Mengenal Lebih Dekat Senjata Favorit Kamu di PUBG dan PUBG Mobile


Follow Us

Pemilihan senjata di PUBG merupakan suatu hal yang wajib dan juga krusial. Terlepas dari banyaknya jenis senjata yang tersedia, mereka juga memiliki cerita yang menarik untuk diketahui. Namun tahukah kamu tentang seluk beluk dari senjata yang menjadi pilihan favorit kamu di PUBG? Pada artikel kali ini, mimin akan membahas sejarah dan cerita dibalik senjata-senjata yang sering digunakan di PUBG maupun PUBG Mobile.

Nulis artikel dibayar

1. M416

M416 atau yang memiliki nama lain HK416 merupakan jenis senapan Assault Rifle yang dirancang dan diproduksi oleh sebuah perusahaan asal Jerman pada tahun 2004 hingga sekarang. Sebuah model senapan taktis berdasarkan proyek XM8 yang dihentikan sebagai perbaikan dari kedua M16 / AR-15 dan M4 Carbine, M416 juga merupakan senjata tempur standar dari Angkatan Bersenjata Norwegia, dan juga menjadi senjata yang digunakan oleh SEAL Team Six untuk membunuh Osama Bin Laden pada tahun 2011 lalu. Diadopsi oleh militer dari beberapa negara di seluruh dunia. Di dalam game Playerunknown’s Battleground, M416 terbukti sangat populer karena jumlah keterikatan yang dapat diterima, memungkinkan fleksibilitas dalam jumlah besar.

2. M16A4

M16A4 merupakan senjata yang didesain dengan dengan jenis peluru 5.56mm kaliber. Disamping itu, M16A4 juga menjadi senjata resmi yang digunakan oleh tentara Amerika Serikat. Dalam bentuk yang asli, M16A4 merupakan jenis rifle otomatis yang memiliki 20 selongsong peluru di dalamnya. Keberadaan senjata ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1964 selama perang Vietnam Selatan pada tahun 1963. Belajar dari pengalaman yang dapat dipelajari di medan perang kemudian digunakan untuk memperbaiki dan meningkatkan performa senjata selama bertahun-tahun, sebagai hasilnya banyak turunan dan varian M16 telah dibuat dengan M16A4 sebagai generasi keempat menjadi kembangan terbaru. Diadopsi secara luas oleh militer di seluruh dunia. Di Playerunknown’s Battleground, M16A4 terbukti menjadi senapan serbu yang lebih cocok digunakan untuk pertempuran jarak jauh.

3. AUG  A3

AUG atau yang memiliki nama lengkap Armee Universal Gewehr, yang berarti “Senapan Tentara Universal” merupakan jenis senjata yang diciptakan oleh sebuah perusahaan asal Austria, yang bernama Steyr Mannlicher pada tahun 1977. Model pertama dari senjata ini memiliki corak warna hijau dan teleskop yang terintegrasi dan masih menggunakan peluru 9mm barel. Seiring perkembangan zaman, AUG sendiri sudah memiliki banyak perubahan dan memiliki berbagai variasi jenis termasuk jenis AUG A3.

AUG A3 memiliki kecepatan muzzle dan koefisien drag yang lebih tinggi, mengakibatkan proyektil peluru yang dikeluarkan akan sedikit lebih melengkung. Kelemahan utama dari AUG A3 adalah waktu yang dibutuhkan untuk reload relatif lambat. Untuk bisa mengganti megazine yang ada, paling tidak kamu membutuhkan waktu selama 3 detik. Dikarenakan senjata ini memiliki fire rate yang lebih rendah, membuat senjata ini akan semakin mudah untuk dikontrol.

4. QBZ 95

QBZ (Q?ngwuqi Bùqi?ng–Zìdòng), secara harfiah berarti “Senapan serbu otomatis ringan” diproduksi di China pada tahun 1995 oleh perusahaan bernama Arsenal 266, yang mana merupakan bagian dari Norinco dan Arsenal 296. Senapan ini menggunakan peluru buatan Cina yaitu 5,8 x 42 mm DBP87. QBZ-95 terdiri dari beberapa jenis varian, yaitu varian karabin, standar, dan varian Senjata otomatis regu (Squad automatic weapon). QBZ-95 adalah senapan serbu bullpup buatan China yang sesuai dengan tema / lokasi Sanhok.

