Mengenang Kembali HP Ikonik Dari Masa Ke Masa

in ,

Perkembangan Smartphone yang sangat kita kenal saat ini tentu saja tak terlepas dari berubahnya sebuah era, terobosan demi terobosan yang menunjang kehidupan sehari-hari menjadi sebuah patokan Teknologi semakin dikembangkan dan diandalkan.

Dalam Era yang sudah terlewati tentu saja melahirkan Ikon tersendiri, seolah sebagai Pelopor, banyak produk Handphone yang menurut kami sangat berpengaruh terhadap adanya Smartphone masa kini, fitur yang dikumpulkan dari para HP Ikonik pada tiap masa seakan diramu menjadi satu kesatuan sempurna, yaitu Smartphone, ya biarpun Manusia tak pernah puas, selalu ada perubahan yang dituntut, biarpun Smartphone bisa dibilang sudah Sempurna dari segi penggunaan masa kini.

Semua berawal berkat Martin Cooper, seorang karyawan di pabrik Motorola pada tanggal 03 April 1973. Sejak saat itu Cooper mencetuskan ide untuk sebuah alat komunikasi yang kecil dan mudah dibawa bepergian secara fleksibel, akhirnya dirilis lah sebuah Teknologi terkait, yang mampu mendukung komunikasi tanpa harus mengandalkan tempat, atau bisa dimana saja, yang saat ini kita kenal sebagai HP.

Demi pembahasan yang lebih menjurus, mari kita bahas sama-sama HP Ikonik yang kami maksud pada pembahasan dibawah, Inilah List nya:


DynaTAC 8000X

Ini adalah Handphone pertama yang dijual di dunia dan diperkenalkan oleh Motorola pada tahun 1983, Harganya tentu sangat fantastis pada masa itu, yaitu berkisar Rp 39 Juta.

Dengan kemampuan berkomunikasi secara Mobile tentu saja pada masa itu HP ini sudah menjadi starter pack wajib orang-orang kaya pada masanya.


Nokia Communicator 9000

HP berbentuk mirip laptop ini diumumkan pada CeBIT 1996 dan diperkenalkan ke pasar pada Agustus 1996.

Beratnya bisa dibilang agak abot dengan 397 gram dan sangat kuat tahan banting pada saat itu.

Nokia 9000 Communicator didukung Intel 24 MHz i386 CPU dan memiliki 8 MB memori yang dibagi untuk aplikasi 4 MB, memori program 2 MB dan data pengguna 2 MB.

Yang membuat HP ini dikenang tentu saja karena mendukung aktifitas Mobile pada masanya, karena HP ini adalah HP pertama yang dapat konek ke Internet, sangat revolusioner pokoknya.


Motorola StarTAC

Kali ini kita bahas tentang HP Lipat pertama, yang ternyata lagi-lagi datang dari Motorola yaitu StarTAC. Motorola StarTAC, pertama kali dirilis pada 3 Januari 1996, adalah ponsel clamshell pertama. StarTAC adalah penerus MicroTAC, setelah itu kita barulah diperkenalkan dengan Motorola Razr yang baru-baru ini di Remake kembali dengan Sistem Operasi Android.

Hp ini dirilis pertama pada tahun 1996, StarTAC dijual dengan harga 1.000 dollar AS atau sekitar Rp 13 juta waktu dulu awal rilis.


Kyocera VP-210 Visual Phone

Bukan Samsung atau Sony, ternyata Kyocera adalah HP dengan fitur Kamera yang hadir didunia untuk pertama kali, bahkan dulu HP ini sudah punya fitur kamera depan, yah bisa dibilang ini adalah HP nenek moyang untuk Selfie.

Ponsel berkamera pertama ini dirilis di Jepang pada 1999. Laporan yang sama menyebut, Kyocera V-210 hadir dengan layar TFT sebesar 2 inci. Perangkat ini memiliki kamera 110.000 piksel alias 0,11MP.

Kyocera V-210 cukup mahal, yakni 20 tahunan lalu berharga USD 335 atau setara Rp 4,8 jutaan.


