Mengapresiasi 30 Karakter Video Game Wanita ‘Berumur’

in ,

Berbicara soal tipe-tipe karakter video game, kaum hawa seringkali ditonjolkan sebagai karakter pendukung dan menjadi sekadar objek yang memanjakan mata. Desain wanita-wanita muda cantik bertubuh seksi nan mulus sering dimanfaatkan untuk mengambil perhatian para pemain yang didominasi oleh kaum adam. Namun dalam perspektif naratifnya, kini tidak sedikit para wanita-wanita dalam video game tersebut miliki peran yang signifikan dalam jalannya cerita.

Begitu juga dengan wanita yang telah ‘berumur’ atau yang lebih tua tentunya. Semakin banyak video game menghadirkan karakter dengan archetype ibu-ibu, mamah-mamah muda maupun tante-tante. Berbeda dengan wanita-wanita muda berikan kesan suci, polos dan ranum, para bude-bude yang telah menginjak umur kepala tiga keatas ini cenderung lebih menonjolkan kedewasaan, kebijaksanaan serta pengalaman hidupnya, dan tidak sedikit yang jago dalam urusan bercinta.

Maka dari itu, saya ingin mengajak kalian untuk mengapresiasi beberapa wanita ‘berumur’ yang telah berkontribusi dalam suatu video game. Terlepas karena kebijaksanaannya, kegigihannya dalam menjalani hidup yang keras, kasih sayangnya terhadap buah hatinya, usahanya dalam perawatan kulit agar terlihat tetap muda, bahkan mereka yang berakhir menjadi MILF dan objek fantasi para pria-pria kesepian.

Catatan: Semua umur yang tercantum didasari dari game terbarunya, dan mungkin berbeda atau kurang tepat dengan lore aslinya.

1. Lady Dimitrescu — ???

Lady Dimitrescu (Resident Evil Village)

Diklaim sebagai sesosok vampir yang menjadi salah satu antagonis utama Resident Evil Village. Paras tubuh Lady Dimitrescu yang tinggi dan ‘toge pasar’ bahkan mampu mengalihkan perhatian netizen dari karakter seperti Ada Wong dan Jill Valentine yang selama ini menjadi idola di serialnya.

2. Cereza aka Bayonetta — 500+

Cereza (Bayonetta)

Siapa menyangka bahwa Bayonetta yang memegang tahta sebagai wanita tinggi berparas elok favorit gamer ini mendapatkan ‘tantangan’ dari Lady Dimitrescu. Menarik tentunya menyaksikan kontes popularitas antara penyihir berumur lebih dari 500 tahun ini dengan sang vampir Resident Evil kedepannya.

3. Nyotengu — 1018

Nyotengu (Dead or Alive 5)

Masih berbicara soal penyihir berumur ratusan tahun atau lebih, tentu kita tidak boleh melupakan Nyotengu yang telah hidup semenjak Jepang periode Heian. Berparas montok dalam balutan pakaian Geisha, disertai dengan gerak-geriknya yang sugestif dan penuh gairah, siapa pria yang tak terpincut dengannya?

4. Sadayo Kawakami — Akhir 20-an

Sadayo Kawakami (Persona 5)

Miliki trope sebuah skandal tentunya ketika seorang guru yang cenderung dilihat sebagai sosok mulia nan bijaksana diketahui miliki profesi lain yang berlawanan moral. Seperti yang dilakukan Kawakami tentunya, dimana guru sekolah Shujin ini juga bekerja sebagai maid seksi khas Jepang demi ‘membayar’ masa lalunya.

5. Tae Takemi — Awal 30-an

Tae Takemi (Persona 5)

Klinik dengan dokter berpakaian modis ala punk mungkin hampir tidak akan pernah kita temui di dunia nyata, apalagi yang menjadikan salah satu pasiennya sebagai kelinci percobaan. Namun dibalik kepribadiannya yang eksentrik, Takemi tetap menjunjung tinggi sumpah dokter untuk menyembuhkan pasiennya.

6. Lulu — 24

Lulu (Final Fantasy X)

Sebenarnya masih berusia cukup muda terlepas dari penampilannya yang terkesan seperti penyihir kuno. Dibalik sifatnya yang keras dan bermulut pedas, Lulu juga merupakan sosok yang cerdas dan penyayang, bahkan sesekali memperlihatkan sisi genitnya. Figur ibu bagi Tidus dan kakak bagi Yuna.

7. Aranea Highwind — 30

Aranea Highwind (Final Fantasy XV)

Tidak bisa dipungkiri bahwa pertarungan dengan Aranea sebagai boss merupakan salah satu yang terbaik dari semua serial Final Fantasy. Namun sayang, sosok wanita dengan gaya bertempur ala Dragoon yang didesain cukup keren ini justru minim screen time. Dosa terbesar Final Fantasy XV.

