Mengklaim Lebih Kuat dari Denuvo, Software Anti Bajakan Ini Jebol dalam Dua Hari

in ,
Debutnya berakhir buruk.

Beberapa hari yang lalu, kami memberitakan tentang kehadiran software anti tamper atau anti bajakan bernama Valeroa. Namun sepertinya perusahaan yang sebelumnya jamin bahwa game yang gunakan software tersebut hampir tak mungkin dibajak harus menjilat ludahnya kembali.

Hal ini disebabkan karena satu-satunya game yang ia proteksi, City Patrol: Police berhasil ditundukkan dalam waktu dua hari saja sejak software tersebut memulai debutnya. Crackernya, Steam006 mengaku bahwa ia hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menjebolnya seperti yang dilansir dari Torrentfreak.

Klik untuk perbesar

Developer Valeroa mengklaim bahwa tujuan software tersebut adalah melindungi gamenya saat dirilis selama beberapa hari. Hal memang terbukti benar, namun di sisi lain ia tak lebih kuat dari Denuvo yang berhasil proteksi gamenya cukup lama saat pertamakali dirilis.

Meskipun begitu, software anti bajakan ini disebut lebih user-friendly dibandingkan Denuvo, yang sebelumnya memakan source cukup besar di PC-mu yang mengakibatkan masalah performa dalam video game. Ia juga tak butuh koneksi internet, terus-menerus “membaca dan menulis” di hard drivemu dan tak membatasi berapakali ia harus diinstall.

Belum jelas apakah para developer akan berpindah pada software anti bajakan yang satu ini. Namun dengan debutnya yang tak lebih baik dari Denuvo, sepertinya tetap menggunakan software yang terbukti ampuh jauh lebih baik dibandingkan harus mencoba yang baru merupakan langkah yang tepat bagi mereka saat ini. Kecuali, developer Valeroa berhasil buktikan bahwa ia tawarkan hal yang lebih baik dari Denuvo.

Baca berita tentang DRM atau artikel keren lain dari penulis ini.

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Japanese related video games articles. I have no friends. Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below.