Semakin Memanas, Menteri Perdagangan AS Isukan Stop Jual VGA ke Cina

Menteri Perdagangan As

Kalau berita sebelumya kita dikabarkan dengan diputusnya penjualan RTX 4090 dan puluhan kartu grafis lainnya berkat larangan ekspor. Amerika Serikat tampaknya masih belum berhenti sampai disana dan akan melakukan pemblokiran penjualan GPU ke Cina seutuhnya.

Kabar yang beredar mengisyaratkan bahwa mereka akan mengurangi dampak teknologi mutakhir Amerika Serikat untuk tetap bisa masuk ke Cina lewat beberapa perusahaan kartu grafis. Apakah segenting itu?

Menteri Perdagangan AS Serukan NVIDIA untuk Stop Jual VGA ke Cina

Chip war yang sedang terjadi antara AS dan Cina

Melansir dari BnnBloomberg, Menteri perdagangan Amerika Serikat, Gina Raimondo menginstruksikan kepada beberapa perusahaan penyedia kartu grafis seperti NVIDIA untuk menghentikan penjualan kartu grafis RTX kepada Cina.

Gina katakan kalau perusahaan tersebut seharusnya tidak dibolehkan untuk menjual GPU ke pasar Cina atas alasan keamanan. Nama NVIDIA kemudian mencuat dikarenakan beberapa saat lalu imbas dari penutupan akses jual RTX 4090 di Cina, perusahaan tersebut mendesain kartu grafis berdasarkan RTX 4090 yang dimodifikasi untuk mengikuti aturan baru.

RTX 4090 yang sudah dimodifikasi ini mempunyai penurunan performa yang siginifikan dari segi komputasi AI. Sehingga sesuai dengan kebijakan perang dagang baru yang dirilis AS. Namun, cara seperti ini juga tampaknya tidak disukai oleh Menteri Perdagangan.

Gina Raimondo Katakan Ini Adalah Situasi Genting yang Harus Segera Teratasi

US Commerce Secretary, Gina Raimondo

Gina Raimondo katakan kalau dia sanggup mengeluarkan bajet 200 juta Dollar AS untuk mendanai operasi. Dia mengatakan bila dana tersebut setara dengan harga beberapa fighter jet. Namun, dia tetap meminta dana lebih kepada kongres untuk membantu memenangkan perang dagang ini.

Menteri Perdagangan AS juga menyadari kalau ada beberapa perusahaan yang kurang senang atas kebijakan ini. Tetapi, dia mengingatkan kalau keamanan nasional lebih penting dari pada keuntungan jangka pendek. Sepertinya Gina menyenggol NVIDIA yang pasca diberilakukannya pengetatan masih terus menjual VGA ke Cina.

Gina juga mengancam kalau ada yang mendesain ulang chip dan tetap bisa dimodifikasi kembali digunakan untuk AI, dia tidak akan segan-segan mengontrolnya. Dia juga sampai mengatakan ini adalah ancaman terbesar yang harus segera diatasi sekarang.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version