Mengupas 15 Hal Baru yang Akan Hadir dalam Persona 5 The Royal


Follow Us

Melalui konser Persona Super Live P-Sound Street 2019, Atlus meluncurkan sebuah trailer yang mengungkapkan lebih detail akan game Persona 5 The Royal. Kamu bisa cek trailer tersebut melalui artikel pada halaman ini.

Nulis artikel dibayar

Selain sang karakter baru berupa wanita misterius berambut merah yang menjadi salah satu plot penting game ini, terdapat begitu banyak konten baru atau mungkin perubahan yang bisa dikatakan cukup signifikan terhadap plot cerita. Hal ini juga tentunya sedikit menyerupai formula yang hadir pada Persona 4 Golden maupun Persona 3 FES atau Persona 3 Portable.

Maka dari itu, penulis ingin mencoba melakukan breakdown dan analisis terhadap trailer baru tersebut, serta konten baru lainya yang bisa ditemukan di website Persona 5 The Royal Jepang, sehingga kamu bisa mengekspektasikan kira-kira seperti apa konten-konten baru yang akan hadir dalam Persona 5 The Royal.


Karakter baru, Kasumi Yoshizawa

Memiliki formula yang sama dengan Persona 4 Golden maupun Persona 3 FES ataupun Persona 3 Portable, Kasumi Yoshizawa akan menjadi karakter tambahan dengan plot cerita yang juga baru. Namun yang cukup membedakan Kasumi Yoshizawa dengan karakter tambahan dari serial-serial sebelumnya adalah dirinya akan ikut bertarung bersama Phantom Thieves dengan tampilan seperti pada gambar diatas.

Kasumi Yoshizawa memiliki latar belakang sebagai murid pindahan sama seperti sang protagonis. Dirinya dijelaskan sebagai sosok yang sangat handal dalam olahraga senam irama semenjak SMP.

Kemungkinan besar dirinya juga akan menjadi confidant baru bagi sang protagonis, karena seperti anggota Phantom Thieves tentunya memiliki hubungan yang bisa ditingkatkan untuk mendapatkan bonus saat berpetualang dalam Palace maupun Mementos.

Credit untuk Mayonaka Network yang telah memberikan gambar dan terjemahannya.


Confidant baru, Takuto Maruki the Consultant

Selain Kasumi Yoshizawa, terdapat satu karakter baru yang akan jadi confidant bagi sang protagonis, yaitu Takuto Maruki, seorang guru konselor atau mungkin lebih familiar dengan guru BP. Dirinya diceritakan masuk sebagai guru baru pasca tragedi yang menimpa Akademi Shujin pada bulan April.

Melalui gambar diatas, Takuto Maruki diperlihatkan memiliki kartu Arcana dengan nama Le Consultant atau yang berarti sang konsultan. Pada rangkaian Major Arcana sendiri tidak ada namanya Consultant, namun jika mengingat pada game-game Persona sebelumnya, terdapat Arcana bernama Aeon yang sesungguhnya juga tidak ada pada Major Arcana.

Credit untuk Mayonaka Network yang telah memberikan gambar dan terjemahannya.


Area baru untuk dijelajahi

Pada Persona 5, pemain hanya bisa menjelajahi area sekitaran rumah, sekolah, Shinjuku, Shibuya dan Akihabara. Sedangkan area-area lainnya yang bisa dibukan melalui interaksi dengan confidant ataupun membaca majalah, hanya bisa dikunjungi saat akan nongkrong bersama confidant.

Dan melalui beberapa gambar diatas, agaknya hal tersebut akan berubah, dan kemungkinan besar pemain dapat mengunjungi hampir dari semua tempat-tempat tersebut, untuk melakukan aktivitas baru, atau mungkin juga fasilitas-fasilitas baru.


Aktivitas dan fasilitas baru

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, Persona 5 Royal juga hadirkan fasilitas baru untuk nongkrong ataupun melakukan suatu aktivitas. Seperti pada beberapa gambar diatas, terdapat sebuah tempat baru dengan nama Penguin Sniper, dimana didalamnya pemain bisa nongkrong untuk bermain Biliard ataupun Throwing Dart.

