Mengenang GetAmped, Game Online Dimana Pemain Bisa Menjadi Siapa Saja

in , ,
Getamped

Apa kamu bilang? 2021? Anthem? Avengers? EA? Ubisoft? Kamu ini ngomongin apa sih? Kelas udah bubar dari tadi nih, ayo kita ke warnet!

Seandainya kita bisa kembali ke masa-masa itu.

Tahun 2000-an bisa dibilang masa keemasan bagi game warnet di Indonesia. Game seperti Ragnarok, Seal, PointBlank, dan Lost Saga tentu masih melekat di hati bagi anak yang lahir di tahun 90an. Bahkan bagi anak yang memiliki komputer sendiri, “game warnet” di atas sering kali menjadi bagian dari masa kecil yang bahagia.

Saya juga merupakan salah satu dari anak-anak itu. Saya mulai mendapatkan akses internet saat kelas 5 SD, dan di saat itu juga saya membeli CD instalasi berisi enam game terbitan Lyto, dan mulai memasuki dunia game warnet, atau saat itu hanya disebut sebagai “game online”. Namun, di antara enam game itu, GetAmped menjadi satu game yang dekat di hati saya sampai sekarang.

Geta

GetAmped adalah game fighting yang pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2006. Di dalam GetAmped, pemain memilih satu dari banyak ‘jagoan’ yang masing-masing memiliki stats dan moveset dasar tersendiri. Setiap karakter juga bisa menggunakan satu aksesoris, dan aksesoris ini lah yang sering kali menjadi pengaruh terbesar pada karakter yang kita gunakan. Aksesoris biasanya mengubah sebagian besar dari moveset jagoan, dan juga menambahkan atau mengurangi stat.

Setiap sesi permainan GetAmped terdiri dari tiga ronde, dengan pilihan stage yang boleh berbeda-beda per ronde. Satu room memiliki maksimal 8 pemain, dan bisa dimainkan dengan aturan Amped (semua pemain melawan satu sama lain) atau Team (satu tim melawan satu tim lain). GetAmped juga menyediakan beberapa mode PvE dimana pemain dapat melawan AI secara solo atau co-op dengan pemain lain.

Seluruh fitur di atas sudah menjadikan GetAmped game yang seru dan kompetitif. Tapi, ada satu fitur unik yang membedakan GetAmped dari game online lainnya: skin. Ya, benar, skin.

Tapi, bukannya game lain sampai sekarang juga bisa pake skin? Game free to play kayak League of Legends aja banyak skin.

Benar sekali. Tapi, skin di GetAmped bukan hanya skin biasa. Skin di GetAmped adalah custom skin.

Semua game juga bisa custom skin, tinggal pake mod kan? Mau jadi Naruto di GTA V juga bisa!

Itu juga benar. Tapi kalau kalian pakai mod untuk mengubah tampilan karakter kalian di game online, pasti karakter kalian cuma berubah di tampilan layar kalian. Meskipun kalian menggunakan mod untuk mengubah Yasuo menjadi Ichigo dari Bleach, 9 pemain lainnya akan tetap melihat Yasuo, kecuali mereka memiliki mod yang sama.

Getamped2
Source

GetAmped memiliki fitur built-in 3D editor dimana pemain dapat memodifikasi poligon dari model karakter default mereka, serta mewarnai tekstur model secara langsung. Fitur-fitur dalam 3D editor ini tergolong terbatas; pemain tidak bisa menambahkan poligon baru, dan alat-alat untuk mewarnai tekstur cukup basic. Tentu saja, pemain yang mahir bisa menggunakan aplikasi digital art lain untuk mewarnai tekstur model.

Setelah model dan tekstur skin selesai dibuat, pemain bisa membayar sedikit premium currency untuk memasukkan skin tersebut ke dalam akun GetAmped mereka. Dengan begitu, pemain bisa menggunakan tampilan apapun yang mereka inginkan bagi karakter mereka. Selama cukup terampil untuk membuat skin, atau bisa menemukan skin gratis buatan orang lain yang memiliki bentuk yang diinginkan.

Ingin terlihat seperti Sephiroth dari FF VII? Gundam? Kamen Rider? Atau original character kalian sendiri? Jadi. Kalau ada aksesoris yang pas dengan kekuatan dari karakter yang dijadikan skin, lebih bagus lagi. Dan yang terpenting, orang lain juga akan melihat pemain sebagai karakter yang ditampilkan skin pemain. Sistem skin ini memberikan tingkat kustomisasi yang tinggi. Kustomisasi yang jarang ditemukan bahkan di tahun 2021, dan pada masanya, sistem kosmetik GetAmped merupakan sistem yang sangat revolusioner.

Sayangnya, GetAmped sudah lama tutup di semua server, dan saya belum berhasil menemukan cara untuk memainkan game ini lagi di tahun 2021.

Penutup

Budaya dan lingkungan dalam dunia gaming sudah banyak berubah. Game-game warnet yang dulunya terkenal sekarang sudah berubah. Ada yang tutup total, ada yang diadaptasi menjadi game mobile, bahkan ada yang masih berdiri sampai detik ini. Sayangnya, GetAmped termasuk game yang kurang beruntung.

Meskipun GetAmped sudah tidak bisa dimainkan, kenangan yang didapatkan dari game tersebut tidak akan hilang. Dengan tingkat kustomisasi yang tidak tertandingi pada masanya, GetAmped akan selalu diingat sebagai game dimana pemain bisa menjadi siapa saja.


Untuk membaca panduan, ulasan, dan konten-konten menarik lainnya, silakan baca artikel-artikel lain dari saya, Jothias Edbert. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Jothias Edbert

Written by Jothias Edbert

Content Writer @ Gamebrott.com. Sangat hobi bermain game TCG, game gacha, atau game-game klasik era PS1 dan PS2.