Menurut Survei, Gamer di Eropa Lebih Kepo dengan Grafis Konsol Next Gen Ketimbang Fiturnya


Semakin modernnya suatu era, akan semakin maju pula potensi berbagai teknologi yang nantinya bisa dikembangkan oleh para manusia. Tak terkecuali dalam sektor industri video game, tahun 2020 menariknya telah resmi ditunjuk sebagai saksi hidup dari munculnya konsol generasi yang tersegar alias konsol Next Gen.

Melalui bayang-bayangnya yang selalu begitu diantisipasikan oleh banyak pihak, baik PS5 maupun Xbox Series X tentu adalah sebuah bentuk anugerah yang cukup indah untuk dirasakan bagi para gamer. Dimana pastinya muncul banyak harapan-harapan yang ingin mereka ekspektasikan pada keberadaan produk tersebut. Entah itu berasal dari aspek fitur, performa, game-game yang bisa dimainkan, dan masih banyak lagi.

Konsol Xbox Series X

Di Eropa, secara kebetulan pihak dari ISFE dan Ipsos MORI GameTrack’s Consumer Survey telah resmi mencatat hal-hal menarik apakah yang memang paling diincar para gamer dalam menantikan kemunculan konsol Next Gen. Dimana melalui 8000 responden dalam rentang usia 11 hingga 64 tahun yang sudah mereka wawancarai di berbagai penjuru negara-negara Eropa barat, mengharapkan kualitas grafis yang lebih cantik di konsol PS5 dan Xbox Series X rupanya menjadi satu fokus yang paling banyak gamer-gamer sana idamkan.

Untuk urusan grafis, ada 78% responden yang sangat begitu mengharapkan hal tersebut. Sementara yang paling terdekat, 71% responden justru malah lebih berharap bahwa konsol generasi terbaru dapat mengakomodir fitur loading time yang lebih kilat. Sisanya, ada pula yang ikut menyinggung tentang aspek Backward Compatibility (59%), memainkan game-game secara fisik (58%) maupun motion control (51%).

Selain dari hal-hal yang sering di utarakan, pihak ISFE dan Ipsos Mori juga menghimpun sejumlah hal yang nampak tidak terlalu banyak digugah oleh para repondennya. Yakni mengenai dukungan resolusi layak 8K (49%), fitur untuk berstreaming (51%), non gaming apps (52%), handheld mode ala Switch (45%) hingga VR yang masih terkesan cukup niche untuk dibicarakan (43%).

Godfall, game yang akan resmi dirilis untuk konsol next gen

Bagaimana kira-kira menurutmu ? Apakah selera yang disuarakan oleh para gamer-gamer eropa di atas kurang lebih cukup merefleksikan preferensimu dalam menyambut kehadiran konsol next gen ?

Sumber: Gametrack Survey (via Gamesindustry)


Baca pula informasi menarik lain seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format