BACA JUGA  Atlus Belum Berencana Bawa Persona 5 The Royal Keluar Platform PS4

Namun jika melihat aktivitas-aktivitas sampingan pada serial Persona sebelumnya, pemain nampaknya tidak akan secara langsung memainkan Biliard maupun Throwing Dart sebagai mini games, melainkan lebih kepada interaksi skill check, dimana jago atau tidaknya sang protagonis akan ditentukan oleh seberapa tinggi status proficiency-nya misalnya. Namun penulis tentunya berharap bahwa dua aktivitas tersebut bisa menjadi mini games seperti di serial Yakuza misalnya.

Selain itu penulis juga berharap bahwa kita dapat menjelajahi lagi lebih dalam Gigolo Arcade. Tentunya karena tempat tersebut merupaka game center, dan sangat disayangkan bila tempat tersebut hanya digunakan untuk membeli minuman maupun bertemu dengan Ryuji di hari libur.


Semester 3 dan banyak event baru

Seperti pada formula game-game Persona sebelumnya, Persona 5 The Royal juga hadirkan rangkaian event-event baru. Mulai dari event yang merangkup plot utama, maupun event-event sampingan yang dilakukan bersama dengan confidant yang sedang diajak nongkrong

Kamu yang sudah menyelesaikan Persona 5 sebelumnya pasti akan asing dengan cuplikan dari event-event pada beberapa gambar diatas. Kapan lagi kan ngedate bareng Yusuke ngeliat ikan-ikan di Aquarium, atau ngajak jalan-jalan dua loli yang sering menyiksa sang protagonis?

Lebih lanjut, website Persona 5 The Royal Jepang menjelaskan bahwa mereka akan mengungkapkan cerita-cerita pada semester 3. Dan yang menariknya adalah semester 3 ini akan berlangsung dari bulan Januari dan Maret, setelah mengalahkan Yaldabaoth. Sehingga game diekspektasikan akan berlangsung lebih lama.


Cutscene bergaya Anime baru

Bukan game Persona namanya jika tidak menyelipkan cutscene-cutscene berupa animasi ala Jepang atau biasa disebut Anime. Persona 5 The Royal tentunya mendapatkan tambahan animasi-animasi baru, namun belum jelas apakah animasi-animasi cutscene pada Persona 5 sebelumnya akan digantikan atau tidak.


Kustomisasi pakaian untuk sang protagonis?

Pada beberapa screenshot maupun beberapa scene yang dipamerkan melalui trailer terbarunya, sang protagonis diperlihatkan mengenakan pakaian yang sebelumnya tidak ada pada Persona 5. Sehingga mungkin saja untuk pertama kalinya, serial Persona kedapata kustomisasi pakaian.

Namun tentunya, tidak menutup kemungkinan bahwa pakaian pada Persona 5 The Royal tersebut hanyalah pakaian baru yang dikenakan sang protagonis khusus musim dingin. But hey, nggak ada salahnya untuk berharap bukan?


Fitur baru untuk selfie?

Melalui website Persona 5 The Royal Jepang, gambar diatas dijelaskan sebagai ‘simpan momen berhargamu dengan foto’. Sehingga kemungkinan besar kini akan ada fitur mengambil foto seperti game-game AAA zaman now.

Kemungkinan lainnya secara otomatis menyimpar gambar pada momen-momen tertentu saat nongkrong misalnya. Mirip seperti fitur foto pada Final Fantasy XV, dimana game akan mengambil beberapa foto secara otomatis pada momen-momen tertentu.


Grapple dan Palace Infiltration yang berbeda?

Pada trailer tersebut, terlihat sang Joker yang menggunakan semacam tali ataupun grapple untuk meraih suatu lokasi di Castle of Lust dan Space Station of Greed. Namun, perlu diketahui juga bahwa alat Grapple milik Joker tersebut lebih dulu hadir pada Super Smash Bros Ultimate. Hal ini mungkin mengimplikasikan bahwa tiap Palace memiliki desain baru atau mungkin sekedar menambahkan lokasi baru, dimana fitur grapple tersebut akan dimanfaatkan.

