Menjajal Bisnis Moonshiner di Red Dead Online

in

Sekitar dua minggu yang lalu, Red Dead Online kembali mendapatkan sebuah update yang menambahkan Role baru bernama Moonshiner, setelah tiga Role pertama yang telah rilis pada update Frontier Pursuit (Trader, Bounty Hunter dan Collector) beberapa bulan yang lalu.

Moonshiner merupakan sebuah Role dimana kamu akan mengelola sebuah bisnis ilegal yang memproduksi minuman-minuman beralkohol (seterusnya akan disebut moonshine saja) secara rahasia atau di luar hukum. Secara gamblang, Moonshiner cukup mirip dengan bisnis Gunrunning di GTA Online, yang membedakan hanyalah Moonshiner miliki beberapa produk dengan keuntungan yang berbeda-beda, serta hanya bisa dijual ketika kuota pembuatannya sudah mencapai maksimal.

Penulis sendiri telah memainkan dan telah memaksimalkan bisnis Moonshiner dalam beberapa hari terakhir ini. Dari semua Role yang ada, Moonshiner merupakan Role dengan penghasilan besar yang cukup stabil, bahkan untuk pemain Solo seperti penulis. Berikut akan penulis jabarkan beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu jika tertarik menjalankan bisnis Moonshiner.

Untuk memulai bisnis Moonshiner, kamu harus sudah memulai bisnis Trader terlebih dahulu. Jika memang sudah punya, kamu akan mendapatkan sebuah surat yang bertuliskan Business Opportunity yang terletak Satchel-mu. Setelah membacanya, kamu akan ditujukan ke sebuah lokasi untuk bertemu dengan orang-orang yang akan membantumu memulai bisnis Moonshiner. Perlu diketahui bahwa kamu memerlukan 25 Gold untuk memulai bisnis Moonshiner, dan tambahan 15 Gold jika kamu belum memulai bisnis Trader.

Saat bertemu dengan orang-orang yang bersangkutan untuk memulai bisnis Moonshiner, kamu akan diberikan beberapa pilihan lokasi untuk membangun properti berupa gubuk biasa sebagai kedok tempat produksi moonshinemu. Tiap lokasi tidak memiliki nilai produksi yang berbeda, namun punya keunggulan dan kekurangan dalam soal aksesibilitas, terutama saat mengantar produk ke klien.

Sebagai contoh, penulis memilih lokasi Tall Trees (sebelah selatan Strawberry atau sebelah barat Blackwater) karena akses keluar masuk yang bisa dikatakan cukup mudah. Kekurangannya adalah banyak pemain lain yang mungkin berkeliaran di sekitar lokasi tersebut, dan mereka tentunya juga bisa menyerangmu dan menghancurkan produk yang sedang kamu antar.

Setelah menentukan lokasi properti, hal pertama yang akan kamu lakukan adalah menjalankan sebuah Story Mission, dimana kamu akan menyelamatkan seorang NPC yang nantinya bertugas untuk ‘meracik’ moonshine di dapurmu. Setelah misi tersebut selesai, barulah kamu bisa memulai produksi moonshine

Terdapat 3 tahap dalam menjalankan bisnis Moonshiner, yang pertama adalah membuat moonshine murninya, dilanjutkan dengan memberikan perasa pada moonshine tersebut. Saat produksi sedang berlangsung, kamu hanya perlu menunggu sekitar satu jam kurang sebelum siap diantarkan. Sebagai catatan, progress produksi hanya akan berjalan saat kamu online dan berada pada mode free-roam.

Perlu diketahui bahwa kamu juga bisa menjual moonshine murni tanpa memberikan perasa, namun harga jualnya akan sangat rendah. Dan untuk memberikan perasa, kamu membutuhkan resep yang bisa kamu dapatkan dari Story Mission Moonshiner, serta bahan-bahan seperti herb atau buah-buahan yang bisa kamu temukan di alam liar. Resep dengan profit yang lebih tinggi cenderung membutuhkan bahan-bahan yang sulit ditemukan.

Setelah kuota produksi sudah terpenuhi, tahap ketiga yakni kamu bisa menjual dan mengantarkan moonshine racikanmu tersebut ke klien. Lokasi para klienmu cenderung berbeda-beda dan memiliki jarak tempuh yang terkadang dekat, terkadang jauh. Namun yang perlu diperhatikan adalah produk moonshinemu sangatlah rapuh dan mudah hancur saat proses pengantaran.