8. Beidou — 27

Beidou (Genshin Impact)

Walau tidak se-wangy Keqing atau Ningguang, memimpin sebuah armada laut dengan kru yang begitu loyal tentu menandakan bahwa Beidou tidaklah hanya sekadar wanita yang tangguh dan pemberani, namun juga miliki karisma yang membuatnya disegani banyak orang.

9. Elena Fisher — 37

Elena Fisher (Uncharted 4: A Thief’s End)

Sering dianggap sebagai versi wanita dari Nathan Drake — protagonis utama serial Uncharted. Sudah cantik, ia juga cerdas, gigih, humoris, genit, tidak ketinggalan jago bermain Crash Bandicoot. Agaknya merupakan sosok istri idaman para gamer, terutama fans PlayStation.

10. Freya — ???

Freya (God of War)

Ketika tidak sedikit wanita dewasa muncul di dalam video game sebagai pencuci mata, beberapa game justru mencoba hadirkan sosok wanita yang pancarkan kasih sayang seorang ibu. Seperti Freya dalam God of War misalnya, tidak peduli betapa durhaka anaknya, seorang ibu akan tetap mengasihi buah hatinya.

11. Lady — 37

Lady (Devil May Cry 5)

Bermula dari sekadar gadis labil yang memiliki niat untuk menghabisi semua iblis, Lady tumbuh menjadi wanita dewasa yang lebih bijaksana dan kini memburu iblis bersama seorang setengah iblis. Namun sayang, dadanya yang sudah di-buff di DMC 4 justru terkena nerf di DMC 5.

12. Lilith — 32

Lilith (Borderlands 3)

Lilith dideskripsikan sebagai sosok yang arogan, keras kepala, merasa paling keren dan kuat berkat kekuatan Siren-nya. Namun ketika kekuatan Siren miliknya dicuri dan menjadi lemah, ternyata ia tetap mampu memimpin Crimson Riders dan memandu para Vault Hunters demi menjaga keberlangsungan Pandora.

13. Ivy — 32

Ivy (Soulcalibur VI)

Jika berbicara karakter kontroversial karena desainnya yang kelewat sugestif, maka Ivy adalah pemenangnya. Namun siapa sangka, tante galak berparas semok dan tobrut dalam balutan pakaian yang minim ini adalah seorang kutu buku. Salah satu karakter terikonik dalam serial Soulcalibur.

14. Evelynn — ???

Evelynn K/DA ver. (League of Legends)

Unik tentunya ketika iblis berkarateristik Succubus satu ini bisa ‘diundang’ menjadi anggota girlband ala K-pop. Ahri — rekan girlband-nya boleh mengklaim dirinya sendiri sebagai sang Queen“. Tapi, deep down kita tahu, Evelynn adalah sosok ratu yang sesungguhnya. I believe in Evelynn supremacy.

15. Reiko Nagase — 45

Reiko Nagase (Ridge Racer)

Tidak ada alasan relevan mengapa saya menyertakan ratu balap satu ini. Walau demikian, Reiko adalah sosok yang mengawali terpicunya obsesi saya akan wanita-wanita berambut pendek kala waktu itu masih remaja.

16. Mad Moxxi — 37

Terlepas dari perilakunya yang genit dan sangean, Moxxi merupakan sosok yang berbahaya, penuh “udang dibalik batu” dan menikmati kekerasan, terutama di masa mudanya. Hobi selingkuh dan gonta-ganti pacar maupun suami, namun ia tetap menyayangi anak-anaknya dan kerabat dekatnya.

17. Hanako Arasaka — 78

Hanako Arasaka (Cyberpunk 2077)

Fans tentu terpukau dengan manisnya Judy Alvarez atau teralihkan perhatiannya oleh bokong Panam Palmer di Cyberpunk 2077. Sayang, Hanako sebagai sosok wanita yang cerdas dan menjunjung tinggi nilai kekeluargaan tidak diberikan kesempatan menjadi romance options bagi V.

18. Eliza — 1000+

Eliza (Tekken 7)

Sesosok vampir cenderung diekspektasikan memiliki kesan yang mengancam dibalik daya tarik yang mereka pancarkan, tidak terkecuali dengan Eliza. Namun vampir seksi satu ini justru gampang mengantuk dan seringkali tidur dengan sendirinya. Pernah nggak sih lu tidur siang kelewatan sampai 600 tahun?

19. Madam M — Sekitar 45-an

Madam M (Final Fantasy VII Remake)

Tifa, Aerith maupun Jessie (sang best girl) tentu dielu-elukan oleh mereka yang telah memainkan Final Fantasy VII, klasik maupun remake. Namun dari antara mereka semua, hanya Madam M si tukang pijit inilah satu-satunya wanita yang pernah ‘mengeksploitasi’ Cloud hingga lemas tak berdaya.