BACA JUGA  Trailer Baru Persona 5 The Royal Perlihatkan Sedikit Detail Kasumi Yoshizawa

Lebih lanjut, terlihat juga Joker, Mona, Panther dan Skull yang mengotak-atik patung King Kamoshida untuk membuka jalan, dimana scene tersebut sama sekali tidak ada Persona 5. Sehingga bisa sedikit dipastikan bahwa memang ada lokasi baru di tiap-tiap Palace untuk dijelajah.


Musuh baru dan munculnya harta karun misterius

Selain desain Palace yang juga nampaknya akan berubah, Persona 5 The Royal juga menghadirkan musuh baru yang akan dihadapi. Lebih lanjut, pertempuran melawan boss juga nampaknya akan sedikit berubah, seperti pada gambar tengah diatas, pertempuran melawan King Kamoshida tetiba menghadirkan Mishima, dimana kemungkinan besar adalah bagian dari disonansi kognitif dari Palace itu sendiri.

Persona 5 The Royal juga hadirkan harta karun baru yang misterius, belum jelas seperti apa harta karun yang bisa didapatkan, mungkin seperti variasi senjata maupun armor baru yang cukup mematikan dalam pertempuran.


Dual Attack dan All-Out Attack untuk Futaba

Mekanisme pertempurannya sendiri nampaknya tidak begitu banyak berubah, namun terdapat variasi serangan kombinasi antara dua member sekaligus atau dual attack. Dua pasangan yang muncul dalam trailer Persona 5 The Royal adalah pasangan Mona dan Noir, serta pasangan Skull dan Queen. Belum jelas apakah serangan kombinasi ini sudah fix tiap pasangan, atau bebas siapa dengan siapa.

Hal baru lainnya terkait elemen combat yang baru adalah Oracle mendapatkan variasi All-Out Attack-nya sendiri. Belum jelas apa yang akan dilakukan sang navigator, mengingat bahwa dirinya adalah karakter support yang tidak digunakan untuk menyerang pada Persona 5.


Suasana Velvet Room yang berubah

Velvet Room yang selalu memiliki suasana warna kebiruan, tetiba berubah menjadi merah darah dan menyeramkan. Entah apa yang terjadi dan bagaimana hal tersebut akan mempengaruhi fitur-fitur didalamnya, terutama dalam soal Fusion. Dan belum jelas apakah ini teradi secara random atau terjadi pada suatu plot yang telah ditentukan.


CO-OP Assist, lagu-lagu baru, visual lebih tajam dalam PS4 Pro

Beberapa hal lainnya adalah Persona 5 The Royal memiliki menu tambahan baru CO-OP Assist dan Status Assist, dimana fitur tersebut dijelaskan pemain akan diberikan saran untuk melakukan aktivitas apa pada hari itu. Belum jelas apa yang membedakannya dengan fitur assist serupa pada Persona 5, namun kemungkinan besar Atlus hanya memindahkan fitur assist tersebut agar lebih mudah diakses.

Lebih lanjut, tentunya Persona 5 The Royal akan dapatkan lagu-lagu baru yang pastinya nggak kalah keren dengan game-game sebelumnya. Kemudian pemilik PS4 Pro juga akan mendapatkan versi visual yang lebih tajam dan memanjakan mata saat bermain Persona 5 The Royal.


Morgana v2.0?

Pada gambar diatas, lelaki misterius ini memiliki teks nama ‘pria tampan’. Namun jika kamu perhatikan baik-baik, dirinya memiliki palette warna yang sama dengan Morgana, terutama matanya.

Kamu mungkin ingat bahwa Teddie, seorang beruang misterius pada Persona 4, dapat ‘menumbuhkan’ badan manusianya sendiri. Formula tersebut agaknya kembali kedalam Persona 5 R, dan mungkin saja kini Morgana akhirnya juga ‘menumbuhkan’ tubuh manusianya sendiri.

