Berdasarkan Penelitian, Nilai NFT Sudah Tidak Berharga Lagi

Nilai Nft Sudah Gak Ada

Siapa sangka ternyata ada jatuh bangun juga di dunia teknologi. Seperti halnya tahun ini, ternyata nilai NFT sudah tidak ada sama sekali, setidaknya berdasarkan sebuah penelitian.

Ternyata Ini Alasan Kenapa Nilai NFT Sudah Tidak Berharga Lagi

Sebagaimana pepatah “adat pasang turun naik”, seolah tegaskan tidak ada yang abadi di kehidupan ini, apalagi hanya sekadar aset digital. Setelah kurang lebih merajalela di dunia kurang lebih selama dua-tiga tahun lamanya, kini nilai NFT ternyata sudah tidak ada harganya sama sekali.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim dappGambl baru-baru ini, mereka menjelaskan secara rinci bahwa nilai NFT saat ini bisa dikatakan tidak ada sama sekali. Bisa dibayangkan, dari sekitar 70.000an NFT yang bisa kalian temukan di pasar, hampir 95% di antaranya sudah tidak memiliki harga alias dibanderol 0 ETH.

ETH mengalami penurunan drastis dalam kurun satu tahun

Hal tersebut berdasarkan tren pasar mingguan bulan Juli silam yang hanya menyentuh 1 Triliun Rupiah saja – yang berarti hanya sekitar 3% dari puncaknya pada bulan Agustus tahun 2021.

Bahkan, meski ada banyak sekali artis terkenal mengikuti tren NFT, ternyata tidak serta merta membuat nilai NFT mampu bertahan lebih lama lagi, hingga akhirnya harus menyerah dan sukses membuat sebagian besar aset digital menjadi tidak berharga.

Sudah tidak memiliki harganya sama sekali

Masih berdasarkan penelitian tersebut, ternyata alasan kenapa NFT sudah tidak berharga sama sekali adalah dikarenakan tidak adanya permintaan dari pasar. Imbasnya, para kreator NFT kini terpaksa harus berenang di tumpukan aset digital yang mereka buat dalam jumlah terbatas.

Selain itu, alasan terkuat adalah dampaknya terhadap lingkungan. Karena sebagaimana yang telah kalian ketahui, proses pembuatan NFT dari awal sampai dengan proses penjualan membutuhkan energi yang tidaklah sedikit.

Hanya 20% NFT yang dimiliki oleh orang di seluruh dunia

Parahnya, berdasarkan 195.699 NFT yang mereka teliti dan tidak mempunyai tuan sampai saat ini, bisa dibayangkan ada sekitar 27.789.258 kWh energi yang terbuang sia-sia dan menciptakan 16.243 ton karbon dioksida, jumlah yang terlalu banyak dan amat berbahaya untuk kelangsungan bumi.

NFT Memiliki Masa Depan yang Suram

Masa depan NFT teramat suram

Setelah diterpa fakta bahwa nilai NFT sudah tidak ada sama sekali, semakin jelas bahwa kemungkinan masa depan aset digital ini akan memiliki masa depan yang suram. Belum ditambah kebijakan atau regulasi yang masih belum jelas, tentunya akan semakin mendekatkan NFT pada kehancuran yang sebenarnya.

Terlebih NFT tidak memiliki fungsi yang nyata dan dapat dengan mudah diduplikasi, tentunya menegaskan bahwa NFT memiliki masa depan yang teramat suram dan hanya akan dianggap sebuah guyonan yang menguntungkan pihak tertentu saja.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version