Mengenal FM Remastered – Mod Yu-Gi-Oh Forbidden Memories yang Mengubah Segalanya

in ,
Fm8

Sebelumnya, saya menulis artikel mengenai Yu-Gi-Oh! Forbidden Memories. Dalam artikel itu, saya menjelaskan pendapat saya bahwa Forbidden Memories adalah game Yu-Gi-Oh! terbaik. Seluruh bagian dari gameplay Forbidden Memories, mulai dari aturan mainnya sampai dengan cara melakukan Fusion, memberikan feel yang mirip dengan kartun Yu-Gi-Oh! pada jamannya, apalagi dalam season Duelist Kingdom. Pengalaman ini tidak bisa didapatkan dalam game Yu-Gi-Oh! lain, atau dalam trading card game Yu-Gi-Oh! di dunia nyata, meskipun dimainkan dengan kartu lama.

Tapi, Yu-Gi-Oh! Forbidden Memories memiliki satu kelemahan yang fatal, yang bisa membuat game tersebut sulit untuk dinikmati: balancing yang sangat buruk.

Kurva kesulitan dalam Yu-Gi-Oh! Forbidden Memories sangat curam dan tidak konsisten. Seringkali, duel yang terlalu sulit datang terlalu awal, dan pemain akan stuck di bagian tersebut dalam waktu yang lama.

Fm3
Good luck aja sih

Dihadapkan dengan masalah ini, komunitas Yu-Gi-Oh! Forbidden Memories tidak mau tinggal diam. Para modder pun mulai beraksi, masing-masing mengeluarkan mod yang bertujuan untuk memperbaiki masalah balancing dalam game ini. Modder juga seringkali menggunakan mod untuk menambahkan kartu-kartu baru dari TCG Yu-Gi-Oh! ke dalam Forbidden Memories.

Saat ini, sudah banyak mod Forbidden Memories yang berkeliaran di internet. Jumlah mod game ini mungkin sudah setara dengan jumlah mod Winning Eleven yang seringkali kita temui saat membeli DVD game PS2 di mall-mall. Tapi, mod yang kali ini ingin saya bahas adalah mod FM Remastered, buatan Blackalicious alias Justin#8895.

Mod FM Remastered pertama kali dipublikasikan pada tanggal 17 Februari, 2020. Mod ini mulai mendapatkan popularitas pada tanggal 31 Januari 2021, berkat munculnya mod ini dalam livestream GFC. GFC adalah speedrunner Yu-Gi-Oh! Forbidden Memories, yang saat ini menempati peringkat kedua untuk Any% Yu-Gi-Oh! Forbidden Memories di speedrun.com.

Secara umum, mod-mod Forbidden Memories berfungsi untuk menambahkan kartu baru, dan mengubah deck yang digunakan oleh lawan. Dengan mengubah deck yang digunakan, modder bisa mengatur kesulitan tiap lawan, dan memperbaiki kurva kesulitan dari Forbidden Memories. Ada juga mod yang memperbaiki teks efek dari Spell dan Trap, agar lebih mudah dimengerti oleh pemain.

Lalu, apa yang membuat mod FM Remastered ini unik?

Fm4
Ya.

Singkat cerita, FM Remastered melakukan perubahan total pada setiap kartunya, dalam skala yang jauh lebih drastis dari mod Forbidden Memories lain. Kebanyakan mod Forbidden Memories lain menambahkan kartu-kartu baru dari era klasik yang rilis setelah Forbidden Memories. Ada beberapa mod yang menambahkan ketiga kartu Egyptian God.

FM Remastered juga menambahkan kartu-kartu baru dari era Yu-Gi-Oh! GX, dan bahkan sedikit kartu dari 5D’s ke depan, seperti Stardust Dragon. Namun, mod ini tidak berhenti sampai di situ. Seperti yang ditunjukkan gambar di atas, FM Remastered tidak takut untuk mengubah Level, ATK dan DEF original dari tiap kartu. Kapan lagi bisa lihat Yubel dengan 4000 ATK? Red-Eyes Black Dragon dengan 2900 ATK? Blue-Eyes Shining Dragon dengan 4500 ATK?

Beberapa monster bahkan diubah namanya.

Fm5
Ini bukannya Winged Kuriboh yang LV10 ya

Dengan diubahnya nyaris semua monster yang ada di game ini, Fusion pun berubah total. Sistem yang digunakan masih sama, tapi semua resep Fusion dalam mod ini akan sangat asing bagi pemain yang sudah akrab dengan Yu-Gi-Oh! Forbidden Memories tanpa mod. Sebagai fitur untuk membantu pemain, beberapa monster memiliki teks nama dengan warna yang berbeda. Contohnya, teks merah berarti monster tidak dapat digunakan untuk fusion, dan teks biru berarti monster hanya bisa digunakan untuk satu atau lebih fusion yang spesifik.

Dalam artikel pertama saya, saya menjelaskan bahwa titik terkuat dari gameplay Yu-Gi-Oh! Forbidden Memories adalah eksperimentasi dan imajinasi. Namun, kedua faktor ini adalah faktor yang melemah bagi pemain yang sudah lama akrab dengan Forbidden Memories. Buat apa eksperimen kalau sudah hafal semua fusion?

FM Remastered adalah mod yang mengubah segala hal yang kita ketahui tentang Yu-Gi-Oh! Forbidden Memories, dan tentang Yu-Gi-Oh! secara umum. Keputusan modder untuk mengubah semua konten dalam Forbidden Memories secara besar-besaran adalah keputusan yang riskan, dan pemain mungkin pusing ketika memainkan mod ini. Namun, dibalik semua itu, mod ini ditujukan untuk mengembalikan keajaiban dari Yu-Gi-Oh! Forbidden Memories.

File ISO dari Yu-Gi-Oh! Forbidden Memories Remastered bisa diunduh melalui Pastebin.


Untuk membaca panduan, ulasan, dan konten-konten menarik lainnya, silakan baca artikel-artikel lain dari saya, Jothias Edbert. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Jothias Edbert

Written by Jothias Edbert

Content Writer @ Gamebrott.com. Sangat hobi bermain game TCG, game gacha, atau game-game klasik era PS1 dan PS2.