Mozilla Firefox – Pengertian, Sejarah, dan Fungsinya yang Harus Kalian Ketahui

Mozilla Firefox A

Mozilla Firefox adalah salah satu peramban atau browser yang digunakan oleh jutaan, atau bahkan lebih user yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Peramban yang tersedia hampir untuk semua platform ini digadang-gadangkan memiliki bermacam kelebihan, termasuk di antaranya kestabilan.

Lantas, apakah kalian sudah mencoba semua fitur yang ditanamkan pada peramban tersebut? Lalui artikel kali ini, kami akan mencoba membahas lebih dalam terkait browser yang kerap jadi andalan banyak orang satu ini.

Apa Itu Mozilla Firefox?

Ikon dari Mozilla

Sebagaimana yang telah kami tuliskan di atas, Mozilla Firefox adalah sebuah browser yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation yang tersedia untuk hampir semua sistem operasi. Termasuk di antaranya sistem operasi terkenal semacam Windows, macOS, dan tentunya Linux.

Firefox adalah browser gratis dan open-source yang menawarkan bermacam fitur untuk para pemakainya. Salah satu kelebihan browser ini ialah tampilan yang simpel, namun dibekali fitur yang memproteksi privasi pemakainya.

Sejarah Mozilla Firefox

Membahas sejarah sebuah browser yang sampai saat ini cukup tenar tentunya akan cukup menarik untuk dilakukan. Firefox dikembangkan oleh Mozilla Foundation pada tahun 2004, ternyata memiliki kisahnya sendiri.

Bisa dikatakan Firefox adalah penerus dari Mozilla Suite yang dikembangkan oleh Netscape Communications pada tahun 1998, yang ternyata memiliki peruntukannya tersendiri. Mulai dari browser, email, sampai editor HTML pun difasilitasi oleh Mozilla Suite.

Mozilla Phoenix 0.1

Sampai akhirnya pada tahun 2002, Mozilla kembali memfokuskan dirinya untuk merancang aplikasi browser yang akhirnay dinamakan Mozilla Phoenix. Perjuangan Mozilla tidak berhenti sampai di situ saja, karena Phoenix dikabarkan alami perubahan nama dan pengembangan, sampai akhirnya kita mengenalnya dengan Firefox pada 9 Februari 2004.

Sistem operasi berbasis Windows merupakan prioritas dari Mozilla Foundation kala itu, namun tak lama kemudian, Firefox akhirnya tersedia untuk sistem operasi lain semacam macOS dan Linux.

Bentuk ikon yang berubah seiring perkembangan zaman

Semua upaya yang dilakukan oleh Mozilla Foundation akhirnya membuahkan hasil, karena browser yang mereka buat telah menerapkan standar terbaik untuk mengolah website, dan memastikan semua konten yang tampil benar-benar akurat dan konsisten.

Untuk meneruskan semangat Mozilla Foundation, Firefox dibuat dengan model pengembangan terbuka alias open-source berdasarkan feedback atau umpan balik dari komunitas. Artinya, siapa saja dapat memberikan kontribusi untuk menjadikan browser ini menjadi lebih baik dengan fokus pada add-on untuk memudahkan user lainnya berselancar di dunia maya.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Bahkan sampai Mozilla Firefox terbaru detik ini pun, Mozilla Foundation masih rajin memperbarui dan meningkatkan kinerja dari browser yang merupakan buah kesuksesan mereka. Jadi, tidaklah heran bila masih ada saja yang memakai browser Mozilla, karena peramban tersebut dikenal memang bisa diandalkan.

Ikon Firefox Bukan Rubah, Melainkan Panda!

Red Panda yang jadi ikon Firefox

Menambahkan sedikit informasi, ikon Firefox ternyata bukanlah seekor rubah sebagaimana penamaannya, melainkan Red Panda. Panda merah adalah hewan eksotis asal Asia yang memiliki bulu lebat dengan kombinasi warna yang cerah nan menarik.

Alasan Mozilla Foundation memilih Red Panda untuk browser mereka tampaknya didasari oleh keunikan, keindahan, dan keterampilan hewan tersebut dalam menjelajahi lingkungan di sekitarnya. Artinya, hal ini sesuai dengan kualitas yang diinginkan oleh user yang gunakan Firefox untuk browser andalan mereka.

Mozilla Foundation bahkan tegaskan ikon Firefox adalah Red Panda, bukan seekor rubah.

Fungsi Mozilla Firefox, Ada Banyak!

Selaku peramban atau browser, sudah barang tentu Firefox pun harus memiliki bermacam kelebihan, atau fungsi yang tak ada di browser lainnya. Hemat kami, inilah fungsi dari Firefox yang harus kalian ketahui.

Cara Download Mozilla Firefox

Setelah kalian ketahui sejarah dan kelebihan dari browser ini, mungkin kalian akan tertarik untuk mencobanya. Cara download Mozilla Firefox pun cukup mudah untuk dilakukan bahkan oleh awam sekalipun.

Untuk mengunduh atau download browser ini, caranya cukup mudah:

Harus dicatat bahwa proses download akan bergantung pada kecepatan koneksi yang kamu miliki. Pastikan saja koneksi tetap stabil, supaya proses tidak mengalami masalah saat akan dipasang pada komputer yang kita gunakan.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version