Mengintip Kehidupan The Pancakes Family di The Sims 4

Pancakes Family The Sims

The Sims merupakan game simulasi yang dikembangkan oleh Maxis dan dirilis oleh Electronic Arts sejak tahun 2000. Saat ini telah memiliki 4 main series yang mana The Sims 4 adalah main series paling baru yang dirilis di tahun 2014. Dengan banyaknya series serta spin-off yang diluncurkan tentunya developer The Sims juga memiliki banyak pre-made household, salah satunya Pancakes Family.

Tidak seperti Goth Family yang muncul sejak The Sims rilis. Pancakes Family diperkenalkan untuk pertama kalinya di The Sims 4 : Stay Weirder. Yang mana story official trailer-nya dapat kamu tonton di artikel ini, brott.

Household yang satu ini menjadi yang paling terkenal di kalangan simmer. Bukan karena mereka bekerja sebagai juragan pancakes, ya. Namun, seluruh komunitas The Sims mempertanyakan mengapa Bob Pancakes selalu terlihat sedih dan muram di kesehariannya. Dan pertanyaan yang paling besar, siapa sih sebenarnya Pancakes Family ini?

Mengenal Keluarga Pancakes

Mengintip Kehidupan The Pancakes Family di The Sims 4 10

Pancakes Family adalah household The Sims 4 yang bisa kamu temukan dan mainkan di world Willow Creek, lot Pique Hearth dengan tabungan sebanyak 20.000 simoleons. Rumah mereka adalah rumah yang paling besar dan mewah di neighborhood Courty Yard Lane.

Mereka tidak bersaudara, melainkan pasangan suami – istri. Hal yang biasa untuk sebuah household pre-made, awalnya. Namun, tidak sampai brott sekalian membaca deskripsi mengenai keluarga tersebut.

Kasihan sekali Bob dan Eliza. Pernahkah mereka merasakan kebahagiaan? Tampaknya mereka tidak bisa membahagiakan satu sama lain. Lantas, apa yang membuat mereka tetap bersama? Atau, akankah akhirnya mereka memilih untuk berpisah?”

Dari deskripsi tersebut, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Pancakes Family bukanlah sebuah keluarga yang harmonis. Pernikahan mereka gagal dengan Eliza yang tidak pernah tampak bahagia dan Bob yang selalu murung di kesehariannya.

Lalu, apa yang sebenarnya menjadi penyebab kegagalan rumah tangga mereka?

Bob Pancakes, Si Yang Paling Tidak Menarik

Mengintip Kehidupan The Pancakes Family di The Sims 4 11

Bob merupakan sim pre-made dengan usia young adult. Ia memiliki “Master Chef” sebagai lifetime goals atau aspiration hidupnya. Untuk skill-nya sendiri, Bob memiliki 3 point di memasak dan mixology, serta 1 point di video gaming. Saat ini, ia telah bekerja di bidang kuliner dengan level karir sebanyak 3 point.

Dia tidak pernah minum kopi lebih dari dua gelas per harinya. Dia akan terjaga hingga larut saat malam tahun baru. Saat harinya terasa berat, Bob memutuskan untuk menonton TV seharian. Jika dia mengalami kegagalan, dia tidak akan mau mencoba lagi. Biasanya, dia tidak pernah sarapan. Namun, jika ia ingin sarapan, memakan pancake adalah hal pasti.

Bob Pancakes berperan sebagai karakter utama di trailer The Sims 4 : Stay Weirder dan dicap sebagai “Si yang paling tidak menarik” di dunia. Hal ini didukung dengan traitsnya : Slob, gloomy, loner, namun memiliki essence of flavors.

Hanya dengan menonton trailer-nya, kita dibuat penasaran dan iba akan sosok Bob Pancakes. Bahkan hingga saat ini masih dipertanyakan mengapa ia terlihat sedih dan tidak memiliki gairah untuk melakukan apapun. Mungkinkah Bob mengalami depresi?

Eliza Pancakes, si Emak – Emak Rese’

Mengintip Kehidupan The Pancakes Family di The Sims 4 12

Sama halnya dengan Bob, Eliza Pancake juga merupakan karakter pre-made dengan usia yang young adult. Ia tidak memiliki pekerjaan seperti Bob, dan hanya memiliki 3 point Fitness skill.

Aspiration-nya adalah “Mansion Baron” yang artinya sim tersebut ingin memiliki kediaman dengan value 350.000 simoleons. Tentunya bukan harga yang murah untuk non-pengguna cheat motherlode.

Eliza memiliki traits yang mendukung aspirasi hidupnya di antara lain : Materialistic, Neat, Perfectionist dan Business Savvy. Hmm… Sangat berbeda dengan Bob, gak sih?

Eliza Pancake adalah tipe ’emak-emak’ yang sering ditemui oleh orang Indonesia. Dia menuntut kesempurnaan di orang lain. Hm, kalau sudah begini, mungkin dapat dikatakan bahwa Eliza bukan sekadar perfeksionis, melainkan pedantis.

Penyebab Ke-tidak harmonis-an Pasutri Pancake

Mengintip Kehidupan The Pancakes Family di The Sims 4 13

Hanya dengan membaca overview mengenai masing – masing tokoh utama kita, pastinya brott – brott sekalian sudah dapat menarik kesimpulan ‘kan?

Sifat mereka yang bertolak belakang adalah jawaban dari semua pertanyaan kita. Bob yang pemalas dan tidak memiliki gairah apapun, tidak ‘berjodoh‘ dengan sifat pedantis milik Eliza. Bob juga tidak pembersih seperti Eliza, dan dia lebih suka menghabiskan waktu dengan menonton TV seharian.

