Meski Menurun, Penjualan Game-game PS4 Justru Semakin Melonjak

ps4 pro and vr review01

Playstation 4 saat ini disebut-sebut sebagai konsol video game paling populer di dunia. Jerih payah Sony dalam membawa platformnya ke tingkat yang lebih tinggi benar-benar berbuah manis. Tak ketinggalan juga dengan game-game eskslusif yang sudah Sony rilis selama ini, sebagian di antaranya saja sudah bisa dijadikan sebagai salah satu nominasi game terbaik dalam sebuah industri video game. Sejak pertama kali diluncurkan pada tanggal 15 November 2013 lalu, saat ini Playstation 4 sudah menjual lebih dari 73,6 juta unit konsol. Angka 73,6 juta unit yang didapatkan ini juga sudah termasuk dengan hasil penjualan konsol PS4 Pro.

Meski angka 73,6 juta tersebut sudah terlampau sangat besar, sepertinya Sony juga patut waspada terhadap tantangan pasar di masa yang akan datang. Melalui informasi press release yang diberikan SIE pada tanggal 8 januari 2018. Tercatat pada musim libur kemarin di bulan Desember, angka penjualan konsol PS4 ternyata mengalami sedikit penurunan dibanding dengan yang di tahun lalu:

Penurunan sebesar 300 ribu unit ini sebenarnya tidak terlalu berdampak signifikan bagi Sony. Ironisnya, Sony mendapat sebuah angin segar berupa peningkatan dari penjualan game-game yang dirilis di PS4 tiap tahunnya. Meningkatnya penjualan game PS4 di tahun ini bisa dibilang cukup lumayan jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Jika ditotal hingga saat ini, PS4 sudah mencatatkan penjualan game sebesar 645 juta copy. Disamping itu, Sony juga mengumumkan jumlah subscriber Playstation Plus yang sekarang naik lebih dari 31,5 juta subscriber. Lalu penjualan gamenya di PS Store merupakan yang terbaik di bulan Desember kemarin, meski tidak disebutkan secara rinci oleh Sony mengenai jumlahnya.

Tahun 2018 bisa jadi tahun yang cukup menantang buat Sony. Nintendo Switch, yang sudah mulai muncul di permukaan akan menjadi salah satu kompetitor berat selain Sony juga masih harus bersaing dengan Microsoft. Keberadaan Nintendo ini semakin diperkuat dengan hasil penjualan Nintendo Switch dari awal-awal musim peluncurannya hingga sekarang yang bisa dibilang sangat amat memuaskan.

Exit mobile version