Sony Ericsson T36

Sony menjajal dulu sistem transfer lewat Bluetooth, sebagai pelopor Bluetooth lewat T36 pada tahun 2001, namun sayangnya tidak semua HP memiliki sistem tersebut pada masa itu, sampai akhirnya pada tahun 2005 mendadak pasar memilih Bluetooth sebagai sarana Transfer data utama menggantikan Infrared yang padahal baru rilis tahun 2002, umur Bluetooth juga bisa dibilang tenar hingga tahun 2010 sebagai sarana transfer data utama, tidak seperti Infrared yang hanya bertahan hingga 3 tahun pada 2005.


Palm Treo 180

Untuk yang satu ini kita membahas HP dengan fitur Infrared (IR Blaster) pertama di Dunia. Treo memperkenalkan pertama kali pada tahun 2002 dengan Palm Treo 180 dan 270, dimana setelah itu barulah diikuti oleh Sony Ericsson, Nokia dan Samsung pada tahun 2004.

Uniknya lagi selain menjadi Pelopor HP dengan Infrared, Treo juga memiliki CPU yang dinamai Dragonball, unik aja sih namanya hehehe. Dulu HP ini berharga sekitar 3,99 USD atau setara RP 4,4 jutaan.


HTC Dream

Dream adalah Android yang diperkenalkan di muka Bumi pertama kali, dengan mengusung Android 1.0 dengan berbasis Linux pada tahun 2008. Setelah Google resmi mengakuisisi Android pada tahun 2005, mereka tidak langsung memperkenalkan Android sebagai wujud produk utamanya, melainkan Sooner yang sempat diperkenalkan duluan, sampai akhirnya menghilang setelah iPhone dirilis oleh Steve Jobs, Amerika lebih percaya Apple pada saat itu.

Namun pelan tapi pasti, Android yang sebenarnya adalah Sistem terbuka yang merangkul seluruh pihak ketiga demi sama-sama mengembangkan Android, sampai akhirnya HTC memprospek Google untuk berkerja sama untuk kali pertama pada tahun 2008 untuk merilis kolaborasi pertama pada 23 September 2008.


IBM Simon

Jauh Pada tanggal 16 Agustus 1994 saat era Nirvana meraja lela di dunia musik, ternyata IBM juga mengawali sebuah era, dimana IBM secara resmi meluncurkan IBM Simon Personal Communicator. IBM Simon merupakan ponsel pintar dengan sistem operasi Datalight ROM-DOS yang sudah mengusung teknologi layar sentuh pertama di Dunia.

Sebelum Apple dan semua Pabrikan Android meraja lela seperti sekarang ternyata sejak saya pribadi berumur 1 Tahun sudah ada teknologi seperti ini, Visioner.


iPhone 2G

Steve Jobs dengan Optimis dan Gamblang berkata bahwa iPhone adalah gebrakan yang Revolusioner dan akan menjadi salah satu Tren yang dikenal luas, pada tahun 2007 Jobs memperkenalkan iPhone yang dimana awalnya adalah iPod yang diperbarui lewat segala bentuk konektivitas dan kemampuan untuk komunikasi sebagai alat utama sehari-hari.

Di masa awal, iPhone 2G hanya dijual dengan sistem kontrak atau kerjasama dengan AT&T. Hingga akhirnya setahun berlalu, Apple mulai membuat kerjasama dengan beragam operator lainnya dan sekarang iPhone bisa dijual secara bebas tanpa kontrak operator.

Setidaknya hingga kini, iPhone sangat dikenal luas dan masih berlanjut serinya, bukti bahwa omongan Steve Jobs tahun 2007 lalu bukanlah asal-asalan belaka.


Esia Hidayah

Esia adalah salah satu Provider dari Indonesia, dimana Handphone ini memiliki kenangan tersendiri dengan spesialisasinya mengingatkan para penggunanya untuk menjalankan perintah Agama yaitu Sholat 5 Waktu.

Dalam perjalanan saya menempuh pendidikan 9 Tahunvwajib belajar, saya kira Produk ini amatlah paling Nyentrik, banyak kenangan yang ada, termasuk pengalaman saya yang sedang membuka Situs dewasa di Laptop saat rumah sepi, ternyata saat itu sudah masuk jam Dzuhur, sontak Adzan berkumandang pada HP tersebut yang kemudian membuat saya mengurungkan niat membuka situs Legendaris bergambar Lalat yang sedang gendong-gendongan, sungguh penuh unsur Nostalgia.


Sekian dan Sampai jumpa di tulisan-tulisan saya yang lain.