Mengenal Covenants di Ekspansi World of Warcraft: Shadowlands

in

Tidak terasa game MMORPG besutan Blizzard, World of Warcraft hampir menginjak usia dewasa. 16 tahun menemani para fans setia dengan menghadirkan konten baru secara berkala tentu menjadi sebuah usaha dan pencapaian yang patut diapresiasi. Kini, demi mempertahankan tahtanya sebagai salah satu game MMO terpopuler, Blizzard kembali merilis ekspansi terbaru World of Warcraft bertajuk Shadowlands.

Secara singkat, ekspansinya yang ke delapan ini membuka serangkaian zona baru yang juga bernama Shadowlands, sebuah realm atau dunia lain dimana jiwa orang-orang yang telah mati berkumpul. Beberapa fitur utama yang ditawarkan meliputi pembaharuan sistem leveling, akses ke kelas Death Knight untuk beberapa ras, serta hadirnya area dungeon dan raid baru. Namun konten utama yang ditawarkan dari ekspansi ini adalah hadirnya Covenants.

Covenants mudahnya dipahami sebagai kelompok-kelompok yang mengontrol keseimbangan di dunia Shadowlands. Mereka adalah Kyrian, Necrolord, Night Fae dan Venthyr, dimana masing-masing kelompok tersebut memiliki peran dan tanggung jawab yang berbeda-beda terhadap keberlangsungan Shadowlands. Dalam permainannya, kamu diberikan kesempatan untuk bergabung dengan salah satu Covenants tersebut.

Setiap Covenant miliki keunikannya masing-masing yang nantinya dapat teraplikasikan menjadi kekuatan spesial bagi karaktermu, bahkan menawarkan kemampuan khusus yang berbeda-beda untuk semua kelas di World of Warcraft. Berikut ini penjelasan sekilas akan masing-masing Covenant dan konten seperti apa saja yang bisa kamu ekspektasikan ketika menjelajahi Shadowlands.

Kyrian

Memegang kontrol atas zona Bastion, Kyrian memiliki ciri khas layaknya malaikat yang menjunjung tinggi keadilan, kerendahan hati, pelayanan dan kebajikan. Kyrian dideskripsikan sebagai entitas yang menuntun jiwa-jiwa orang mati ke dunia Shadowlands.

Kyrian miliki signature abilities bernama Summon Steward, dimana sang steward akan memberikanmu Phial of Serenity yang mengembalikan 20% HP karaktermu, serta menghilangkan semua status negatif seperti Curse, Disease, Poison dan Bleed.

Kyrian juga merupakan satu-satunya Covenant yang memiliki sistem jaringan transportasi portal “True Network”. Memiliki nama Eternal Gateways, kamu dapat berpindah dari satu area ke area lain tanpa perlu kembali ke Sanctum. Steward juga dapat mengeluarkan Elysian Beacon yang bisa digunakan untuk mengakses Eternal Gateways dari manapun selama di dalam zona Bastion.

Kamu yang memilih Kyrian juga akan mendapatkan akses untuk menyelesaikan tantangan Path of Ascension, sebuah mini game berupa boss-rush namun dalam balutan vehicle combat. Satu hal penting lainnya dari mini-game ini adalah Ascension Crafting untuk membuka boss baru di Path of Ascension, serta membuat berbagai equipment baru yang tentu akan membantumu dalam melawan boss-boss tersebut

Necrolord

Memegang kontrol atas zona Maldraxxus, Necrolords dideskripsikan sebagai entitas yang tidak segan-segan berbuat kejam dan mengutamakan kekuatan di atas segalanya. Hal tersebut bukan berarti menandakan Necrolords adalah Covenant yang jahat, melainkan identitas mereka sebagai pasukan militer yang bertugas menjaga Shadowlands dari ancaman dunia lain.

Necrolords miliki signature abilities bernama Fleshcraft, sebuah perisai yang terbuat dari daging dan tulang yang mampu menyerap damage sesuai dengan 20% dari maksimum HP karaktermu selama 2 menit. Menggunakan kemampuan ini di dekat mayat akan memperkuat perisaimu hingga maksimal 50%.

Dari semua Covenant yang ada, Necrolords memiliki jumlah jaringan transportasi portal paling sedikit, yakni tiga destinasi saja. Jika melihat lore-nya, hal ini dikarenakan Necrolords tidak membutuhkan anggota lemah yang terlalu bergantung pada portal bernama Bone Deathgate tersebut untuk berpindah-pindah tempat dengan mudah.

Bergabung dengan Necrolords akan memberikanmu akses kepada Abominable Stitching. Mudahnya dipahami sebagai aktivitas dimana kamu akan mengumpulkan material untuk membangun sebuah tubuh yang akan dihinggapi suatu jiwa. Nantinya, jiwa tersebut akan menjadi companion yang dapat menemani petualanganmu di Shadowlands.

Night Fae

Ketika Kyrian dikenal sebagai pelindung dan penuntun jiwa-jiwa orang mati, Night Fae yang mengontrol zona Ardenweald ini terbilang memiliki tugas yang sama namun lebih kepada jiwa-jiwa yang memiliki ikatan dengan kekuatan alam.

