Menjajal Early Access Encased – Old School Fallout dengan Bumbu S.T.A.L.K.E.R

Encased

CRPG merupakan game yang sangat seru untuk dimainkan karena mekanik dan Story yang sangat menarik. CRPG sendiri adalah singkatan dari Computer Role Playing Game. Namun maksud CRPG disini adalah game Table-top RPG yang menjadi Video Games seperti Baldur’s Gate, Fallout 1 & 2, dan Divinity: Original Sins.

Encased merupakan salah satu judul terbaru untuk genre ini. Game ini bersetting pada tahun 1970 yang futuristic dan post – apocalypse. Encased memliki gameplay Tactical RPG dimana pemain dapat menjelajahi dunia yang sangat luas serta bertarung secara turn-based melawan manusia, robot, serta monster yang ada dalam dunia Encased ini.

Menjajal Early Access Encased – Old School Fallout dengan Bumbu S.T.A.L.K.E.R 12

Penulis telah memainkan versi Early Access game Encased. untuk versi EA nya sendiri hanya mencakup Act 1 saja. Namun meskipun begitu, banyak sekali yang dapat dilakukan pada versi EA ini . Berikut adalah pengalaman bermain penulis ketika menjajal game keren yang satu ini.

Petualangan di Dunia Futuristik yang Hancur

Menjajal Early Access Encased – Old School Fallout dengan Bumbu S.T.A.L.K.E.R 13

Encased memberikan pengalaman bermain yang mirip seperti Fallout. Developer game ini memang mengatakan bahwa game ini merupakan tribut kepada Roadside Picnic serta Old School Fallout. Jadi hal ini tentu menjadi hal yang menarik bagi kedua fans serial tersebut.

Encased bersetting di dunia alternatif pada tahun 1970 setelah perang dingin berakhir. Lokasi permainan berada di padang pasir terakhir yang belum tersentuh di Bumi yaitu The Dome. The Dome merupakan zona yang penuh anomali yang asalnya tidak diketahui. Karakter yang dimainkan merupakan seorang karyawan perusahaan korporat besar bernama CRONUS yang memiliki misi untuk mempelajari The Dome dan menguasai hasil penelitian anomali tersebut.

Tentukan Jalan Hidupmu

Menjajal Early Access Encased – Old School Fallout dengan Bumbu S.T.A.L.K.E.R 14

Encased memberikan pilihan yang sangat banyak kepada pemain. Semua pilihan akan memberikan hasil yang berbeda. Tidak ada pilihan yang salah karena disini semuanya ditentukan oleh moral pemain. Dan beberapa pilihan tertentu juga memiliki syarat untuk dapat dilakukan seperti mengendarai mobil untuk kabur, pemain harus memiliki skill driving untuk dapat memilih pilihan tersebut. Jadi tentukan jalan hidupmu sesuai dengan keahlian karakter yang kamu perankan.

Diawal permainan, pemain dapat memilih salah satu dari 5 Divisi CRONUS diawal permainan. 5 Divisi ini memiliki keunikan dan masalah berbeda. Tidak hanya itu saja, pemain nantinya juga dapat bergabung ke Faction lainnya diluar CRONUS ketika berpetualang. Akan ada lebih dari 5 Faction dimana pemain nanti dapat meningkatkan reputasi dan faction tersebut nantinya akan mempengaruhi ending yang didapat.

Menjajal Early Access Encased – Old School Fallout dengan Bumbu S.T.A.L.K.E.R 15

Kebali ke Divisi CRONUS, Divisi yang disebut Wings ini memiliki 5 bagian. Setiap Kubu memiliki tugas masing – masing seperti : Black Wing yang merupakan Divisi Militer, Blue Wing yang merupakan divisi Teknis.

Ciptakan Karakter Yang Kamu Inginkan

Menjajal Early Access Encased – Old School Fallout dengan Bumbu S.T.A.L.K.E.R 16

Encased memiliki Character Creation yang flexible untuk game RPG. Sistem ini sangat familiar bagi para veteran RPG pada tahun 2000-an dimana akan ada 8 Main Attributes yang dapat dipilih diawal permainan dan akan berpengaruh besar terhadap karakter pemain. Dimulai dari Skills, Health Point, Growth Rate, Action Point, dan juga Defense. Attributes juga berpengaruh dalam dialog dan pilihan jalan cerita. Pelajari secara detil main attributes yang ada dan tentukan secara bijak bagaimana kamu menciptakan karaktermu.

Skill dan Abilities terbagi dua kategori dalam game ini. Kedua kategori tersebut adalah Combat Abilities dan Applied Abilities. kedua kategori itu dipisah berdasarkan kegunaannya. Combat Abilities berguna saat bertarung dan Applied Abilities memberikan skill bertarung dan juga skill yang berguna diluar pertarungan seperti lockpicking, intimidation, dan hacking.

Menjajal Early Access Encased – Old School Fallout dengan Bumbu S.T.A.L.K.E.R 17

Combat Abilities terbagi menjadi berbagai macam kategori berdasarkan tipe senjata yang digunakan. Pemain dapat menentukan spesialisasi senjata yang digunakan sesuai dengan cara bermain mereka. Pemain dapat menggunakan 2 senjata ketika bertarung. Hal ini membuat banyak sekali kombinasi yang dapat digunakan dan ini menjadi point plus untuk kebebasan cara bertarung pemain.

