Menyambut Hari Batman Sedunia, Berikut 8 Boss Fight Terbaik di Seri Batman Arkham

Boss Fight Batman Arkham

Seri Batman Arkham sering kali dianggap menjadi salah satu alasan suksesnya genre superhero dalam industri video game. Berawal dari karakter komik karya DC Comics, popularitas karakter Batman yang mungkin lebih dikenal melalui sejumlah koleksi film atau serial animasinya membuat game karya Rocksteady ini semakin banyak dikenal, baik di kalangan para fans superhero maupun para gamer.

Berbicara mengenai karakter Batman tentunya juga tak jauh dari sederetan musuh-musuhnya yang masing-masing memiliki keunikannya tersendiri. Hal tersebut pun juga diadaptasi dengan baik dalam game Batman Arkham melalui pertarungan Boss Fight nya yang mengesankan, sajian gameplaynya yang unik dan juga desain levelnya yang imersif dan sinematis. Bahkan tak jarang yang menyebut bahwa bermain seri Batman Arkham membuat pemain merasa seperti menjadi Batman sungguhan.

Kebetulan juga, beberapa hari yang lalu (18 September) ditetapkan sebagai hari Batman sedunia. Demi menyambut sekaligus memperingatinya, berikut 8 Boss Fight terbaik dalam seri Batman Arkham.

8. TN-1 Bane (Arkham Origins)

Arkham Origins memang yang dikenal memiliki pertarungan Boss fight terbaik dari semua seri Batman Arkham, salah contohnya seperti di akhir game ketika Batman harus mengalahkan salah satu musuh terkuatnya yaitu Bane. Namun yang berbeda, kali ini Bane sudah terinjeksi oleh cairan TN-1 yang membuatnya semakin kuat dan berbahaya.

Hal tersebutlah yang dimanfaatkan oleh Rocksteady selaku developer untuk meningkatkan ketegangan para pemainnya. Dimana pemain tidak bisa menyerang Bane secara langsung, melainkan harus mengandalkan Stealth dan berbagai gadget canggih milik Batman. Sehingga, kreatifitas dan ketangkasan pemain sangat diperlukan demi menyusun strategi penyerangan.

7. Solomon Grundy (Arkham City)

Kehadiran Solomon Grundy dalam Batman Arkham City menjadi salah satu hal sangat mengesankan dalam seri Batman Arkham. Hal tersebut karena kehadirannya memang tidak terduga, bahkan banyak yang menganggapnya sebagai trik dari Rocksteady demi mengejutkan pemain.

Nantinya, Solomon Grundy juga akan dibantu oleh Penguin dalam mengisi energi yang membuatnya semakin kuat. Sehingga pemain diharuskan untuk tetap siaga lantaran damage dari serangannya yang cukup besar. Tak hanya menghindar dari serangan, pemain juga harus menghancurkan sumber energi dengan explosive gel dengan cepat sembari menghindar serangannya.

6. Ra’s al Ghul (Arkham City)

Ra’s al Ghul sepertinya merupakan salah satu boss fight yang unik dan sedikit berbeda dari pertarungan boss fight lainnya. Hal tersebut lantaran Batman berada dalam pengaruh ilusi magis sehingga atmosphere yang disajikan pun juga memiliki karakterisitiknya tersendiri.

Seperti boss fight lainnya, pemain juga harus mengandalkan gadget seperti batarang dan Remote Electrical Charge untuk mengindari dan melontarkan serangan. Ditambah lagi dengan hadirnya sejumlah tentara Ra’s al Ghul yang akan membuat pertarungan menjadi semakin rumit.

5. Clayface (Arkham City)

Peringatan! List satu ini mengandung spoiler ending Batman Arkham City.

Hadinya Clayface yang tidak terduga sering kali dianggap sebagai salah satu plot twist terbaik dalam video game. Hal tersebut karena dirinya berhasil mengecoh pemain dengan menyamar sebagai Joker di sepanjang game hingga akhirnya terbukti di akhir game.

Yang menarik dari Boss Fight ini, nantinya pemain tak hanya menggunakan gadget saja seperti Boss Fight lainnya. Pemain juga dapat menggunakan pedang milik Talia al Ghul untuk mengalahkan Clayface. Hal tersebutlah yang membuat pertarungan melawan Clayface memiliki keunikannya tersendiri.

