Mengenal Genre – Genre Video Game

ugyufyuf

Kalian pasti sudah pada tahu, kalau tiap game yang kalian mainkan itu mempunyai genre tertentu, tapi tidak semua gamer paham betul apa sih genre/jenis game yang mereka mainkan. Ada banyak sekali genre game, seperti di STEAM ini.

Buat tambahan ilmu kalian, yuk kita bahas satu per satu jenis-jenis game yang ada di STEAM.

 

1. FTP (Free to Play)

Untuk bermain game jenis ini anda tidak perlu membayar, alias gratis.
Ada banyak sekali game FTP yang bisa dimainkan, seperti DotA2 contohnya.

 

2. PTP (Pay to Play)

PTP adalah kebalikan dari FTP, yaitu anda diharuskan membayar untuk bermain game jenis ini.
Biasanya kita memakai voucher game, untuk urusan pembayaran, seperti GameOn, Steam Wallet dll.
Contoh dari game PTP adalah, GTA V.

 

3. Early Access

Game jenis ini adalah game yang masih dalam tahap pengembangan.  Masih banyak kekurangan yang kita temui di dalam game adalah hal yang wajar. Alasan kenapa game jenis ini di publikasikan adalah untuk menarik gamer supaya mendukung, menyumbang dan ikut membantu mengembangkan game.
Jadi berhati-hati saat membeli atau memainkan game bergenre Early Access.

 

4. Action

Jenis game ini sangat berkaitan dengan ketangkasan player.  Seperti film berjenis action, kita akan banyak sekali menemukan adegan-adegan bertarung. Contohnya Call of Duty, Counter Strike.

 

5. Adventure

Game ini menuntut kita untuk mengekplorasi banyak hal, memecahkan teka-teki yang sering dikombinasikan dengan adegan pertarungan. Game SKYRIM adalah game model adventure yang sering saya mainkan.

 

6. Casual

Game yang dibuat dengan simple, tidak perlu spesifikasi komputer tinggi, karena game berjenis seperti ini biasanya mempunyai ukuran file yang kecil. Tidak banyak hal komplek, rileks dan cenderung mudah dimainkan.
Minecraft adalah salah satu game bergenre casual.

 

7. Indie

Game indie adalah game yang dibuat perorangan atau tim kecil, tidak ada dukungan dari sebuah penerbit video game. Di STEAM kita bisa mempromosikan game asli buatan kita, tentunya dengan beberapa persyaratan yang harus di penuhi. Minecraft adalah salah satu contoh game indie yang sangat sukses.

 

8. Multiplayer

Game yang dimainkan langsung oleh beberapa pemain, game multiplayer dibedakan oleh jumlah pemain di dalam game. Ada Massively Multiplayer yang melibatkan lebih dari 100, 1000, bahkan bisa lebih banyak lagi pemain dalam sebuah game. H1Z1, SKYRIM online, adalah contoh game Massively multiplayer.

 

9. Racing

Sangat mudah mengenali game berjenis racing, karena kalian akan selalu dilibatkan dalam banyak adegan balapan, modifikasi kendaraan dsb. Need for Speed adalah contohnya.

 

10. RPG (Role Playing Game)

Permainan game, yang gamer akan memainkan sebuah tokoh khayalan. Keberhasilan dalam permainan sangat ditentukan oleh arah dari gamer itu sendiri. Istilahnya build your own path 😀
Contoh game bergenre RPG adalah Fallout 4, SKYRIM online.

 

11. Simulation

Game yang mensimulasikan banyak hal dalam dunia nyata menjadi sebuah permainan, seperti membangun kota, membangun taman bermain dll. Contoh game Simulation, Sim City.

 

12. Sport

Game bergenre sport sepertinya tidak perlu dijelaskan panjang lebar, hahaha
Ya, game yang membawa permainan olahraga nyata menjadi sebuah game, adalah ciri utama game genre sport.
Contohnya adalah Tennis.

 

13. Strategy

Untuk memainkan game bertemakan strategy kalian harus memutar otak, untuk memenangkan/menyelesaikan sebuah game. Pengaturan strategi, menjadi ciri khas utama game genre ini.
Red Alert adalah satu dari banyak game strategi.

 

14. FPS (First Person Shooter)

Jenis permainan tembak-menembak dengan tampilan sudut pandang tokoh yang dimainkan.
Counter Strike, Point Blank adalah game FPS yang gamer indonesia sering mainkan.

Itulah genre atau jenis dari game yang sering kita mainkan.  Ada beberapa genre yang tidak saya masukkan karena memang secara umum mempunyai genre sama dengan genre yang saya tulis.  Terima kasih

Exit mobile version