BACA JUGA  10 Tips & Trick Cepat Naik ke Rank Conqueror di PUBG Mobile

5. Scar L

SCAR-L adalah jenis ringan dari FN SCAR (Special Operations Forces Combat Assault Rifle), sebuah senapan gas-pendek yang dioperasikan dengan gas senapan otomatis yang dibekali ke berbagai kartrid. Scar sendiri awalnya dikembangkan oleh FN Herstal untuk Komando Operasi Khusus Amerika Serikat (SOCOM) sebagai entri ke Kompetisi SCAR, kompetisi untuk menemukan senapan servis baru untuk SOCOM. Pada 2015, keluarga senapan SCAR beroperasi di lebih dari 20 negara. Dalam game Playerunknown’s Battleground, Scar L terbukti menjadi senapan dengan moncong yang lebih tenang dan memiliki stabilitas yang baik.

6. AKM

Siapa yang tidak kenal dengan senjata yang satu ini? Senjata yang hampir ada di setiap seri video game sejak zaman dahulu hingga saat ini, membuat banyak gamer menjadikan AKM sebagai senjata favorit mereka. Senjata yang memiliki nama asli Avtomát Kaláshnikova dibuat pertama kali pada tahun 1940 sebagai pengembangan dari model lawasnya yaitu AK-47. AKM didesain oleh seorang insinyur sekaligus investor yang bernama Mikhail Kalashnikov yang memiliki jasa besar di bidang pengembangan seri AK-47.

AKM pertama kali bertugas dalam Perang Dunia ke-2 bersama pasukan tentara Soviet pada tahun 1959. Dikarenakan desain AKM yang solid dan tidak membutuhkan banyak aksesoris membuatnya tahan terhadap kondisi ekstrim, seperti terendam air maupun setelah dipendam di dalam tanah dalam waktu yang cukup lama. Dengan barel yang berisikan 7.62mm kaliber membuat damage AKM cukup besar dan sangat cocok untuk digunakan saat pertempuran jarak dekat.

7. Beryl M762

Walau terbilang masih sebagai pendatang baru di PUBG, senjata yang memiliki nama asli “Karabinek szturmowy wzór 1996 Beryl” sudah memiliki tempat tersendiri di hati para player PUBG. Namun tahukah kamu bahwa bentuk asli dari Beryl M762 adalah jenis senapan dengan menggunakan kaliber 5.56mm. Senapan yang didesain oleh ?ucznik Arms Factory di kota Radom, Polandia pada awalnya dibuat dengan tujuan untuk menggantikan AK-47 kaliber 7,62 x 39 mm dan Kbk wz. 1988 (Tantal) kaliber 5,45 x 39 mm karena memiliki fire-rate yang lebih bagus.

8. Groza

OTs-14 Groza atau yang biasa disebut Groza merupakan senapan otomatis di Playerunknown’s Battleground yang hanya bisa ditemukan di supply drop. Di dunia nyata, Groza pertama kali dibuat di Russia pada tahun 1990’an menggunakan peluru kaliber 7.62×39mm dan disebut juga “Thunderstorm” atau “Terror”. Meskipun Groza telah diproduksi sejak akhir tahun 1992, namun ini adalah senjata yang sedikit langka seperti AS Val, dan hanya digunakan oleh operasi pasukan khusus Pathfinder Lintas Udara.

BACA JUGA  Perjuangan Bigetron Esports di PUBG Mobile Star Challenge 2018 Patut Diapresiasi Meski Belum "Winner Winner Chicken Dinner"

9. Mk47 Mutant

CMMG MK47 Mutant adalah senapan jenis semi otomatis yang didesain menggunakan 7.62mm kaliber. Dibuat oleh perusahaan asal Amerika Serikat bernama CMMG Inc pada tahun 2014. Untuk serinya sendiri, produk Mk memiliki berbagai varian yaitu: Mk47 K Pistol, Mk47 K Short Barrel Rifle, Mk47 Mutant AKM, Mk47 Mutant AKM CA, Mk47 Mutant AKM 2 CA, Mk47 Mutant T CA, Mk47 AKS8, Mk47 AKS13.

10. Mini-14

MIni 14 adalah sebuah tipe senapan karbin/DMR di Playerunknown’s Battleground yang diproduksi oleh  Sturm, Ruger & Co pada tahun 1973 di Amerika Serikat. Mini 14 adalah senapan semi-otomatis ringan, dinamai demikian karena kemiripannya sebagai versi yang lebih kecil dari senapan perang M14. Populer digunakan oleh para penegak hukum, personel keamanan, pemburu, peternak, dan marksman.

11. QBU

Di dalam game PUBG, QBU merupakan senjata khusus yang hanya bisa kamu temukan di map Sanhok menggantikan keberadaan Mini-14. QBU atau yang memiliki nama asli QBU-88 adalah senapan semi otomatis yang dikembangkan oleh China pada 1997.