Menjajal Early Access Encased – Old School Fallout dengan Bumbu S.T.A.L.K.E.R 18

Applied Abilities juga terbagi menjadi berbagai macam kategori berdasarkan kegunaannya. Semua Abilities yang ada dalam kategori ini berguna dalam petualangan mu baik dalam mengerjakan misi dan juga bertarung. Pemain dapat meningkatkan skill – skill yang nantinya bisa membuka pilihan dialog serta skill support lainnya seperti Hacking, Lockpicking, dan juga gun crafting.

Menjajal Early Access Encased – Old School Fallout dengan Bumbu S.T.A.L.K.E.R 19

Selain itu, Encased juga memberikan fitur Traits untuk karakter pemain. Traits merupakan sifat karakter yang dapat memberikan bonus tertentu berdasarkan sifatnya. Contohnya High-Tech Enthusiast yang memberikan efek +30 High Tech Weapon skill dan membuat pemain jadi lebih mahir menggunakan jenis weapon tersebut. Efek Traits ini sangat bervariasi, jadi tentukan traits apa yang kamu pilih secara bijak.

Pertarungan Yang Sangat Santai

Menjajal Early Access Encased – Old School Fallout dengan Bumbu S.T.A.L.K.E.R 20

Pertarungan dalam Encased merupakan pertarungan Tactical Turn-based. Mekanik ini membuat pertarungan menjadi santai dan pemain dapat memikirkan langkah yang diambil terlebih dahulu sebelum melakukan eksekusi. Namun jenis mekanik pertarungan seperti ini sering membuat pemain menjadi bosan, terutama pemain yang senang bermain dengan gaya pertarungan action real-time yang intense.

Setiap karakter ketika bertarung akan diberikan Action Point. Action Point ini digunakan untuk berjalan, menyerang, dan menggunakan skill. Action point dipengaruhi oleh Status Deftness karakter sehingga pemain dengan Deftness tinggi akan memiliki banyak Action Point dan mampu melakukan banyak hal dalam satu turn.

Perlu diingat juga ketika bertarung, senjata yang kita gunakan memiliki limit ammo sehingga kita harus melakukan reload secara manual. Senjata yang kita gunakan juga bisa mendapatkan status “Jammed” ketika bertarung sehingga kita harus memperbaiki nya terlebih dahulu sebelum dapat menggunakannya kembali.

Pemain dapat mengendalikan hingga 3 karakter ketika bertarung. 2 Karakter lain adalah anggota party pemain yang didapat selama petualangan di The Dome. Gunakan komposisi party yang dapat melengkapi kekurangan karakter utama sehingga pertarungan dapat berjalan dengan lancar.

Pengalaman Bermain Penulis

Menjajal Early Access Encased – Old School Fallout dengan Bumbu S.T.A.L.K.E.R 21

Selama memainkan versi Early Access dari game ini, penulis cukup merasa puas berpetualang mengelilingi The Dome. Meskipun masih berstatus Early Access, game ini sudah memberikan banyak hal. Mulai dari map yang sangat luas untuk dijelajahi, berbagai random encounter, serta quest yang memiliki pilihan konsekuensi berdasarkan jawaban penulis. Untuk jalan cerita sendiri, Early Access game ini hanya memberikan Main Quest untuk Act 1. Namun Side Questnya sendiri sudah sangat banyak bahkan penulis berpikir bahwa game ini sudah cukup untuk menjadi Full game dengan perbandingan harga serta total jam yang penulis habiskan untuk bermain game ini.

Namun meskipun begitu, game ini juga memiliki kekurangan. Pertarungan yang cukup lama terutama ketika kota diserang dan kita harus menunggu seisi kota menyelesaikan move nya membuat penulis merasa bosan. Mungkin hal ini dapat di perbaiki ketika full release nanti dengan mengubah sistem AI yang terlalu sering memanggil seisi kota yang cukup jauh dari lokasi musuh.

Beberapa fitur juga masih belum bisa diakses, seperti Heavy Driving yang sampai artikel ini rilis, penulis belum menemukan kendaraan yang dapat digunakan untuk menjelajahi The Dome. Hal ini dapat dimaklumi karena game masih berada dalam status Early Access.

Menjajal Early Access Encased – Old School Fallout dengan Bumbu S.T.A.L.K.E.R 22

Hal terakhir yang menjadi point negatif adalah penjelajahan world map yang begitu luas dan begitu banyak lokasi yang tidak dicantumkan dalam world map. Penulis harus menjelajahi setiap sisi map untuk menemukan lokasi baru dan side quest baru. Mungkin juga karena daerah tersebut bukan daerah yang penting. Karena pada game ini, Lokasi penting selalu diberikan koordinatnya dari NPC dan juga Watchtower. Mungkin ketika full release nanti, Lokasi – lokasi yang penulis datangi tersebut akan diberitahu terlebih dahulu oleh NPC yang ditemui sehingga tidak perlu mencari begitu lama.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game PC atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version