Mengenal Lebih Dekat Para Pendiri miHoYo, Ada Sosok Selain Da Wei

pendiri Mihoyo

Pendiri miHoYo – Beberapa tahun terakhir, kepopuleran game mobile bisa dikatakan tengah berada di masa puncaknya. Berkat teknologi smartphone yang kini semakin canggih dan mampu memainkan game grafis menakjubkan. 

Alasan ini pula yang menyebabkan banyak perusahaan game baru yang berani melakukan ekspansi game yang butuh tenaga komputasi tidak main-main. Jika tahun 2010an, game mobile ACG identik dengan negeri Sakura, maka di tahun-tahun sekarang, pasar tersebut sudah dikuasai oleh Tiongkok alias Cina.

Dari sekian banyak studio game mobile yang sukses, ada satu nama yang mengalami perkembangan amat pesat beberapa tahun terakhir. Kita tentu saja sedang membahas miHoYo, perusahaan game asal Shanghai yang terkenal dengan game fenomenal seperti Genshin Impact, Honkai Series, dan Tears of Themis.

Kalau artikel yang membahas game besutan miHoYo tentu sudah sangat banyak diluar sana dan bisa kita temui dimana saja. Tapi, bagaimana dengan orang-orang yang jadi pelopor berdirinya perusahaan game kecintaan khalayak ramai ini? 

Mengenal Pendiri miHoYo, Otaku yang Bercita-cita Menyelamatkan Dunia

Kantor miHoYo

miHoYo didirikan oleh 3 serangkai yang merupakan sesama teman baik sejak bangku kuliah. Ialah Cai Haoyu, Luo Yuhao, dan Liu Wei yang kuliah di Universitas Shanghai Jiao Tong menempuh Computer Science. Ketiganya punya hobi yang sama, yaitu kecintaan pada  ACG (Anime, Comic, Games) dan sejatinya adalah otaku, sebutan untuk orang yang terobsesi dengan karakter anime.

Bahkan nama perusahaan game ini sendiri berasal dari inisial nama mereka yaitu H dari HaoYu, Y dari YuHao. Sedangkan mi sendiri diambil dari Hatsune Miku, karakter Vocaloid populer yang digandrungi banyak otaku di dunia.

Cai Haoyu, Si Otaku Evangelion

Cai Haoyu (kanan bawah)

Cai Haoyu adalah seorang otaku Neon Genesis Evangelion garis keras. Dia bahkan memakai baju Evangelion ketika di kantor di setiap musim panas. Kecintaannya terlihat di berbagai aspek kecil dalam game buatannya dan berujung kelak tertuang di Honkai Impact 3rd dimana game tersebut melakukan kolaborasi dengan Evangelion.

Awal proyek game mereka membangun engine game yang diberi nama Misato2D atau Misato Engine di Adobe Flash Player. Nama tersebut seperti yang bisa ditebak berasal dari karakter Evangelion Katsuragi Misato.

Ketika mereka secara resmi membangun nama perusahan miHoYo, dia menjabat sebagai CEO dan menjadi representasi hukum untuk perusahaan game baru tersebut. Posisi tersebut pun diberikan kepada kolega dan kerabat dekatnya Liu Wei pada September 2023 lalu. 

Selain punya posisi penting dalam perusahaan yang ia dirikan, Cai Haoyu juga berperan dalam memimpin game yang mereka rilis. Dia menjabat sebagai produser untuk Honkai Impact 3rd dari 2014 hingga 2017. 

Perannya di Genshin Impact juga sama yaitu sebagai produser hingga sekarang. Hanya saja posisi itu juga sudah dia berikan kepada koleganya Liu Wei. Kini Cai Haoyu bertugas untuk melakukan riset pengembangan proyek baru.

Luo Yuhao, Pria Dibalik Layar

Luo Yuhao

Founder kedua yang mungkin lebih jarang terdengar adalah Luo Yuhao. Diantara ketiga founder ini, dia kebanyakan berurusan dengan hal dibalik layar. Luo Yuhao awalnya banyak mengurus bagian “korporasi” seperti pengembangan bisnis, komersialisasi, SDM, hingga relasi publik.

Sekarang posisinya di miHoYo adalah DGM atau Deputy General Manager dan sudah berlangsung sejak setidaknya 2017. Tidak banyak informasi yang tersedia soal pria ini selain dia merupakan kerabat dekat kedua founder miHoYo lainnya.

Liu Wei atau Da Wei, Abang Kita Semua

Bro Wei, sosok familiar yang biasa kita kenal di livestream (kiri)

Terakhir tentu ada Welt Liu Wei, atau mungkin komunitas game miHoYo mengenalnya sebagai Da Wei. Fans mungkin lebih mengenal pria ini karena dialah yang selalu muncul dari livestream perkenalan versi baru di tiap game mereka. Sekarang beliau menjabat sebagai Chairman dan President dari Shanghai miHoYo Network Technology Co., Ltd. 

Da Wei sempat dalam suatu kesempatan mengatakan kalau dirinya ketika masih kuliah adalah pria yang penyendiri dan menghindar dari klub apapun. Hingga suatu saat dia menemukan bakatnya dalam menjadi eksekutif ketika ditunjuk sebagai ketua OSIS.

Awal masa pengembangan Houkai Gakuen 2 (GunGirl Z), karena keterbatasan dana dan jumlah pegawai, Da Wei juga harus merangkap sebagai customer service. Ketika itu mereka juga kesusahan dalam mengembangkan game karena tidak mengerti kehendak pasar dan hanya mengerjakan game sesuai hobi mereka.

Karena kedekatannya dengan player sebagai customer service inilah, dia diberikan nama panggilan Da Wei Ge (big bro Wei). Usaha itu dia anggap sebagai salah satu cara promosi dan juga karena mereka belum punya kekuatan finansial yang cukup untuk membuka lowongan CS.

Parodi di manhua Honkai Impact 3rd

Kepopulerannya ini bahkan menjadikan dia sebagai karakter parodi di game Honkai Impact 3rd dan Genshin Impact. Dimana dia diperlihatkan memiliki wujud botak, mengenakan jas hitam dan muka yang bertulisan Wei di game HI3. Banyak juga komunitas yang menduga kalau Welt adalah self-insert dari sang CEO ini.

Sedangkan di Genshin Impact, Da Wei diparodikan sebagai karakter Hilichurl aneh bernama Unusual Hilichurl, dengan topeng bertulisan Wei, dan membawa koper berisi kubis.

Jadi itulah ketiga profil pendiri miHoYo, perusahaan game yang belakangan ini tengah naik daun. Meski banyak simpang siur yang kurang mengenakkan dari komunitas sejak dulu. Apalagi kalau soal review bomb yang dilakukan para player.

Perlu diingat kalau segala keputusan perusahaan tentu atas persetujuan dan runding bersama, jadi tidak ada itu satu orang yang sepenuhnya bersalah ya brott. Apalagi berita terbarunya dimana Cai Haoyu dianggap sebagai biang kerok dari sedikitnya hadiah New Year di Genshin Impact, bahkan komunitas pun membandingkannya dengan Honkai Star Rail yang berikan karakter 5* limited secara cuma-cuma.

Padahal dia sendiri sudah tidak menjabat sebagai produser Genshin Impact sejak September 2023 lalu. Bagaimana menurut kalian? Game miHoYo apa yang pertama kalian kalian kenal?


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version