Menjajal Yu-Gi-Oh! Master Duel – Bukan untuk Nostalgia!

Yu-gi-oh Master Duel

Yu-Gi-Oh! Master Duel baru saja rilis untuk pasar global beberapa waktu lalu. Game ini merupakan Seri terbaru dari franchise Yu-Gi-Oh! yang rilis untuk platform PC, Switch, Playstation, Xbox serta untuk Platform Mobile yang sudah ada di beberapa region.

Penulis sudah memainkan game ini dari hari pertama rilis hingga detik review ini ditulis. Review ini mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk kalian yang ingin bermain game dengan genre Card Game ataupun para fans Yu-Gi-Oh! yang masih belum memainkankan game ini. Kalau begitu, kita langsung saja Review game ini, DOROW!

Gameplay Yu-Gi-Oh! Master Duel

Menjajal Yu-Gi-Oh! Master Duel – Bukan untuk Nostalgia! 6

Tidak banyak yang perlu dijelaskan tentang gameplay game ini. Pada dasarnya ini sama seperti pertandingan Yu-Gi-Oh! pada umumnya, namun semua efek kartu sudah dijalankan dengan sistem sehingga kita tidak perlu repot mengerjakan efek kartu tersebut.

Contohnya pada pengaktifan kartu Pot of Desire, Pemain tidak perlu mengambil 10 kartu lalu meletakkan kartu tersebut pada tumpukan Banish. Sistem akan otomatis melakukan efek tersebut. Karena ini merupakan permainan digital, tentunya hal – hal tersebut sudah jelas dijalankan oleh sistem gamenya.

Mechanic dalam game ini tentunya juga banyak. Pada dasarnya, untuk para pemain Yu-Gi-Oh! ketika animenya rilis mungkin akan kebingungan karena tidak tahu apa itu Synchro, XYZ, Pendulum, dan Link. Akan tetapi, tutorial dalam game ini akan mengajarkan kita cara menggunakan mekanik tersebut. Tentunya ini sangat membantu untuk pemain yang belum pernah memainkan game ini.

Visual yang Keren

Menjajal Yu-Gi-Oh! Master Duel – Bukan untuk Nostalgia! 7

Visual dalam game ini tentunya sudah dibuat dengan sangat bagus. Detil Kartu pada game ini sesuai dengan aslinya. Desain Animasinya juga cukup menarik. Meskipun harapan penulis sendiri adalah game ini akan seperti Animenya dengan mengeluarkan Monster 3D pada game.

Namun hal itu wajar tidak dilakukan oleh pihak Konami. Karena game ini nantinya juga dapat dimainkan pada platform Mobile, maka hanya beberapa kartu saja yang mendapat animasi Summon dan animasinya hanya animasi 2D saja.

Animasi pada Gacha dalam game ini pun sudah cukup bagus. Hanya saja animasinya terlalu lama sehingga pemain lebih sering melakukan Skip dan langsung melihat kartu apa saja yang telah mereka dapatkan.

Soundtrack yang Berkualitas

Menjajal Yu-Gi-Oh! Master Duel – Bukan untuk Nostalgia! 8

Hal yang cukup mengagetkan dari game ini adalah Soundtrack. Meskipun ini merupakan game Free-to-Play, namun Konami sepertinya tidak main – main untuk mengerjakan soundtrack game ini.

Soundtrack yang sangat nyaman didengar dan membawa Edgy Vibe yang cukup bagus. Penulis merasa soundtrack pada game ini sangat cocok masuk kedalam game Dark Fantasy seperti Souls series.

Yu-Gi-Oh! Master Duel Free-to-Play Friendly?

Menjajal Yu-Gi-Oh! Master Duel – Bukan untuk Nostalgia! 9

Pernyataan ini bisa dikatakan benar jika pemain tau cara menggunakan Gems dengan optimal. Semua pemain nantinya akan mendapatkan banyak sekali gems yang akan digunakan untuk membuka Pack.

Tetapi menurut penulis, game ini cukup friendly kepada para “F2PBTW” Player. Pemain dapat memaksimalkan penggunaan gem dengan membuka Secret Pack yang berisikan kartu yang mereka butuhkan. Dan jika pemain tidak mendapatkan kartunya pun, pemain dapat melakukan Craft kartu yang mereka butuhkan.

Pengalaman Bermain Yu-Gi-Oh! Master Duel

Menjajal Yu-Gi-Oh! Master Duel – Bukan untuk Nostalgia! 10

Yu-Gi-Oh! Master Duel merupakan game yang diluar ekspektasi. Penulis sebagai pemain yang tidak begitu mengerti dengan franchise ini merasa sangat nyaman memainkannya karena tutorial yang cukup menjelaskan kegunaan mekanik yang ada.

Musiknya sendiri sangat nyaman didengar sehingga penulis tidak merasa bosan. Dan juga jika pemain tahu apa saja kartu yang dibutuhkan, tentunya pemain tersebut memiliki advantage lebih awal dibanding pemain lain.

Dan hal ini yang membuat Yu-Gi-Oh! Master Duel menjadi Free-to-Play friendly namun tidak begitu Newbie Friendly. Alangkah baiknya pemain yang belum mengerti tentang game ini memainkan Solo Duel terlebih dahulu agar tidak kaget bertemu pemain yang dapat menggunakan First Turn Kill ketika bertarung.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Android atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version