20. Fuku — Akhir 30-an

Fuku (Nioh)

Apresiasi patut dilayangkan untuk Koei Tecmo dan Team Ninja karena mampu menghadirkan segudang karakter menawan untuk game Nioh. Salah satunya tentu adalah Fuku, seorang Onmyoji dengan paha tebal aka thicc yang sayangnya hanya muncul sebentar di dalam gamenya.

21. Angela Ziegler aka Mercy — 37

Mercy (Overwatch)

Walau kita tahu peran Mercy sebagai seorang dokter yang rela terjun ke medan perang di semesta Overwatch adalah pekerjaan yang sangat mulia, kamu semua pasti lebih sering melihat beliau berlewatan di situs-situs ‘nakal’, melakukan pekerjaan yang tidak kalah mulia. Best girl di Overwatch.

22. Elizabeth Caledonia Ashe — 39

Ashe (Overwatch)

Tumbuh dengan minim perhatian dan kasih sayang orang tua membuat Ashe menjadi remaja nakal dan melanggar peraturan. Beranjak dewasa, ia menemukan jati dirinya di dunia kriminal, dan kini memimpin gang Deadlock. Agresif dan kasar menjadi sifat khas bude yang suka melawan hukum ini.

23. Pauline — Sekitar 30-an

Pauline (Super Mario Odyssey)

Entah mengapa Mario selalu mengejar sang putri persik yang kurang mengapresiasikan semua perjuangannya, dan bukannya memilih Pauline yang baik hati, periang, suka gaul, punya otak bisnis, bahkan menjadi mayor kota New Donk. Kebanyakan ngehirup limbah saat benerin ledeng mungkin si Mario ini.

24. Rosalina — ???

Rosalina (Super Mario Galaxy)

Selalu terlihat bijaksana dan penuh kasih sayang, mungkin sedikit yang tahu bahwa Rosalina miliki latar belakang cerita paling tragis dalam semesta Super Mario Bros. Ingin mengikuti jejak orang tuanya yang telah tiada, ia menjadi ibu angkat bagi para mahluk Luma dan melindungi kosmos sebagai tujuan hidupnya.

25. Triss Merigold — Akhir 40-an

Triss Merigold (The Witcher 3)

Penyihir dalam semesta The Witcher mampu hidup hingga ratusan tahun dan terlihat tetap muda, seperti Triss tentunya. Selain cantik dan bertalenta, ia juga merupakan penyihir termuda di antara koleganya, alasan yang cukup mengapa ia adalah best girl di serial game The Witcher #TeamTriss.

26. Serana — ???

Serana (The Elder Scrols V: Skyrim)

Merupakan follower yang miliki interaksi mendalam dengan sang Dragonborn. Seiring berjalannya cerita, kita mengetahui bahwa dirinya sering merasa kesepian dibalik sikapnya yang gigih dan bersahabat. Walau terlihat lebih muda daripada vampir lainya, Serana merupakan penyihir yang sangat handal.

27. Shamir — 30

Shamir (Fire Emblem: Three Houses)

Cukup banyak wanita di dunia nyata bersikap tidak terus terang dan “jual mahal” dengan dalih menguji pasangannya. Shamir bisa dibilang hadir kebalikannya; selalu blakblakan dalam menyampaikan perasaan dan pikirannya, namun ia tetap tahu kapan saatnya harus bersikap emosional dan profesional.

28. Morrigan — Awal 40-an

Morrigan (Dragon Age: Inquisition)

Sebagai penyihir yang dibesarkan dengan doktrin untuk tidak mempercayai manusia membuat Morrigan menjadi sosok yang angkuh dan terang-terangan menyepelekan mereka. Namun pada Inquisition, kita bisa melihatnya beranjak lebih dewasa dan bersikap lebih bijaksana, terutama setelah miliki momongan.

29. Yuki — 39

Yuki (Yakuza Kiwami 2)

Pada Yakuza 0, kita melihat bahwa dibalik kerja kerasnya sebagai hostess, Yuki merupakan sosok mudah yang rapuh. Namun pada Kiwami 2, ia bersikap (sedikit) lebih dewasa, bahkan tetap mampu memberikan pelayanan pelayan kabaret berkualitas terlepas dari umurnya yang hampir memasuki 40 tahun.

30. Commander White — ???

Commander White (NieR: Automata)

Walau memang (pantat dan paha) 2B menjadi perhatian utama para fans NieR: Automata, tentu jangan sampai melupakan (pinggul dan paha) Commander White. Tegas dan selalu menganalisa situasi dengan tenang, bahkan rela mengorbankan diri agar YoRHa dapat melanjutkan misi kemanusiannya.

Itulah beberapa wanita berumur yang patut mendapatkan apresiasi atas perannya dalam suatu video game. Tentu masih ada wanita-wanita lainnya yang juga tak kalah berkesan. Kalau kamu tahu atau punya karakter favorit sendiri yang patut disandingkan dengan wanita-wanita di atas ini, yuk langsung aja share di kolom komentar ya!


Baca juga Listicle menarik lainnya atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]