Hideo Kojima Ungkap Metal Gear Solid 2 Hampir Batal Rilis karena Peristiwa 11 September

Metal Gear Solid 2 Hampir Batal Rilis

Metal Gear Solid 2 Hampir Batal Rilis – Kesuksesan game Metal Gear Solid yang rilis pada tahun 1998, membuat Hideo Kojima bersama Konami kala itu membuat sekuelnya yang kedua dan direncanakan rilis pada November 2001.

Meskipun kita sudah bisa menikmati game kedua MGS ini sekarang, Namun Hideo Kojima mengungkapkan bahwa game ini nyaris batal dirilis akibat peristiwa serangan 11 September di New York, Amerika Serikat.

Kronologi Metal Gear Solid 2 Nyaris Batal Rilis karena Peristiwa 11 September

Hideo Kojima Jelaskan Kenapa Metal Gear Solid 2 Nyaris Batal Rilis

Hideo Kojima menjelaskan bagaimana peristiwa di kehidupan nyata bisa mempengaruhi waktu rilis dan bahkan pembatalan rilis sebuah game. Lewat wawancara yang dilakukan oleh majalah mingguan Jepang Tokyo Keizai melalui Gamesradar, Kojima menceritakan bagaimana ia dan timnya melewati krisis tersebut.

Awalnya, 2 bulan sebelum MGS 2 yang sangat diantisipasi gamers tersebut rilis, terjadi sebuah serangan teroris pada 11 September yang menewaskan lebih dari 3000 orang. Insting seorang director Kojima pun mengatakan bahwa MGS 2 akan terancam batal rilis.

Peristiwa tersebut memiliki banyak kesamaan dengan game kami yang bisa saja merusak citra dari video game secara keseluruhan, Momen yang sangat tak tepat untuk merilis sebuah game action dengan tema seperti ini.

Hideo Kojima
Ada 300 Konten Lebih yang Disarankan untuk di Cut dari Gamenya

Kojima memutuskan untuk melakukan konsultasi kepada ahli hukum dan pengacara. Haslinya, Kojima disarankan untuk melakukan revisi ratusan konten game untuk menghindari kecaman baik dari publik maupun pemerintah. Kojima saat itu sudah menganggap ini krisis dan bisa mengancam penjualan MGS 2 itu sendiri.

Hideo Kojima Sempat Berpikir untuk Keluar dari Konami Saat Itu

Hideo Kojima Sempat Berpikir untuk Keluar dari Konami

Saat melakukan rapat dengan staf Konami, Kojima juga berpikir kalau game racikannya tidak akan rilis dalam waktu dekat dan berencana keluar dari Konami. Namun, Ken Kutaragi yang saat itu menjabat sebagai presiden Sony Computer Entertainment menghubungi Kojima.

Katuragi meyakinkan Kojima bahwa akan memalukan apabila Konami tidak merilis gamenya, Katuragi juga mengatakan bahwa peristiwa itu memang diluar kendali Kojima dan harus merilis gamenya sesuai rencana.

Ken Katuragi Presiden Sony Computer Entertainment, Meyakinkan Kojima

Saya juga sudah menghubungi founder Konami, Kagemasa Kozuki lewat email. Ia Membalasnya dan mengatakan “game nya harus segera rilis, bagaimana menurutmu?” saya pun memantapkan keputusan saya karena sudah mendapatkan persetujuan dari dua pihak.

Hideo Kojima

Kojima akhirnya mengikuti saran para pengacara dan ahli hukum Konami dengan merombak beberapa konten MGS 2 yang dirasa sensitif. Perombakan tersebut membuat gamenya mengalami delay selama beberapa minggu, dan akhirnya dirilis pada tanggal 13 November 2001.

Ternyata sebesar itu dampak yang dirasakan developer game apabila ada sebuah tragedi yang berkaitan dengan tema game yang mereka kembangkan. Semoga kedepannya developer game tidak disulitkan oleh tragedi-tragedi tersebut terutama dalam waktu perilisan.


Baca pula informasi Gamebrott lainnya tentang Metal Gear Solid beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Ananda Pratama. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version