Mengenal Sosok ‘The Tragic Clown’ di The Sims dan Misteri di Baliknya

The Sims Tragic Clown

The Sims telah dikenal sebagai game simulasi terbaik selama beberapa dekade. Dibuat oleh Will Wright sang pemilik Maxis kemudian diterbitkan oleh Electronic Arts pada tahun 2000. Bahkan, mereka yang tidak memainkan game ini pasti pernah mendengar walau hanya namanya saja, salah satunya adalah sosok The Tragic Clown.

Meski hanya merupakan game simulasi, ternyata The Sims menyimpan banyak teori dan misteri. Salah satunya adalah Tragic Clown.

Bagaimana kisahnya? Simak sampai habis, ya!

Lukisan The Tragic Clown

Mengenal Sosok 'The Tragic Clown' di The Sims dan Misteri di Baliknya 6

Tragic Clown yang bernama asli “Sunny” ini merupakan seorang karakter ‘aneh‘ dan ‘misterius‘ yang muncul pertama kali pada game The Sims : Livin’ Large. Karakternya bersifat non-playable sama seperti Grim Reaper, Genie, dan Santa Claus.

Siapapun yang memiliki lukisan “The Tragic Clown”, maka badut ini secara otomatis terpanggil untuk mengunjungi lot pemain. Tujuan kedatangan Sunny untuk menghibur sim yang sedang sedih. Namun, segala trik hiburan yang dilakukan The Tragic Clown berujung pada kegagalan. Maka, alih – alih menghibur, kehadirannya justru membuat sim menjadi depresi.

Biasanya pemain akan dapat dengan mudah mengusir sim lain dari rumahnya. Namun, hal itu tidak berlaku untuk The Tragic Clown. Ia adalah karakter yang sulit untuk dimusnahkan dari hadapan kita. Maka, diperlukan alternatif lain untuk menghilangkan ia dari lot, di antaranya :

Apa Yang Terjadi Dengan Sunny?

Mengenal Sosok 'The Tragic Clown' di The Sims dan Misteri di Baliknya 7

Biasanya, orang yang memiliki nama ‘Sunny’ memiliki kepribadian yang ceria dan mampu menjadi penyemangat sekitarnya. Sekali lagi, hal itu tidak berlaku pada Sunny yang tengah kita bicarakan. Sunny sering terlihat murung dan sering menangis hingga terbatuk – batuk.

Ini mengundang pertanyaan dari beberapa pemain. Sebenarnya, apa yang terjadi dengan Sunny? Maka kita kembali ke misteri ini dimulai dari The Sims 3. Dilansir dari Sims Fandom, The Sims 3 adalah timeline di mana segala hal yang terjadi di The Sims series bermula.

Ketika pemain berjalan di Pleasant Rest Graveyard di kota Sunset Valley, mereka akan menemukan sebuah batu nisan yang bertuliskan nama Sunny beserta penyebab meninggalnya. Benar sekali, brott! Badut kesayangan kita ini ternyata telah meninggal di timeline The Sims 3.

Mengenal Sosok 'The Tragic Clown' di The Sims dan Misteri di Baliknya 8

Penyebab meninggalnya Sunny adalah drowning atau tenggelam. Dibuktikan oleh warna arwahnya serta tulisan di batu nisannya. Hal ini tentu saja tidak wajar karena Sunny memiliki trait Hydrophobic di mana ia phobia pada air. Artinya, sim ini menolak untuk berinteraksi dengan air, contohnya berenang.

Lantas, bagaimana bisa Sunny meninggal akibat tenggelam namun dia sendiri menolak untuk mendekati air? Pertanyaan ini masih belum terjawab sehingga para penggemar membuat asumsi mereka sendiri.

Mereka mengatakan bahwa Sunny tidak tenggelam di air, melainkan oleh air matanya sendiri. Hal ini diperkuat dengan fakta bahwa The Tragic Clown sering menangis dan terlihat sedih. Pemain hampir tidak pernah melihat Sunny tertawa walau hanya sebentar saja. Namun, ada pula yang mengatakan bahwa Sunny dibuat “tenang” di dalam air oleh oknum lain.

Di Balik Air Mata Sunny The Tragic Clown

Mengenal Sosok 'The Tragic Clown' di The Sims dan Misteri di Baliknya 9

Merujuk dari teori Chrillsims3, ia mengatakan bahwa Sunny The Tragic Clown bukanlah seorang “Clown” melainkan seorang “Pierrot“. Pierrot adalah karakter pantonim berasal dari Italia dan bagian dari sebuah grup teater Commedia Dell’arte di abad 17-an. Ia tampil dengan pakaian putih serta kancing besar, juga makeup tebal yang sama seperti Sunny.

Sosok Pierrot menceritakan tentang seorang pria yang telah menikah dengan wanita bernama Columbine, namun istrinya memiliki kekasih lain bernama Harlequin. Pengkhianatan Columbine tentu menghancurkan hati Pierrot sehingga pria itu dijuluki “The Saddest Clown”.

Maka, asal muasal karakter Sunny “The Tragic Clown” adalah dari Pierrot “The Saddest Clown”. Ia pernah menjalani sebuah hubungan namun tidak berakhir dengan baik. Ini bisa jadi alasan mengapa Sunny selalu menangis.

Hal ini diperkuat dengan animasi pada game The Sims, di mana Sunny memainkan sebuah origami berbentuk burung merpati. Yang apabila kita telusuri, Columbine di dalam kisah cinta Pierrot dijuluki sebagai “The Little Dove” yang berarti “Merpati Kecil”.

Menurut Prima Official Strategy Guide yang disebutkan di Sims Fandom, dikatakan bahwa Sunny pernah memiliki hubungan kerja yang baik dengan sebuah restoran cepat saji bernama “Burger Clown” yang mana dirinya dijadikan sebagai maskot. Namun, kerjasama mereka dihentikan sepihak padahal Sunny sangat mencintai pekerjaannya. Hal ini pula yang membuatnya depresi.

The Tragic Clown di The Sims 4

Mengenal Sosok 'The Tragic Clown' di The Sims dan Misteri di Baliknya 10

Tambahannya, pemain dapat mendesain karakter menggunakan properti milik Tragic Clown di mode Create-A-Sim. Hal ini akan membuat sim pemain akan mendapatkan moodlet bernama “Tears of A Clown“. Sim lain yang berada di dekatnya juga akan mendapatkan moodlet bernama “Such Tragedy“. Uniknya, apabila terdapat dua Tragic Clown, mereka akan mendapatkan moodlet bernama “Misery Loves Company” yang mana akan menambah 1 point mood bar mereka.

The Sims 4 merupakan Alternate Universe dari seluruh timeline The Sims. Di perayaan yang ke 16, developer memutuskan untuk munculkan kembali The Tragic Clown di seri ini. Ia dapat muncul di mana saja, dan tentu saja ciri khasnya yang tidak bisa menghibur orang masih tetap melekat.

Itulah kisah The Tragic Clown dari The Sims. Apakah menarik, brott? Atau kamu punya penjelasan tersendiri mengenai badut ini?

The Sims dapat dimainkan di platform PC, PlayStation, dan XBOX One.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game PC atau artikel lainnya dari Sofie Diana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version