4. Scarecrow (Arkham Asylum)

Sebelum menjadi musuh utama dalam Batman Arkham Knight, Scarecrow sudah mulai meneror Batman sejak game pertamanya yakni dalam Batman Arkham Asylum. Yang membuatnya unik melawan Scarecrow adalah ilusi yang diakibatkan oleh senjata andalan Scarecrow yang biasa disebut sebagai fear gas.

Nantinya, setelah Batman terpengaruh oleh fear gas, suasana game akan berubah layaknya game horror. Bahkan game juga akan mengecoh pemain dengan menghentikan jalannya permainan layaknya seperti game yang sedang crashing atau rusak.

Berbeda dari boss fight lainnya, saat melawan Scarecrow pemain hanya perlu menyelinap sembari mengindar dari pandangan dengan memanfaatkan area sekitar untuk bersembunyi. Uniknya lagi, sudut pandang game juga akan berubah menjadi seperti game side-scroller, sehingga suasana atmosphere yang menyeramkan dapat terpampang lebih jelas.

3. Killer Croc (Arkham Asylum)

Selain Scarecrow, melawan Killer Croc juga tidak kalah menyeramkan dan juga menegangkan. Nantinya, pemain akan bertarung di area bawah tanah, tepatnya di tempat pembuangan yang penuh dengan air, sehingga pemain harus bergerak secara perlahan agar posisi tidak terdeteksi oleh Killer Croc yang akan mencoba menyerang pemain dari dalam air.

Meskipun pemain sudah bergerak secara perlahan, terkadang Killer Croc juga akan muncul secara tiba-tiba, sehingga pemain diharuskan agar tetap siaga untuk berlari demi menghindar dari serangan. Hal tersebutlah yang menjadi keunikan dalam Boss Fight melawan Killer Croc.

2. Deathstroke (Arkham Origins)

Semenjak perilisan trailer Batman Arkham Origins, karakter Deathstroke sepertinya menjadi salah satu poin utama yang membuat gamenya menjadi populer. Trailer tersebut memang terlihat sangat keren hingga tak jarang yang membandingkannya dengan adegan aksi dalam film-film action Hollywood.

Meskipun gameplaynya tidak terlalu bersandar pada gadget atau gimmick tertentu, namun aksi pertarungan yang sinematis membuatnya cukup satisfying. Hal tersebut pun juga membuat Deathstroke dering dianggap sebagai pertarungan Boss Fight terbaik dalam video game.

1. Mr. Freeze (Arkham City)

Dari seluruh boss fight dari seri Batman Arkham, pertarungan melawan Mr. Freeze sepertinya dapat dikatakan yang terbaik dari semuanya. Karena tak hanya mengesankan, boss fight yang satu ini benar-benar mengharuskan pemain untuk berpikir outside the box demi mengalahkannya.

Nantinya, pemain diharuskan untuk memanfaatkan stealth saat bertarung melawan Mr. Freeze. Namun, yang membuatnya unik yaitu pemain tidak dapat menyerangnya dengan cara yang sama secara terus-menerus lantaran Mr. Freeze akan membaca setiap serangan sebelumnya. Sehingga tiap kali berhasil melakukan perlawanan, pemain harus mengubah strategi dan menemukan cara baru untuk menyerang, sembari menyelinap dan juga menghindar apabila musuh menyerang balik.

Honorable Mention: Electrocutioner (Arkham Origins)

Penempatan Electrocutioner sebagai Honorable Mention karena dirinya memberikan sesuatu yang cukup mengesankan. Bahkan banyak yang menganggap bahwa pertarungannya bukanlah sebuah boss fight, melainkan hanya sebuah lelucon yang ditambahkan oleh developer.

Hal tersebut karena Electrocutioner merupakan satu-satunya Boss Fight yang dapat dikalahkan hanya dengan satu kali serangan. Cukup dengan menekan tombol attack satu kali saja sudah cukup membuatnya tergeletak. Tentunya hal tersebut juga tidak terduga sehingga boss fight satu ini mampu membuat pemain terheran-heran.


Itulah paparan 8 boss fight terbaik dalam seri Batman Arkham. Mengingat banyak boss fight yang mengesankan tentunya diharapkan hal tersebut dapat menjadi inspirasi bagi game lainnya. Terutama dalam game Gotham Knights dan juga Suicide Squad: Kill the Justice League agar dapat melanjutkan kepopuleran serta kesuksesan dari seri Batman Arkham.


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait Batman Arkham Series serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version