Microsoft Harus Bayar Ganti Rugi Jika Akuisisi Activision Blizzard Gagal

Akuisisi Activision Blizzard Gagal

Akuisisi Activision Blizzard Gagal

Microsoft Bayar Ganti Rugi Jika Akuisisi Activision Blizzard Gagal – Setelah sebelumnya Competitions and Markets Authority Inggris (CMA) menolak proses akuisisi Activision Blizzard yang dilakukan Microsoft karena beberapa faktor, sepertinya Microsoft akan kehilangan uang yang cukup besar jika akuisisi ini gagal.

Hal ini disampaikan oleh CEO dari Activision Blizzard yaitu Bobby Kotick yang mengkonfirmasi beberapa hal terkait pemblokiran akuisisi oleh regulator Inggris karena terindikasi akan memberikan dampak negatif pada masa depan Cloud Gaming.

Microsoft Kehilangan 3 Milyar US Dollar Jika Akuisisi Activision Blizzard Gagal?

Ceo Activision Blizzard Bobby Kotick

Dilansir dari CNBC, Bobby Kotick mengkonfirmasi bahwa perusahaannya akan mendapatkan 3 Milyar US Dollar sebagai bentuk biaya pemutusan jika akuisisi tersebut tidak selesai atau dibatalkan.

Meskipun perusahaan ini juga ingin proses akuisisi berjalan dan selesai, namun dapat dipastikan bahwa Activision Blizzard akan sedikit lebih kaya meskipun proses tersebut dibatalkan. Sementara itu Microsoft akan kehilangan uang dan juga Akuisisi salah satu perusahaan game terbesar di Dunia.

Pada interview yang sama, Bobby Kotick juga menjawab apa yang perusahaannya lakukan jika tidak jadi bergabung dan mengambil biaya pemutusan sebesar 3 Milyar US Dollar tersebut.

“Jika tidak berhasil pada akhir tahun ini, Saya rasa kami akan memiliki uang sekitar 18 Milyar US Dollar,” Ungkap Bobby. “Dan jika dilihat dari 30 tahun sejarah perusahaan, kami telah mengerahkan kapital kami untuk keuntungan para pemegang saham dengan sangat baik dan kami akan tetap terus melakukannya,” tambahnya.

Meskipun 3 Milyar US Dollar jauh dibawah 69 Milyar US Dollar yang direncanakan akan didapat Activision Blizzard ketika proses akuisisi berhasil, Sepertinya perusahaan ini akan tetap memprioritaskan para pemegang sahamnya.

Dan tentunya jika Akuisisi ini batal, Bobby Kotick akan tetap menjadi CEO. Berdasarkan informasi yang beredar, Dirinya hanya akan melepas jabatan tersebut jika perusahaan ini diakuisisi oleh Microsoft.

CMA Blokir Akuisisi Activision Selama 10 Tahun

Cma Tolak Akusisi Activision Blizzard

Di sisi lainnya, CMA memberikan laporan akhir yang menjelaskan alasan pemblokiran akuisisi Activision Blizzard oleh Microsoft. Pada dokumen setebal 400 halaman tersebut, terdapat beberapa poin yang cukup mengagetkan.

Salah satu poin yang dimaksud adalah pada bagian 11.26 pada dokumen laporan akhir CMA perihal akuisisi ini. Pada bagian tersebut, dijelaskan bahwa praktik normal yang CMA lakukan untuk hal ini adalah pemblokiran akuisisi dalam durasi 10 tahun kecuali ada hal – hal yang berubah.

Dengan kondisi saat ini, sepertinya Microsoft terkena efek yang cukup besar dimana mereka akan kehilangan kesempatan untuk mengakuisisi salah satu perusahaan game terbesar dan juga kehilangan uang untuk biaya pemutusan jika proses akuisisi dibatalkan.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Game Android atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version