Mengenal Apa Itu Mata Uang Kripto dan Cara Kerjanya

Mata Uang Kripto

Pesatnya perkembangan dunia teknologi perlahan mulai menggeser peranan uang fisik, dan menggantikannya dengan mata uang digital. Salah satunya adalah cryptocurrency atau mata uang Kripto, yang merupakan salah satu aset mata uang digital sebagai solusi transaksi keuangan secara online saat ini.

Di tahun 2021 ini, popularitas kripto kembali merangkak naik, tidak terkecuali di Indonesia. Maraknya aktivitas mining demi mendapatkan cuan berupa mata uang crypto ini sepertinya menjadi sebuah tren terbaru di saat ini.

Nah, buat kamu yang belum tahu apa itu mata uang kripto atau cryptocurrency, yuk simak penjelasannya di bawah!

Apa Itu Mata Uang Kripto atau Cryptocurrency ?

Cryptocurrency atau mata uang kripto, merupakan mata uang digital yang keamanannya dijamin oleh cryptography. Berbeda dari uang fisik, cryptocurrency digunakan untuk kebutuhan transaksi secara online melalui internet.

Dengan mengusung sistem pembayaran secara peer-to-peer, transaksi crypto ini diklaim lebih mudah digunakan, karena tidak memerlukan perantara dan penambahan biaya. Seluruh transaksi yang dilakukan antar pengguna juga tercatat secara otomatis melalui sistem dengan tingkat keamanan yang sangat tinggi.

Dikarenakan tidak menggunakan perantara, atau bersifat desentralisasi, penggunaan cryptocurrency ini membutuhkan komputer dengan spesifikasi yang canggih. Umumnya, transaksi mata uang digital ini menggunakan platform blockchain untuk kemudahan transaksi antar penggunanya.

Pada tahun 2009, Satoshi Nakamoto ‘melahirkan’ Bitcoin yang merupakan cryptocurrency pertama di dunia. Inilah awal lahirnya sebuah mata uang digital hingga beranak-pinak seperti yang dapat kita temui saat ini.

Kegunaan Kripto

Selain digunakan sebagai alat transaksi yang digunakan secara online, cryptocurrency juga memiliki beberapa kegunaan lain, loh brott.

Kemudahan Pembelian Barang Dan Jasa

Meskipun tidak semua orang di Indonesia menggunakan cryptocurrency sebagai alat pembayaran online, namun hal ini dilakukan sebagian orang demi kemudahan. Contohnya, melakukan pembelian game yang ada di platform Steam dengan menggunakan cryptocurrency karena lebih mudah digunakan.

Sebagai Sarana Investasi

Selain untuk kebutuhan transaksi secara online, crpytocurrency ini ternyata bisa digunakan sebagai salah satu bentuk investasi. Meskipun demikian, investasi mata uang digital ini termasuk ke dalam kategori high risk dikarenakan harga yang dapat berubah sewaktu-waktu. Bila kamu memiliki insight yang kuat dalam investasi, mungkin kamu bisa mencobanya brott.

Menambang Cryptocurrency

Lebih dikenal dengan mining, merupakan suatu hal yang sama sekali tidak dapat dipisahkan dari cryptocurrency yang kita singgung ini. Mining merupakan suatu kegiatan di mana pengguna harus memecahkan serangkaian angka dari cryptography yang rumit.

Dengan memecahkan serangkaian angka tersebut, pengguna akan mendapatkan timbal balik berupa mata uang digital. Hal inilah yang tengah dilakukan orang-orang di seluruh dunia saat ini untuk menambah pemasukan secara pasif. Dan untuk melakukannya pun tidak mudah, karena pengguna harus memiliki modal yang sama sekali tidak sedikit.

Cara Kerja Kripto dalam Cryptocurrency

Setelah memahami kegunaan mata uang digital yang sedang naik daun ini, kita akan membahas cara kerja cryptocurrency. Seperti yang telah kita singgung di atas, pada dasarnya mata uang digital ini hanya digunakan sebagai alat pembayaran online tertentu.

Kemudahan Transaksi Dan Investasi

Buat kamu yang mungkin melakukan mining atau investasi yang berbau cryptocurrency, tentu kamu sudah terbiasa melakukan transaksi online. Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa situs seperti Indodax yang menampung semua orang yang ingin melakukan investasi dalam cryptocurrency ini.

Sebenarnya, kemudahan transaksi di Indonesia dengan menggunakan cryptocurrency umumnya masih terbatas pada kalangan tertentu. Penggunaan mata uang digital ini memang mudah, namun masih kalah populer dengan dompet digital seperti OVO, DANA, dan sejenisnya yang lebih ‘pasaran’.

Sebagai Tolak Ukur Nilai Suatu Mata Uang

Cryptocurrency tercipta dari cryptography yang terenkripsi sedemikian rupa. Perlu kamu ketahui bahwa saat ini terdapat banyak jenis mata uang digital yang beredar di pasaran. Setiap mata uang digital ini memiliki nilai yang berbeda-beda pula dikarenakan faktor supply-and-demand mata uang tersebut.

Sehingga, tidak salah bila kita simpulkan bahwa cryptocurrency ini bersifat fluktuatif dan cenderung unpredictable. Naik turunnya nilai dari mata uang digital ini juga berdasarkan ketersediaan dan pengguna mata uang tersebut. Saat ini, mata uang digital yang paling sering diperbincangkan dan digunakan di Indonesia adalah Bitcoin dan Ethereum.

Kelebihan Dan Kekurangan Mata Uang Kripto

Selain hal-hal diatas, hal yang perlu kalian ketahui adalah kelebihan dan kekurangan mata uang crypto tersebut. Sama seperti uang fisik yang kita gunakan pada umumnya, mata uang crypto juga memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan

Universal, karena seluruh dunia sudah mengenal, menggunakan, bahkan mengakui mata uang crypto untuk melakukan transaksi. Selain itu, tidak memerlukan syarat yang ribet seperti bank konvensional pada umumnya.

Selain itu transparan, karena setiap pengguna mata uang crypto ini bisa melihat seluruh transaksi yang pernah dilakukannya. Meski tidak menampilkan transaksi tersebut dilakukan dengan siapa, namun pengguna bisa mengetahui jumlah transaksi yang dilakukannya.

Ketika transaksi, mata uang crypto ini bersifat cepat karena tidak memerlukan waktu yang lama ketika pengguna melakukan transaksi secara peer-to-peer. Biasanya, transaksi akan memakan waktu dalam hitungan detik hingga satu jam saja, sehingga dapat memudahkan transaksi berskala internasional.

Kendali Penuh, dimana setiap penguna mata uang crypto ini yang akan bertanggung jawab atas kepemilikan mata uang tersebut secara penuh.

Kekurangan

Perlu diketahui bahwa mata uang crypto ini masih dianggap ilegal. Dikarenakan kemudahan transaksi tersebut, masih ada negara yang menganggap mata uang crypto ini sebagai hal yang ilegal. Di Indonesia sendiri, mata uang crypto diperbolehkan, namun diawasi dengan sangat ketat agar tidak merugikan pihak manapun.

Selain itu, mata uang kripto ini acapkali dikaitkan dengan keperluan transaksi ilegal, sehingga sebagian orang enggan menggunakannya. Ditambah kemudahan dompet digital alternatif seperti OVO, DANA, dan sejenisnya, membuat pengguna tidak ingin mengambil resiko.

Nah, kira-kira itulah informasi singkat mengenai mata uang kripto, termasuk cara kerjanya yang berhasil kami rangkum. Gimana brott, kira-kira kalian sudah pernah menggunakan Cryptocurrency atau belum nih?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version