Night Fae miliki signature abilities bernama Soulshape, dimana karaktermu dapat berubah menjadi Vulpin secara instan dan melakukan teleport ke arah depan. Tidak sampai disitu, movement speed karaktermu juga akan meningkat sebesar 50% selama 12 detik pasca mengaktifkan Soulshape.

Night Fae memiliki jaringan transportasi portal bernama Fae Circles dengan destinasiterluas dan terbanyak jika dibandingkan dengan Covenants lainnya. Memiliki 12 destinasi, dua portal di antaranya bahkan tersedia sampai area Deep Unknown dan the Great Unknown di Shadowlands.

Bergabung dengan Night Fae akan memberikanmu akses ke The Queen’s Conservatory. Mini-game ini sedikit mirip dengan aktivitas bertani yang dihadirkan pada ekspansi Mists of Pandaria. Bedanya adalah kamu bertugas untuk mencari, menuntun dan memelihara jiwa-jiwa yang tersesat di Shadowlands.

Venthyr

Memiliki kontrol atas zona Revendreth, Venthyr yang dideskripsikan memiliki ciri fisik layaknya vampir ini memiliki peran sebagai “penghukum” jiwa-jiwa yang terbebani oleh kecacatan sifat dan perilaku di kehidupan sebelumnya. Walau terkesan memiliki konotasi negatif, hukuman yang dijatuhkan oleh Venthyr juga merupakan upaya pembersihan bagi jiwa-jiwa tersebut agar dapat melanjutkan kehidupan abadinya di Shadowlands.

Venthyr miliki signature abilities bernama Door of Shadows, sebuah kemampuan dimana karaktermu dapat berpindah tempat ke area yang ditarget.

Sedikit mirip Necrolords, Venthyr juga miliki jumlah jaringan transportasi portal  yang sedikit, yakni empat destinasi saja.

Bergabung dengan Venthyr akan memberikanmu akses pada mini-game Ember Court. Sebuah aktivitas dimana kamu akan diberikan tanggung jawab mengadakan sebuah pesta untuk para NPC terkenal di Shadowlands. Setiap minggunya, kamu akan diberikan daftar NPC yang akan hadir di Ember Court. Keberhasilan mini-game ini juga bergantung pada kemampuanmu dalam mengatur pesta sesuai dengan preferensi para tamu yang diundang. Hal ini meliputi hiburan yang disajikan, para staff yang bekerja, dekorasi pesta, hingga makanan dan minuman yang dihidangkan. Kamu juga tentunya akan hadir dalam pesta tersebut dan berbincang-bincang dengan para tamu untuk hasil yang lebih baik.

Kamu perlu terlebih dahulu menyelesaikan rangkaian quest storyline Shadowlands sebelum diperbolehkan bergabung dengan salah satu Covenant. Quest tersebut tentunya juga akan mengajakmu mengunjungi masing-masing zona dan markas Covenant untuk mengenal mereka secara langsung. Tidak hanya itu, kamu juga perlu mencapai level maksimum di Shadowlands, yakni level 60 sebelum bisa bergabung dengan salah satu Covenant. Tambahan, setelah menyelesaikan quest utama Shadowlands, karakter milikmu lainnya di akun yang sama bisa langsung bergabung dengan salah satu Covenant tanpa perlu menjalankan quest cerita utamanya lagi.

Bergabung dengan salah satu Covenants tentu bukan akhir dari konten ekspansi Shadowlands. Selain akses kepada mini-game dan kemampuan baru untuk karaktermu, masih banyak aktivitas lain yang tidak kalah menarik demi mendapatkan lebih banyak item menarik, seperti Transmog serta Mounts dan Pets eksklusif dari masing-masing Covenant.

Tiap Covenant memiliki serangkaian campaign eksklusif yang bisa kamu jalankan setelah bergabung dengan mereka. Masing-masing campaign hadir dalam sembilan chapter, dimana tujuh di antaranya akan memberikan reward berupa Transmog Set sesuai dengan Covenant yang kamu ikuti. Transmog Set lainnya juga bisa didapatkan dengan menjalankan aktivitas lain, atau membelinya langsung menggunakan Reservoir Anima (in-game currency khusus Shadowlands) maupun Grateful Offering.

Selain campaign, kamu juga didorong untuk mengembangkan Sanctum milik Covenant pilihanmu. Meningkatkan level Sanctum bisa dibilang cukup penting agar kamu bisa menggunakan fitur seperti Transportation Network untuk berpindah tempat dengan cepat, serta Anima Conductor untuk mengakses ragam quest baru dan menghadapi musuh-musuh baru.

Satu hal yang tidak kalah penting adalah sistem Renown, semacam pengukur trust atau hubunganmu dengan Covenant yang kamu pilih. Beberapa fitur dan aktivitas akan terkunci bila Renown karaktermu masih rendah. Ada tiga cara mendapatkan Renown; menjalankan campaign dan menyelesaikan dua weekly quest.

Terakhir, kamu juga diberikan kebebasan untuk berganti Covenant. Kamu tentu akan kehilangan akses terhadap kemampuan spesial serta item-item seperti Transmog eksklusif Covenant yang kamu ikuti. Bergabung dengan Covenant baru memanglah mudah, namun bergabung kembali dengan Covenant yang pernah kamu ikuti sebelumnya justru lebih rumit, yakni menjalankan rangkaian quest selama dua minggu berturut-turut.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait game World of Warcraft atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]