Ditambah dengan Bob yang tidak mau bangkit ketika telah mengalami kegagalan. Inilah yang membuat Eliza semakin meronta jiwa pedantisnya.

Ketika sudah tahu tidak berjodoh, lantas, mengapa mereka menikah? Baik Maxis ataupun EA bahkan SimGuru tidak memberikan penjelasan mengenai hal ini, brott. Pancakes family dihadirkan begitu saja di The Sims 4 dengan storyline pernikahan yang tidak bahagia.

Rumor Tentang Pancakes Family

Bukan The Sims apabila pemainnya tidak membagikan hal – hal menarik yang mereka temukan selama memainkan franchise. Di bawah ini adalah kumpulan hal menarik yang penulis dapatkan di Reddit, Forum, dan Wiki mengenai Keluarga Pancakes.

Pancakes Family Adalah Newbie Family

Mengintip Kehidupan The Pancakes Family di The Sims 4 14

Newbie Family muncul pertama kali di The Sims 1 hingga The Sims 3. Newbie juga pasangan suami – istri seperti Pancakes.

Bob Newbie memiliki trait yang serupa dengan Bob Pancakes. Sementara itu, istrinya bernama Betty Newbie. Penggemar percaya bahwa Eliza dan Betty adalah orang yang sama karena nama mereka merupakan ‘pelesetan’ dari Elizabeth. Selain itu, sifat pedantis dari Eliza juga sama dengan Betty Newbie.

Sayangnya, hal ini tidak dapat dinyatakan valid. Ketika perayaan yang ke-19, The Sims 4 meluncurkan expansion pack “Cat & Dog”. Di dalam ekspansi itu, dihadirkan keluarga Newbie yang selama ini diasumsikan sebagai pasutri Pancakes.

Eliza Adalah Stalker?!

Mengintip Kehidupan The Pancakes Family di The Sims 4 15

Jika kamu tinggal di Willow Creek dan bertemu dengan Eliza, maka berhati – hatilah. Banyak penggemar mengatakan bahwa Eliza adalah seorang stalker. Dia bisa ditemukan di mana – mana dalam kondisi apa saja.

Eliza bisa ‘bertamu‘ begitu saja ke lot pemain. Wanita ini akan menunggu di depan pintu selama satu jam penuh sampai pemain membukakan pintu. Lebih parahnya lagi, Eliza sanggup menelpon sim pemain di pukul 03.00 dini hari hanya untuk bertemu.

Dan ada beberapa kesempatan di mana penggemar mengatakan bahwa Eliza selalu ada di dekatnya. Ketika ia tengah bermain ke bar, misalnya. Eliza pasti ada di sana. Hal ini dianggap ‘seram‘ oleh penggemar.

Namun ada pula yang menyangkal bahwa Eliza bisa saja seorang paparazzi seperti kebanyakan NPC lainnya.

Menurut opini penulis sendiri, Eliza tidak bisa dikatakan sebagai paparazzi. Karena karakter paparazzi ini diluncurkan bersama The Sims 4 : Get Famous tahun 2018. Sementara Eliza sendiri sudah eksis 4 tahun sebelumnya.

Hanya saja, tidak bisa pula dikatakan bahwa Eliza benar – benar seorang stalker. Bisa jadi keberadaan Eliza yang ada di mana – mana merupakan system dari game karena pemain memiliki tingkat pertemanan yang baik dengan Eliza.

Apakah Eliza Seorang Kriminal?

Mengintip Kehidupan The Pancakes Family di The Sims 4 16

Gambar di atas merupakan screenshot perayaan Anniversary ke-16 The Sims Series. Dia sana menunjukkan bahwa Eliza telah mencuri banyak barang, ditambah dengan bubble kriminal di atas kepalanya.

Selain itu, fotonya yang sedang jogging terpampang nyata di crime map sebuah kantor polisi. Hal ini memperkuat spekulasi para penggemar bahwa Eliza adalah seorang kriminal di samping tudingannya sebagai stalker.

Kalau yang ini, menurutmu gimana, brott?

Kesimpulannya?

Mengintip Kehidupan The Pancakes Family di The Sims 4 17

Dalam gameplay penulis sendiri, Eliza memang sering terlihat tidak senang apabila berada di dekat Bob. Wanita ini akan memarahi Bob dengan bahasa simlish-nya yang bisa kita artikan sendiri dengan bantuan bubble chat yang ada.

Ketidakpuasan Eliza ini lah yang menjadi penyebab mengapa karakter ini banyak tidak disukai oleh penggemar The Sims. Sehingga banyak simmer yang ingin menyelamatkan Bob dari Eliza.

Tapi, menurut penulis pribadi sifat Eliza yang ‘keras’ ini merupakan hal wajar. Coba kita sama – sama bayangkan mereka di kehidupan nyata. Pasti banyak sekali fenomena di mana istri merasa suaminya terlalu malas dan tidak pernah mau mencoba sesuatu yang baru.

Namun, tetap saja. Eliza yang terlalu banyak menuntut Bob demi mengabulkan aspirasinya yang ‘mahal’ bukanlah tindakan tepat. Bob sendiri telah melakukan tanggung jawabnya sebagai seorang suami dengan bekerja. Eliza harus banyak bersyukur, nih.

Gimana menurut kalian ‘ghibahan‘ kita kali ini, brott? Kamu Tim Bob atau Tim Eliza, nih?

The Sims 4 bisa kamu mainkan di platform PC, PlayStation 4, PlayStation 5, dan Xbox One.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait The Sims atau artikel lainnya dari Sofie Diana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version