Menjajal Demo Rhythm Sprout: Sick Beats & Bad Sweets

Rhythm Sprout

Demo Rhythm Sprout – Game rhythm selalu pasti ada orang yang menyukai genre ini. Semenjak kemunculan game Guitar Hero ke Indonesia, genre game ini menjadi genre yang mendapatkan tempat di hati di beberapa gamer.

Jika kita membicarakan sebuah konsep dari genre game ini sendiri, kebanyakan game pasti akan lebih menonjolkan sisi lagu, gamestyle, dan story yang di sajikan kepada pemain. Hal ini banyak sekali kita temui di platform mobile, apalagi game milik Rayark dengan Cytus dan DeeMo. Namun bagi orang yang ingin menikmati game musik sebagai gamer kasual yang hanya sekedar hiburan atau coba-coba saja, hal tersebut cukup mengganggu.

Di PC sendiri, banyak game rhythm yang mencoba bersaing untuk mengambil minat hati para gamer. Penulis sendiri juga pernah menulis 5 rekomendari game rhythm yang bisa kalian coba mainkan di PC. Namun baru-baru ini ada sebuah demo game ber-genre rhythm muncul di Steam. Game tersebut berjudul Rhythm Spourt. Karena penulis penasaran, akhirnya penulis mencoba menjajal game ini untuk mencari tahu apa yang game ini bisa sajikan.

Demo Rhythm Sprout: Sick Beats & Bad Sweets

Tampilan Demo Rhythm Sprout

Selama 3 hari saya mencoba game ini, ada banyak keunikan pada Demo Rhythm Sprout: Sick Beats & Bad Sweets yang menghadirkan fitur berbeda dari game rhythm pada umumnya. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan ulasan game mengenai demo game Rhythm Sprout: Sick Beats & Bad Sweets.

Yuk, kita langsung mulai saja pembahasannya!

Story

Prepare to Dance, Sprout!

Di game ini kalian akan bermain sebagai seorang karakter berbentuk bawang yang menggunakan topeng kesatria, baju olahraga dan headphone. Dikisahkan di sebuah kerajaan yang karakternya berupa sayur-sayuran ini, kita diutus oleh sang raja untuk menyelidiki sebuah rumah berhantu. Disepanjang perjalanan, kita akan menemukan musuh yang akan menyerang kita yang karakternya berupa makanan manis seperti coklat, permen dan lain sebagainya.

Untuk dari segi cerita, menurut saya ini cukup biasa saja. Namun kembali lagi, karena ini adalah game musik, untuk membawakan tema seorang kesatria ke dalam game ini saya rasa cukup diapresiasi.

Gameplay

Gameplay Demo Rhythm Sprout

Berikutnya kita lihat dari poin selanjutnya. Gameplay nya sendiri cukup sederhana. Awal mula permainan kalian akan dituntun untuk mengatur offset audio dan visual agar permainan kalian semakin lancar. Ada 4 tombol yang sudah diatur secara default.

Tenang saja, tombol tersebut masih bisa kalian atur manual di settings. Cara bermain game ini sangat mudah, kalian hanya perlu menekan note merah, kuning dan biru di judgement area dengan mengikuti irama lagu. Sugar Rush atau SR digunakan untuk mengubah semua note menjadi putih yang artinya kamu bisa menggunakan tombol kiri atau kanan dan mendapatkan score lebih dalam waktu terbatas. Tak lupa penulis mengingatkan bahwa di game ini ada note trap berwarna gelap yang harus dihindari, jadi jangan sampai kena ya brot!

Musik yang Disajikan Cukup Fun

5 Lagu yang disediakan Demo Rhythm Sprout

Di versi demo ini, game ini hanya menyediakan 5 buah lagu. Tidak seperti game musik pada umumnya yang menggunakan composser ternama, musik yang disajikan cukup fun dengan berbagai genre lagu juga tentunya. Penulis sendiri terkejut ada salah satu lagu di game ini yang terinspirasi dari lagu dance jadul tahun 1999 ternama yaitu Vengaboys – Boom, Boom, Boom, Boom!!.

Di versi full nya nanti, penulis berharap game ini dapat menghadirkan musik yang lebih bervariasi lagi dan pastinya bebas copyright tentunya. Sayang sekali kalau game ini tidak bisa di streaming kan hanya karena hal tersebut bukan?

UI yang Colorful, Namun Cukup Menggangu

UI Demo Rhythm Sprout

Dibalik UI nya yang sangat berwarna dan ceria ini, bagi sebagian orang termasuk penulis sendiri, cukup terganggu dengan pemilihan warna note yang digunakan. Bahkan ada sebuah stage yang dimana warna note trap dan warna lantai area hampir serupa sehingga ini menyulitkan para pemain untuk membaca pattern note yang ada.

Penulis berharap kedepannya agar ada fitur untuk menkustomisasi warna note karena tidak semua gamer nyaman dengan warna merah dan kuning yang diatur secara default.

Ada Fitur Ekstra Buat Kalian Seorang Game Rhythm ‘Garis Keras’

Fitur Eksta Untuk Pemain Hardcore

Tidak puas dengan difficulty easy? Kalian bisa memainkan lagu-lagu di game ini di tingkat kesulitan normal dengan tambahan fitur ekstra seperti turbo, mirror dan shuffle note yang akan menambah tingkat kesulitan game ini. Bagi kalian seorang ‘sepuh’ di dunia game musik, opsi ini pasti dinyalain dong tentunya.

Graphic

Tampilan Menu Settings

Sejujurnya tidak ada hal yang spesial dari grafik yang disajikan didalam game ini. Dari pembawaan tema yang diambil sampai dengan UI yang digunakan semua terasa biasa saja. Game lain yang serupa pun juga sudah banyak yang menggunakan grafik yang model seperti ini.

Ditambah lagi, untuk para pengguna PC kentang, terkadang kalian akan merasakan sedikit lag spike yang apabila kambuh di tengah permainan akan merusak combo kalian yang sudah raih.

Kesimpulan

Sprout: Sick Beats & Bad Sweets

Menurut saya game ini termasuk sangat ramah bagi semua orang. Kontrol gameplay yang mudah dimengerti, jalan cerita yang unik, serta UI yang colorfull menjadi beberapa alasan saya apabila saya ingin memperkenalkan game ini kepada orang lain.

Namun buat pemain game rhythm ‘garis keras’, menurut saya lebih baik kalian menunggu game ini rilis terlebih dahulu karena gak ada gregetnya. Lalu adanya lag spike yang seperti saya jelaskan diatas menjadi alasan tambahan mengapa kalian jangan main game ini dulu.

Jadi itulah beberapa poin tentang game Demo Rhythm Sprout: Sick Beats & Bad Sweets yang bisa penuli sajikan kepada kalian. Kabarnya game ini akan di rilis sekitar awal tahun 2023 mendatang. Apakah game ini layak masuk ke dalam wishlist kalian? Silahkan sampaikan di kolom komentar.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Game Rhythm atau artikel keren lainnya dari Ifan Frans. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version