Mengenal DotR Redux – Mod Rebalance Yu-Gi-Oh! DotR yang Selama ini Kita Butuhkan

in ,
Dotr10

Sebelumnya, saya menulis artikel tentang Yu-Gi-Oh! The Duelists of the Roses. Dalam artikel itu, saya menulis tentang jalan cerita dan sistem gameplay dari Duelists of the Roses (DotR) yang membuat game tersebut, dalam pendapat saya adalah digital card game paling unik sampai saat ini. Sampai saat ini, belum pernah saya temukan digital card game, baik online maupun offline, dengan gameplay yang cukup mendekati game jadul ini. Namun, game ini memiliki masalahnya sendiri.

Untuk kalian-kalian yang masih main Yu-Gi-Oh! sampai sekarang, mungkin kalian merasa bahwa Konami. tidak begitu pandai dalam memberikan balancing bagi game mereka sendiri. Masalah yang sama bisa dilihat dalam DotR. Ketika kalian sudah mengerti cara memainkan DotR dengan optimal, game ini menjadi sangat mudah — terlalu mudah, bahkan. Hanya ada sedikit bagian dari DotR yang menantang, dan tantangan tersebut datang dari adanya kartu overpowered yang tidak bisa digunakan oleh pemain.

Dotr6
Stress

Grinding dalam DotR juga menjadi kelemahan besar. Dalam DotR, Deck Leader musuh umumnya memiliki skill-skill tertentu. Untuk mendapatkan skill yang sama, pemain harus meningkatkan pangkat Deck Leader. Pangkat dari Deck Leader bisa dinaikkan dengan menggunakan monster yang sama dengan Deck Leader sesering mungkin. Namun, proses grinding ini sangat, sangat lambat, membutuhkan waktu berjam-jam hanya untuk mendapatkan satu skill.

Tentu saja, di era gaming seperti sekarang, game apapun bisa diperbaiki dengan mod, apalagi game lama yang bisa dimainkan lewat emulator. Tapi, berbeda dengan Forbidden Memories, Duelists of the Roses tidak memiliki komunitas modder yang aktif mengeluarkan puluhan variasi mod. Untungnya, seorang pecinta DotR atas nama Clovis bersedia untuk memulai proyek mod DotR dengan judul DotR Redux.

Seperti yang ditulis dalam judulnya, DotR Redux adalah mod besar yang mengubah Duelists of the Roses secara keseluruhan. Menyadari banyaknya masalah dari DotR, Clovis membuat proyek DotR Redux dengan tujuan untuk membuat pengalaman DotR yang lebih baik, dan mempertahankan semua bagian positif yang sudah ada dalam game tersebut.

Hal ini dilakukan dengan tiga perubahan besar. Yang pertama adalah perubahan dalam grinding untuk mendapatkan skill Deck Leader. Semua penambahan EXP dalam DotR Redux dikali lima dari DotR original. Selain itu, dalam mode Custom Duel, ditambahkan satu map yang sengaja didesain untuk grinding Deck Leader. Dengan fitur-fitur tambahan ini, proses grinding yang awalnya memakan waktu sampai berjam-jam bisa selesai hanya dalam waktu 30 menit.

Dotr9
Kapan lagi grinding setengah jam udah gini

Yang kedua adalah perubahan dalam sistem Reincarnation, dan slot machine di akhir duel. Seperti yang sudah ditulis di atas, salah satu kesulitan dan sumber frustasi dalam gameplay DotR adalah AI yang “curang”, dengan menggunakan kartu yang sama sekali tidak bisa didapatkan oleh pemain. DotR Redux menyelesaikan masalah ini dengan menambahkan kartu-kartu tersebut ke dalam Reincarnation dan slot machine. Oleh karena itu, dalam DotR Redux, semua kartu bisa didapatkan pemain.

Dotr7
Ini termasuk drop ampas

Masalah terakhir yang diperbaiki dalam mod DotR Redux adalah balancing. Di bagian ini, DotR Redux mengubah seluruh campaign DotR secara besar-besaran. Semua AI diberikan deck baru, dan desain stage yang lebih unik serta menantang. Tiap deck AI tidak hanya diperkuat, namun juga difokuskan pada satu tipe monster, sehingga memiliki sinergi yang lebih besar dengan Deck Leader mereka. Tiap level pun didesain ulang untuk mendukung deck AI.

Kesempatan ini juga digunakan oleh Clovis untuk mendesain stage yang lebih kreatif, dan membutuhkan strategi serta out of the box thinking. Salah satu stage favorit saya dalam mod ini adalah duel melawan Darkness-ruler, dimana Deck Leader kita dikurung dalam Labyrinth, sehingga Deck Leader tidak bisa bergerak, tapi juga tidak bisa diserang secara langsung.

Dotr8

Selain perubahan-perubahan besar di atas, DotR Redux juga membawakan update-update kecil untuk membawakan pengalaman DotR yang lebih fresh, seperti rumus Fusion baru, dan pilihan starter deck baru dengan fokus lebih besar pada satu tipe khusus. Secara keseluruhan, DotR Redux adalah mod yang memperbaiki kelemahan dari Yu-Gi-Oh! The Duelists of the Roses, dan mempertahankan seluruh aspek dari DotR yang sudah bekerja dengan baik.

Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Clovis dan rekan-rekannya yang sudah membuat mod ini menjadi kenyataan. Clovis mengupload video tentang DotR secara rutin dalam channel YouTubenya, yang bisa dibuka melalui link berikut.

DotR Redux bisa diunduh melalui link ini. Instruksi untuk memainkan DotR Redux bisa dilihat dalam deskripsi video trailer di atas.


Untuk membaca artikel tentang game PlayStation 2 dan konten-konten menarik lainnya, silakan baca artikel-artikel lain dari saya, Jothias Edbert. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Jothias Edbert

Written by Jothias Edbert

Content Writer @ Gamebrott.com. Sangat hobi bermain game TCG, game gacha, atau game-game klasik era PS1 dan PS2.