12. SKS

Samozaryadny Karabin sistemy Simonova (SKS) adalah jenis senapan semi otomatis asal Russia yang didesain oleh Sergei Gavrilovich Simonov pada tahun 1943. Senapan yang sempat populer di saat era Uni Soviet kini diekspor secara luas, dan juga dilisensikan untuk produksi oleh negara-negara Blok Timur, Rumania dan Jerman Timur, serta Cina, di mana ia ditunjuk sebagai “Tipe 56 Carbine”. Versi Jerman Timur dikenal sebagai Karabiner S, Albania sebagai Model 561 dan Korea Utara sebagai “Tipe 63”.

13. Mk14 EBR

Mk14 Enhanced Battle Rifle (EBR) adalah salah satu tipe senapan DMR di PUBG yang hanya bisa kamu temukan di supply drop. Mk14 adalah varian dari senapan perang M14 dan awalnya dirancang untuk digunakan oleh unit Komando Operasi Khusus Amerika Serikat, seperti SEAL, Delta Force, dan Unit Khusus ODA.

14. SLR

SLR atau yang memiliki nama asli L1A1 Self Loading Rifle adalah versi Inggris dari senapan tempur FN FAL, cartridge 7.62mm yang dimilikinya untuk memberikan daya henti yang besar pada jarak yang jauh dalam paket yang cukup stabil dan akurat, dan telah terbukti kualitasnya diantara berbagai jenis senapan yang lain oleh militer di seluruh dunia selama lebih dari 50 tahun.

15. VSS Vintorez

VSS (Vintovka Snayperskaya Spetsialnaya) atau yang berarti “Special Sniper Rifle”, merupakan hasil karya dari Petr Serdjukov and Vladimir Krasnikov. VSS merupakan satu-satunya senjata di PUBG yang sudah terpasang attachment berupa peredam muzzle dan optic scope. Sebagai senjata yang menggunakan 9mm kaliber, VSS menjadi senjata ter-diam di PUBG dengan radius suara di bawah 50m.

BACA JUGA  Rilis Cheat PUBG Mobile, Komunitas Cheater Lokal Kembali Berulah

16. Winchester Model 1894 (Win94)

Mungkin senjata  ini agak sedikit asing bagi kalian, kelemahaan terbesar yang dimiliki oleh Win94 adalah ketidak mampuan untuk menggunakan optic scope membuat senjata ini sulit digunakan dibanding senjata yang lainnya. Di dunia nyata, senjata ini lebih dikenal sebagai senapan berburu. Namun, senjata yang didesain oleh John Browning ini pernah menjalani masa tugas sejak Perang Dunia Pertama hingga Perang Dunia Kedua yang digunakan oleh tentara Amerika Serikat dan Perancis.

17. Karabiner 98 Kurz (Kar98K)

Siapa sih yang tidak kenal dengan senjata yang satu ini? Ya, kar98k atau bisa disebut juga karabiner 98 kurz adalah jenis senapan sniper bolt-action rifle asal Jerman yang diproduksi pada 21 Juni 1935. Dalam sejarah penggunaannya, kar98k juga pernah menjadi senjata servis utama bagi Jerman hingga akhir perang pada 1945 dan sempat digunakan oleh nenek moyang kita untuk mengusir penjajah para penjajah

18. M24

M24 adalah salah satu jenis sniper bolt-action rifle yang menjadi nama model yang ditetapkan oleh Angkatan Darat Amerika Serikat setelah diadopsi sebagai senapan sniper standar mereka pada tahun 1988. M24 disebut sebagai “weapon system” karena tidak hanya terdiri dari senapan, tetapi juga pandangan teleskopik yang dapat dilepas dan aksesoris lainnya.

19. AWM

Sampailah kita pada senjata dimana setiap player akan rela melepas senjata kesayangan mereka jika bertemu senjata ini. Senapan runduk AWM (Arctic Warfare Magnum) diproduksi oleh Accuracy International sebuah perusahan senjata Inggris tepatnya di Portsmouth, Hampshire, England. Senapan ini juga dikenal dengan nama AWSM (Arctic Warfare Super Magnum) menggunakan peluru .338 Lapua Magnum dan .300 Winchester Magnum. Karena menggunakan peluru ini, ia memiliki kekuatan penghentian yang hampir tidak mungkin dalam rentang jarak yang sangat jauh dan dengan waktu reload yang lambat, hal ini sebanding dengan kekuatan yang diberikan oleh sniper rifle ini.

Dari semua senjata di atas, manakah senjata yang menjadi favorit kamu brott?


Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+