Terdapat sebuah meteran berupa ikon roda di bagian atas layar saat kamu mulai mengantarkan moonshine. Meteran tersebut akan berkurang saat kereta kudamu menabrak sesuatu, tertembak, rem mendadak saat mengebut, mengebut ketika melewati gundukan tanah, sungai, jembatan, rel kereta dan beberapa hal lainnya. Rusak satu botol saja akan mengurangi profit yang akan kamu terima secara drastis, sehingga kamu benar-benar harus memperhatikan jalan dan situasi sekitar jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

Tidak hanya medan jalan yang jadi hambatanmu, pemain lain juga bisa menyerang kereta kudamu, namun yang paling berbahaya dari proses pengantaran ini adalah hadirnya sebuah pos pemeriksaan barang ilegal oleh Revenue Agent. Terdapat dua outcome; kamu akan ditembaki atau justru diizinkan untuk lewat tergantung ‘situasi’ yang akan penulis jelaskan berikutnya.

Selain ‘memasak’ moonshine, kamu juga dapat melanjutkan Story Mission ataupun melakukan Bootlegger Mission. Sangat disarankan kamu setidaknya menjalankan satu misi dari Story Mission ataupun Bootlegger Mission sebelum mulai memproduksi batch baru, agar harga produksi awal moonshinenya sendiri jadi lebih murah.

Tidak hanya itu, menjalankan misi-misi tersebut juga bisa membuat para Revenue Agent yang telah penulis kemukakan sebelumnya menjadi lebih ‘santai’ di pos pemeriksaan. Mereka bisa mengijinkanmu lewat setelah memeriksamu, atau bahkan menyuruhmu langsung lewat tanpa diperiksa.

Terdapat beberapa peningkatan yang bisa dilakukan terhadap properti Moonshiner-mu, seperti meningkatkan fasilitas untuk kualitas moonshine yang lebih tinggi dan lebih berharga, bahkan mengurangi waktu produksi. Hal menarik lainnya yaitu terdapat juga pilihan ekspansi untuk menghadirkan bar milikmu sendiri.

Random NPC akan datang meramaikan bar milikmu, dan peningkatan fasilitas yang kamu beli juga akan semakin mendatangkan lebih banyak NPC. Kamu juga bisa mendekor isi bar tersebut dengan lukisan serta memilih tema yang sesuai dengan keinginanmu agar terlihat lebih a e s t h e t h i c.

Satu hal yang mungkin cukup mengecewakan adalah bar tersebut hanya berfungsi sebagai bagian dari kosmetik atau sekadar dekorasi bagi propertimu saja. Tidak ada semacam profit tambahan dari para NPC yang datang minum-minum di bar milikmu tersebut misalnya.

Walau demikian, kamu juga bisa mengundang teman-temanmu untuk nongkrong di dalam bar milikmu. Kamu bisa menyuguhkan mereka minuman dari moonshine yang baru saja kamu produksi dan mabuk-mabukan bareng. Lebih lanjut, kamu juga bisa memainkan alat musik yang disediakan oleh band yang kamu sewa. Kamu cukup minta mereka untuk bermain dan ambil alih alat musik yang kamu inginkan, hal ini tentunya juga bisa dilakukan oleh teman-temanmu.



Nah, apakah bisnis Moonshiner menguntungkan? Jawabannya jelas sangat menguntungkan, bahkan sangat mudah dilakukan. Jika menghitung secara kasar, penulis sendiri mendapatkan keuntungan sekitar $190 tiap satu jam bermain. Dan saat menunggu produksi, penulis tentunya menjalankan misi lain seperti berburu untuk Trader, menjalankan misi Bounty Hunter, dan sesekali Collector. Sehingga dalam satu sesi permainan, penulis bisa mendapatkan sekitar $700 – $900.

Mungkin 35 Gold sebagai uang muka untuk membuka bisnis akan jadi penghalang terbesarmu jika kamu baru mulai bermain Red Dead Online. Alternatif tercepat tentu dengan membeli Gold dengan uang sungguhan, atau mungkin dengan Outlaw Pass yang tentunya lebih mahal, namun berikan untung dalam jangka panjang. Namun jika kamu tidak ingin merogoh kocek lebih dalam, kamu tentu bisa mendapatkannya dengan memainkan berbagai misi, mengikuti event-event free-roam, hingga menyelesaikan daily challenge untuk mendapatkan Gold.

Sebagai informasi tambahan, saat ini Rockstar tengah mengadakan event Natal dan Tahun baru, dimana begitu banyak diskon yang ditawarkan serta event-event yang menarik untuk diikuti. Kamu tentunya bisa memanfaatkan momen ini untuk mendapatkan uang, gold dan berbagai item menarik. Kamu bisa cek informasi selengkapnya pada halaman ini.

Red Dead Redemption 2 maupun Red Dead Online bisa kamu mainkan di platform PC, PS4 dan Xbox One.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait game Red Dead Online atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto.

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]