Microsoft Akan Akuisisi Dev. Fallout New Vegas – Obsidian Entertainment?

57441 22 sources fallout creator leading new obsidian project

Obsidian Entertainment merupakan studio game RPG yang penuh talenta. Studio ini adalah otak dibalik Fallout New Vegas, Star Wars KOTOR 2, South Park: Stick of Truth dan Pillars of Eternity. Kemampuan developer asal Kalifornia ini hampir tidak dapat diragukan lagi ketika membuat RPG yang kompleks, maka wajar apabila akan ada waktu dimana publisher besar ingin manfaatkan keahlian dari studio ini.

Microsoft dikabarkan tengah menyelesaikan persetujuan untuk akuisisi studio independen ini berdasarkan 3 sumber yang didapatkan oleh Kotaku. Salah satu sumber mengatakan bahwa persetujuan ini telah 90% selesai dan tinggal menunggu waktunya. Ketika ditanyai untuk kepastian oleh Kotaku, pihak Microsoft dan Obsidian menolak untuk tanggapi kabar tersebut untuk saat ini.

Apabila persetujuan ini memang terjadi, maka ini menjadi kesuksesan besar untuk Obsidian yang selama 15 tahun terakhir bertahan sebagai studio independen. Studio ini sempat hampir bangkrut sebelum diselamatkan oleh kickcstarter dan Pillars of Eternity. Kini studio ini andalkan platform crowdfunding tersebut untuk proyek game mereka melihat tak ada publisher yang ingin biayai pembuatan game mereka yang ambisius dan tidak pernah ikuti trend pasar sekarang.

Ironi dari kabar ini ialah Obsidian sempat terancam bangkrut karena Microsoft. Game eksklusif Xbox One berjudul Stormlands dibatalkan pada tahun 2012 silam, semua dana mereka telah habis akan game tersebut dan terpaksa beralih ke Kickstarter untuk Pillars of Eternity. Dengan pimpinan baru yaitu Phil Spencer yang sejauh ini dapatkan reputasi positif, kejadian yang sama mungkin tidak akan terjadi. Namun tak berarti Obsidian Entertainment akan pasti meresikokan studio mereka jatuh ke lubang yang sama.

Microsoft dikabarkan ingin memperluas sektor PC gaming mereka, maka masuk akal untuk mereka melakukan akuisisi pada studio-studio yang dominan di platform PC seperti Obsidian Entertainment. Meskipun demikian, berita ini masih dalam status rumor semata.

Source: Kotaku

Exit mobile version