Mengenal Microsoft Word Mulai dari Sejarah dan Fungsi yang Harus Kalian Ketahui

Microsoft Word

Microsoft Word telah menjadi salah satu aplikasi atau program untuk produktivitas yang populer dan umum digunakan oleh semua kalangan. Baik itu pelajar, mahasiswa, sampai pekerja kantoran, aplikasi ini menyediakan bermacam tools atau alat yang dibutuhkan untuk membuat sebuah dokumen.

Dalam artikel kali ini, kami akan ajakmu membahas apa itu Microsoft Word, fitur yang ditawarkannya, termasuk sejarah, dan alasan mengapa aplikasi ini sangat bermanfaat untuk produktivitas.

Apa Itu Microsoft Word?

Aplikasi yang senantiasa menemani hari-hari

Sebagaimana yang telah kami bahas sebelumnya di atas, aplikasi yang biasanya disingkat jadi MS Word ini adalah sebuah aplikasi penunjang produktivitas untuk membuat sebuah dokumen yang biasanya dibutuhkan oleh kaum pelajar dan pekerja kantoran.

Singkatnya, Microsoft Word adalah sebuah aplikasi untuk mengolah kata yang dikembangkan oleh raksasa teknologi Microsoft. Aplikasi ini bolehkan kita untuk membuat dan mengedit dokumen teks, baik itu tugas, surat, laporan, esai, atau resume untuk melamar kerja dengan mudah.

Aplikasi ini juga menyediakan bermacam alat atau kemudahan. Di antaranya spell check, grammar check, format teks, dan banyak fitur lainnya untuk hasilkan dokumen yang lebih mudah dibaca dan dipahami.

Jadi, bisa kita simpulkan bahwasanya aplikasi ini adalah salah satu dari sekian aplikasi dasar yang harus kita kuasai.

Fungsi Microsoft Word yang Harus Kalian Ketahui

Gambar halaman kosong pada aplikasi olah teks

Bila kita ulik lebih mendalam, ternyata fungsi Microsoft Word bisa dikatakan cukup banyak, di antaranya adalah sebagai berikut:

Kami merasa semua fitur di atas hanyalah segelintir fitur yang ditawarkan oleh aplikasi yang umum dipakai oleh semua kalangan ini. Tidak menutup kemungkinan akan terdapat bermacam fitur lainnya yang mungkin kami lewatkan.

Sejarah Microsoft Word

Charles Simonyi dan Richard Brodie

Hal selanjutnya yang tak kalah menarik untuk dibahas adalah membahas sejarah bagaimana aplikasi ini bertahan sampai detik ini. Sejarah Microsoft Word dimulai pada tahun 1970an saat Richard Brodie dan Charles Simonyu yang merupakan seorang programmer di Xerox, temukan konsep pemrosesan kata yang disebut Bravo.

Pada tahun 1981, Microsoft bekerja sama dengan Xerox untuk mengembangkan program pengolah kata untuk IBM PC sampai akhirnya Microsoft Word rilis secara resmi pada tahun 1983 setelah sebelumnya aplikasi ini eksklusif untuk sistem operasi DOS dan masih terbatas banget fiturnya.

Sewaktu awal peluncuran, aplikasi besutan Microsoft tersebut belum terlalu populer. Pada tahun 1989, Microsoft berinisiatif untuk meluncurkan versi Windows dari aplikasi tersebut. Spontan, tampilannya membuat MS Word menjadi populer dan menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh semua kalangan.

Sejak itu, Microsoft terus berinovasi dan mengembangkan aplikasi ini dengan menambahkan bermacam fitur yang tentunya meningkatkan produktivitas. Mulai dari spell checker, margins, sampai yang lumrah kita lakukan saat ini, yaitu berkolaborasi mengedit dokumen secara online melalui Microsoft Word Online.

Cara Download Microsoft Word

Selain mengetahui sejarah dari aplikasi ini, hal berikutnya yang banyak sekali ditanyakan adalah bagaimana sih cara download Microsoft Word? Sebenarnya, untuk mengunduh atau download aplikasi ini cukup mudah untuk kalian lakukan, selama kalian menyiapkan penyimpanan dan memiliki koneksi internet yang baik.

Untuk download MS Word, caranya cukup mudah, yaitu:

Harus dicatat biasanya proses pembayaran akan membutuhkan waktu dan proses dari sistem. Kemudian, kamu akan dikirimkan email konfirmasi, termasuk link atau tautan unduhan aplikasi terkait. Klik link tersebut, dan ikutilah semua petunjuknya, dan selesai. Kamu sudah bisa memakai aplikasi ini.

Jadi, itulah beberapa hal yang dapat kamu ketahui tentang Microsoft Word. Aplikasi ini memang, dan masih populer dan sering digunakan oleh siapapun. Dari sejarahnya yang panjang hingga fitur-fitur canggihnya saat ini, Word telah terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.

Intinya, jangan lupa memperhatikan petunjuk saat proses instalasi, dan semoga artikel ini bermanfaat untukmu yang tertarik dengan serba-serbi dari Microsoft Word.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version