Menjajal No Man’s Sky Frontiers – Tidak Seperti 5 Tahun Lalu

No Man's Sky

No Man’s Sky merupakan game yang cukup terkenal dikalangan gamer. Bukan terkenal karena gamenya yang bagus, namun peluncuran game yang tidak sesuai dengan janji yang diberikan oleh developer.

Setelah 5 tahun dan mendapatkan banyak sekali Expansion secara gratis, Kini Hello Games merilis Expansion terbaru mereka dengan nama Frontiers. Penulis dulu melakukan Pre-Order game ini dan cukup merasa kecewa dengan perilisannya. Apakah setelah 5 tahun akan mengalami perubahan dan Epic Comeback seperti yang dikatakan? Berikut adalah pengalaman bermain penulis bermain game ini.

Luar Angkasa yang Hidup

Menjajal No Man's Sky Frontiers - Tidak Seperti 5 Tahun Lalu 6

Hari pertama game ini rilis, penulis sempat memainkannya beberapa jam dan merasakan kehampaan dalam dunia No Man’s Sky. Game ini hanya sebatas eksplorasi dan mengerjakan misi saja hingga tamat. Meskipun memiliki alur cerita yang cukup bagus, namun kekosongan dunia dalam game ini membuat petualangan menjadi membosankan.

Hal ini dikarenakan dunia yang sangat luas dan juga game hanya dapat dimainkan secara Single Player. NPC juga tidak begitu memiliki kehidupan sehingga seperti berinteraksi dengan tembok.

Menjajal No Man's Sky Frontiers - Tidak Seperti 5 Tahun Lalu 7

Namun setelah banyaknya update dan update terbaru yaitu Frontiers, Luar Angkasa menjadi sangat hidup. Pemain dapat merasakan keseruan berpetualang mengelilingi galaksi, bertemu Space Pirate, Kapal Induk yang dapat kita beli, merekrut kapal – kapal lain yang dapat membantu kita mengerjakan misi, serta bertemu dengan pemain lain dalam sebuah Hub.

Masih banyak fitur lainnya yang membuat game ini menjadi sangat hidup. Penulis beberapa hari ini menghabiskan banyak waktu memainkan No Man’s Sky tanpa merasa bosan karena selalu ada hal yang dapat dilakukan. Mulai dari menambang, menjelajahi planet dan galaksi, serta membangun bangunan unik dan tambang automatis.

Tidak hanya itu saja, pada update sebelumnya juga diberikan misi co-op dimana pemain dapat mengerjakan misi bersama dan mendapatkan hadiah unik. Pemain juga dapat melakukan trade dengan pemain lain meskipun hanya sebatas pertukaran item saja.

Fitur Baru Frontiers Menambah Serunya Bermain

Menjajal No Man's Sky Frontiers - Tidak Seperti 5 Tahun Lalu 8

Frontiers menambahkan fitur baru yang membuat pengalaman bermain semakin bertambah. Fitur ini adalah fitur Settlement dimana pemain dapat menjadi pemimpin dalam sebuah kota. Setiap kota memberikan bentuk tata kota yang berbeda dan bangunan unik yang berbeda juga. Pemain dapat menjadi pemimpin dan mengatur kota serta membuat kota tersebut menjadi lebih besar dan memiliki penghuni yang beraneka ragam.

Pemain juga nantinya akan mendapatkan misi yang berhubungan dengan kota yang pemain atur. Mulai dari misi membantu para warga kota hingga melindungi kota dari serangan sentinels. Pemain diberi kebebasan pilihan ketika mengerjakan misi apakah pemain ingin menolong ataukah tidak. Namun semua itu memiliki konsekuensi masing – masing.

Fitur lainnya yaitu Overhaul Menu Base Building. Pemain tidak perlu pusing lagi karena menu untuk membangun markas menjadi lebih simple dan jelas sehingga pemain dapat membangun markas mereka dengan leluasa dan cepat.

No Man’s Sky Masih Tetap Ada Bug

Menjajal No Man's Sky Frontiers - Tidak Seperti 5 Tahun Lalu 9

Meskipun sudah layak dianggap menjadi Epic Comeback bagi para gamer, namun No Man’s Sky bukanlah game yang sempurna, masih ada bug serta exploit yang membuat gamer kesal.

Penulis sering menemukan bug dimana pemain tidak dapat berinteraksi dengan Traveler, sebuah entitas unik yang ada di Space Station. Penulis juga mendapati bug di markas. Penulis dapat memanjat ke luar angkasa dengan tangga tak terlihat.

Tidak hanya itu saja, Penulis juga terkadang kehilangan item yang sedang diproses dalam mesin refinator. Penulis telah kehilangan lebih dari 10 stack material secara tiba – tiba ketika kembali ke markas. Masih belum ada penjelasan tentang bug ini disebabkan oleh apa.

Tidak hanya itu, Exploit yang juga cukup menguntungkan (dan merugikan) bagi pemain adalah Dupe (Duplication). Penulis akhirnya menggunakan exploit ini untuk mendapatkan kembali material yang hilang tadi sehingga tidak harus mengulang lagi. Penggunaan exploit ini tidak akan dijelaskan dalam review ini karena dapat merusak pengalaman bermain pembaca nantinya.

Menjajal No Man's Sky Frontiers - Tidak Seperti 5 Tahun Lalu 10

Secara keseluruhan, No Man’s Sky akhirnya menepati janji mereka untuk game yang menjadi bahan bercandaan atas jeleknya game ini pada hari perilisan. Hello Games menebus kesalahan mereka dengan merilis update besar secara gratis, dan Frontier bukanlah update terakhir untuk No Man’s Sky. Meskipun begitu, Game ini tidaklah sempurna karena masih ada bug yang harus diperbaiki oleh Hello Games. Penulis merekomendasikan game ini untuk gamer yang gemar bermain game open world, game – game seperti Minecraft, Starbound, dan game eksplorasi lainnya serta suka dengan game bertemakan luar angkasa.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game PC atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version