Microsoft Bawa Game Next-Gen ke Xbox One via xCloud

8eCFjs82326hHnDD9Miawe

2021 menandai tahun kembalinya E3 setelah pada 2020 kemarin dibatalkan karena pandemik COVID-19 yang melanda seluruh dunia. Salah satu “anggota” yang rutin hadir di E3 yaitu Xbox – bersama Bethesda – mengumumkan banyak hal baru di konferensi mereka mulai dari trailer dari game seperti Starfield hingga gameplay Battlefield 2049. Yang menarik, Microsoft dan Xbox juga mengumumkan bahwa game-game Xbox Series X akan bisa dimainkan di Xbox One.

Seperti yang dilaporkan The Verge, Microsoft mengungkap pada postingan di blog mereka bahwa game Xbox Series X akan tersedia untuk dimainkan di Xbox One lewat Xbox Cloud Gaming (xCloud). Dengan begitu, gamer Xbox One yang tertarik dengan game eksklusif Xbox Series X seperti Microsoft Flight Simulator, dapat menjajalnya tanpa harus mengeluarkan uang ekstra untuk berganti konsol.

Langkah tersebut menjadi pelengkap dari pendekatan “play anywhere” yang dilakukan Xbox untuk membawa game-game mereka agar bisa dimainkan di berbagai jenis perangkat. Sebelumnya, Xbox juga membawa xCloud ke perangkat seperti smartphone, tablet dan juga PC via browser, meski kini masih dalam tahap beta.

Untuk ketersediaan, Xbox tidak memberi tahu kapan xCloud akan tersedia di Xbox One. Kecil kemungkinan jika layanan streaming game itu akan siap pada 27 Juli 2021 mendatang ketika Microsoft Flight Simulator dirilis untuk Xbox Series X/S. Akan tetapi, Head of Cloud Gaming Microsoft – Kareem Choudhry, sebelumnya mengatakan bahwa xCloud akan diintegrasikan ke konsol akhir tahun ini.

Dengan ini, Microsoft dan Xbox secara tidak langsung “memperpanjang usia” Xbox One menjadi lebih lama lagi.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Xbox atau artikel lainnya dari Arif Gunawan. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version