu komputer maupun laptop, biasanya kalian akan disarankan untuk mencari laptop dengan kartu grafis NVIDIA, apapun kebutuhannya. Entah itu MX, GTX, atau mungkin RTX yang tentunya bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan.

Namun, tidak jarang hal tersebut malah menimbulkan perdebatan di komunitas. Walau memang saat ini hanya terdapat dua nama besar di dunia komputer yang umum digunakan, tidak bisa disangkal pula fakta NVIDIA lebih populer ketimbang kompetitornya, AMD.

Bahkan meski kompetitornya menawarkan memori atau VRAM yang jauh lebih besar, masih saja kebanyakan gamer dan kreator lebih menyukai si hijau, entah apa alasannya. Karena itulah kami tertarik untuk membahas hal tersebut.

Lalui opini singkat kali ini, kami akan mengajakmu untuk membahas kenapa kartu grafis NVIDIA lebih populer ketimbang AMD secara singkat dan padat untuk dapat kalian jadikan referensi nantinya bila dibutuhkan.

Ada Alasan Kenapa Kartu Grafis NVIDIA Populer di Kalangan Gamer

NVIDIA lebih disukai oleh gamer?

Di komunitas tanah air, ada banyak sekali gamer yang menyindir NVIDIA lebih inferior dari AMD karena tidak menawarkan memori dalam jumlah besar, dan harganya relatif mahal. Walau hal tersebut ada benarnya, namun tidak dapat dipungkiri pula bahwa terdapat bermacam alasan mengapa kartu grafis kubu hijau ini populer di kalangan gamer, di antaranya:

Driver yang Hampir Tidak Ada Masalah

NVIDIA Game Ready Driver di tahun 2023

Bukan rahasia umum lagi alasan di balik kartu grafis NVIDIA lebih disukai dan populer di kalangan para gamer adalah driver yang bisa dikatakan hampir tidak ada masalah. Tidak seperti kompetitornya, tidak jarang banyak yang mengeluhkan permasalahan yang kerap terjadi saat gunakan kartu grafis AMD, bahkan sampai menyebabkan blue screen.

Walau sebenarnya hal tersebut bisa ‘diatasi’ dengan driver tertentu, namun hal tersebut bisa saja akan kembali terulang karena pembaruan yang dilakukan oleh sistem operasi. Nah, karena alasan inilah kenapa NVIDIA lebih disukai oleh para gamer, bahkan kreator karena membebaskan mereka dari hal-hal yang menyebalkan yang bisa saja terjadi setiap saat.

Selangkah Lebih Depan dalam Hal Inovasi

Implementasi teknologi DLSS 3.5 yang baru muncul

Oke, mungkin di antara kalian yang membaca ini masih atau lebih merekomendasikan kartu grafis AMD karena selain lebih murah, dan memiliki kapasitas VRAM yang jauh lebih besar ketimbang kubu hijau NVIDIA. Namun, pernahkah kalian menyadari bahwa sebenarnya justru kubu hijau lah yang selalu selangkah lebih depan dalam hal inovasi?

Contohnya saja teknologi ray tracing yang meluncur pada tahun 2019 lalu pada RTX 2060, di mana kompetitornya bahkan belum terpikirkan untuk mewujudkan hal tersebut pada kartu grafis tersebut, dan masih meluncurkan RX 5000 Series. Imbasnya, hal ini mematri pikiran gamer bahwa untuk mendapatkan inovasi terbaru, satu-satunya kunci adalah memilih NVIDIA.

Lebih Fleksibel dalam Pemakaiannya

Bisa digunakan untuk bermacam kebutuhan

Bisa dikatakan kata ‘fleksibel’ merupakan kata kuat untuk kartu grafis. Nah, salah satu kelebihan NVIDIA adalah fleksibilitas saat digunakan untuk memainkan game dan membuat konten, edit video atau streaming misalkan.

Walau memang kartu grafis dari AMD bisa melakukan hal tersebut, namun terdapat beberapa kekurangan bila gunakan AMD, di antaranya adalah inkosistensi kualitas layar yang ditangkap, bitrate yang naik turun, di mana semua kekurangan tersebut sama sekali tidak dimiliki oleh NVIDIA. Di sinilah kenapa gamer lebih menyukai kubu hijau apapun kebutuhannya.

Harga Jual Kembali yang Lebih Menjanjikan

Masih bisa dijual kembali dengan harga yang terbilang menjanjikan

Teknologi memang berkembang dengan begitu cepat. Hal tersebut tentunya dibutuhkan untuk membuat teknologi yang ada sebagai pondasi atau batu loncatan untuk menyempurnakan teknologi selanjutnya yang umumnya lebih mumpuni. Sama halnya gamer, saat mereka butuh komputasi visual untuk memainkan game terbaru, tentunya mereka membutuhkan kartu grafis baru.

Tidak jarang, gamer atau kreator yang membutuhkan kemampuan lebih biasanya akan menjual kartu grafis yang telah temani keseharian mereka bertahun-tahun. Bisa saja salah satu alasan mereka memilih NVIDIA selain semua kelebihan di atas adalah harga jual kembali yang lebih menjanjikan ketimbang kompetitornya.

Adu Mekanik NVIDIA dan AMD di Tahun 2023

Adu mekanik dua raksasa yang tidak kunjung selesai

Di tahun 2023 ini, adu mekanik dari dua raksasa ini tampak semakin memanas saja. Hal tersebut dibuktikan dengan bermacam inovasi yang diumumkan dan menjadi ujung tombak kedua manufaktur, di antaranya adalah teknologi upscale semacam DLSS dan FSR yang mampu menambah FPS dengan mengolah gambar sedemikian rupa.

Di antaranya adalah NVIDIA RTX 4090 dan AMD RX 7900 XTX, dua raksasa yang memegang nomor 1 dan nomor 3 di antara ratusan kartu grafis yang ada di pasaran yang telah beredar saat ini. Kalian tentu saja dapat melihat komparasinya di situs semacam UserBenchmark, namun tetap saja terlihat NVIDIA masih mendominasi sekian puluh persen.

RTX 4090 vs RX 7900 XTX

Jadi, itulah alasan mengapa kartu grafis NVIDIA lebih populer dibandingkan kartu grafis AMD. Walau kompetitor mungkin lebih murah dan menawarkan kapasitas VRAM yang lebih besar di kisaran harga yang sama, namun tetap saja piliha akan berakhir pada NVIDIA.

Gimana menurut kalian, brott? Apakah kalian sependapat, atau memiliki pandangan lain terhadap kartu grafis ini?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version