BACA JUGA  Trailer Baru Persona 5 The Royal Perlihatkan Sedikit Detail Kasumi Yoshizawa

Isshiki Wakaba?

Buat kamu yang mungkin asing dengan namanya, Isshiki Wakaba adalah sosok ibunda dari Futaba. Saat menjelajahi Palace milik Futaba, Pyramid of Wrath, dirimu akan bertempur dengan sang bunda yang memiliki tubuh ala Sphinx sebagai boss utama.

Pada gambar diatas, terlihat Futaba duduk bersebelahan dengan sosok wanita. Jika melihat rambutnya yang cukup pendek dan memiliki warna rambut hitam kehijauan, kemungkinan besar sosok tersebut adalah Wakaba Isshiki. Namun perlu diingat, pada Persona 5 sendiri Wakaba Isshiki sudah meninggal, sehingga scene satu ini mungkin saja hanyalah bagian dari plot cerita atau mungkin kognisi milik Futaba atau kognisi sang protagonis akan Futaba.


Bonus: Teori Palace baru yang lahir dari Phantom Thieves

Dua poin sebelumnya mungkin saja saling berhubungan. Sang protagonis mungkin sedang memasuki sebuah palace dengan kognisi dimana keinginan para anggota Phantom Thieves tercapai. Hal ini juga diperkuat dengan pakaian Joker yang sama, serta dua gambar diatas sama-sama berlokasi di Cafe Leblanc

Dalam hal ini, Morgana sangat ingin kembali menjadi manusia, karena itu Morgana terlihat sebagai manusia pada kognisi Joker. Begitu juga dengan Futaba, dimana dirinya juga sangat bertemu dengan ibunya, sehingga Joker melihat kognisi seperti demikian.

Lebih lanjut, pada trailer terbaru Persona 5 The Royal, diperlihatkan cutscene Anime dimana Joker kembali berada di Shibuya Crossing dalam keadaan waktu terhenti. Kemudian dirinya mendengar suara perempuan yang diasumsikan adalah sang karakter baru, Kasumi Yoshizawa, dimana dirinya mengatakan bahwa ia dapat mencuri mimpi-mimpi. Sehingga ada kemungkinan bahwa sang gadis mencuri impian para member Phantom Thieves, dan membuat palace dari mimpi-mimpi tersebut untuk sang protagonis jelajahi.

Dan dengan semester 3 yang dikonfirmasikan akan berlangsung 3 bulan setelah bossfight melawan Yaldabaoth, nampaknya dalam kurun waktu tersebut, sang gadis akan menjadi lawan berikutnya bagi sang protagonis untuk membebaskan para anggota Phantom Thieves yang tercuri mimpi-mimpinya.

Tentu ini hanyalah teori singkat berdasarkan analisis dangkal penulis belaka dan belum tentu benar sampai kita memainkannya sendiri. Namun agaknya menjadi satu plot baru yang akan menarik jika benar demikian.


Itulah setidaknya 15 hal baru yang diekspektasikan akan hadir dalam Persona 5 The Royal. Namun perlu diingat bahwa hal-hal tersebut bisa saja akan berubah selama pengembangannya. Karena tanggal rilisnya sendiri yang masih cukup lama, bahkan lebih lama untuk versi bahasa Inggris-nya.

Nah, kira-kira mana menurutmu fitur baru yang paling menarik untuk ditunggu? Walau bisa dipastikan bahwa hal-hal baru diatas hanyalah segelitir dari hal-hal baru yang akan ditawarkan dari Persona 5 The Royal. Apakah kamu tahu hal-hal baru yang mungkin terlewatkan oleh penulis? Yuk, share langsung pendapatmu di kolom komentar!


Persona 5 The Royal direncanakan akan rilis khusus PS4, terlebih dahulu untuk Jepang pada 31 Oktober 2019 dan versi bahasa Inggrisnya pada tahun 2020. Baca juga informasi menarik lainnya terkait game Persona 5 The Royal atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item