Meski Menghisap Ganja Saat Stream, Video Snoop Dogg Tidak Di Takedown

sos game snoop dogg

Disclaimer: Ganja Illegal di Indonesia Mohon Jangan ditiru

Twitch’s terms of service and community guidelines atau aturan pada Twitch menjadi dasar bagaimana seorang streamer bertingkah laku, namun aturan tersebut kerap menimbulkan kebingungan terutama dari sisi narkotika.

Kasus ini bermula setelah stream yang dilakukan oleh Snoop Dogg kemarin di Twitch, kala itu ia sedang mempromosikan game bernama SOS, game tersebut masih berada pada tahap Early Access.Stream yang ia lakukan mendapat view mencapai 80.000 Views, uniknya di tengah-tengah livestream tiba-tiba Snoop Dogg menghisap ganja sambil bermain video game tersebut. Sampai saat ini video tersebut tidak di takedown oleh pihak Twitch sendiri.

Menurut aturan Twtich setiap player harus “menaati semua hukum lokal, nasional, dan international saat menggunakan Twitch. Setiap konten atau aktifitas yang menampilkan, mendukung, atau meng-sosialisasikan kegiatan illegal maka hal itu tak diperbolehkan” aturan pada Twitch juga mengatakan bahwa ” aktifitas yang membahayakan hidupmu juga tak diperbolehkan. Hal ini juga termaksud, ancaman pembunuhan, secara sengaja membuat trauma fisik, penggunaan narkotika secara ilegal, dan minum secara berlebihan”

Stream milik Snoop Dogg tentu dapat ditakedown menurut aturan Twitch, karena tidak ada bukti kongkrit penggunaan medical pada ganja saat stream tersebut. Namun ternyata California baru-baru ini melegalkan penggunaan ganja pada tanggal 1 Januari 2018, jadi kemungkinan Snoop Dogg membeli ganja tersebut secara legal dan hukum setempat tidak melarang hal tersebut. Hukum yang melegalkan penggunaan ganja sebagai hiburan ditetapkan pada tanggal 8 November 2016, namun untuk penjualanya secara legal baru ditetapkan 1 Januari 2018.

Tetap saja walaupun sepertinya terdapat kerenggangan pada kasus Snoop dogg, penggunaan ganja saat melakukan stream tetap menjadi topik bahasan yang ramai, Seorang Redditor mendapat pesan dari Twitch perihal kasus ganja ini.

Kami tak mendukung penggunaan ganja pada saat menggunakan layanan kami. Apabila menghisap ganja melanggar hukum setempat kalian, menyebabkan bahaya pada diri anda sendiri, atau kepada para penonton, kegiatan tersebut secara seluruhnya kami larang.

Apabila streamer memang melakukan kegiatan ini (menghisap ganja), “Mature Content Warning” harus di aktifkan.

Quote dari Snoop Dogg

Salah satu perwakilan Twitch sendiri telah mengkonfirmasi kepada Polygon.com tentang hal ini, “karena hukum pada tiap negara, negara bagian dan lain-lan itu bervariasi, kami berharap streamer mengikuti hukum yang berlaku pada tempat setempat.”

Exit mobile version