Microsoft Berhasil Ciptakan Controller Khusus untuk Para Penyandang Disabilitas


Follow Us

Bermain video game dengan menggunakan “Controller” memang selalu menuntut kalian untuk memiliki anggota tubuh yang lengkap (terutama tangan) dan sehat ketika memainkannya. Namun bagi seseorang yang kurang beruntung karena keterbatasan fisik yang dimiliki, video game seakan bisa menjadi sebuah tembok tebal yang tak akan mereka bisa lalui bersama dengan kita.

Nulis artikel dibayar

Berangkat dari keresahan tersebut, hati nurani Microsoft akhirnya tergerak untuk memikirkan suatu pemecahan masalah yang dapat membuat video game sebisa mungkin juga dapat dinikmati oleh semua orang tanpa memandang kondisi fisik yang mereka punyai. Kabar baiknya, mereka saat ini telah berhasil membuat sebuah alat bantu khusus yang dapat memungkinkan seseorang yang memiliki keterbatasan di tangan mereka untuk dapat bermain video game selayaknya gamer pada umumnya.

BACA JUGA  Square-Enix: Tidak ada Rencana untuk Merilis Final Fantasy VII Remake ke Platform Lain

 

Dinamai sebagai Xbox Adaptive Controller, alat yang menyerupai kotak box ini memiliki fungsi untuk menghubungkan segala macam tombol di dalam controller Xbox ke tombol-tombol lain yang dapat dengan mudah dijangkau oleh para gamer yang memiliki keterbatasan fisik melalui berbagai sambungkan kabel di belakangnya. 2 lingkaran besar yang bisa kalian lihat secara gamblang di kontroller adaptif tersebut juga bisa dipakai sebagai salah satu tombol alternatif A dan B bagi para penggunanya.

BACA JUGA  Glavenus akan segera hadir di Monster Hunter World: Iceborne

 

Meski agak terkesan rumit karena wajib menyiapkan banyak alat-alat pendamping yang berperan sebagai pengganti tombol. Alat ini tetap terbukti sangat menolong dan efektif bagi seseorang yang memiliki nasib berbeda dengan kita, namun begitu rindu untuk merasakan dan mengekspresikan kegembiraan mereka lewat sebuah hobi yang kita gemari ini.

 

Phil Spencer, selaku boss dari Xbox menjelaskan bahwa produk yang para timnya ciptakan tersebut merupakan sebuah langkah awal bagi dirinya untuk mengerjakan hal-hal yang bersifat inklusif. Sehingga beliau nampaknya berkeinginan untuk membantu para gamer-gamer yang memiliki kekurangan dalam kondisi berbeda dengan mengembangkan alat-alat revolusioner lain yang sama efektifnya dengan Xbox Adaptive Controller. Tak ketinggalan, Phil sendiri juga mengaku telah bekerja sama dengan beberapa organisasi amal dan badan kesehatan dalam mengembangkan alat bantu tersebut.

BACA JUGA  Tiga Raksasa Produsen Konsol Berencana Pindahkan Produksinya Keluar Tiongkok

Produk Xbox Adaptiver Controller rencananya akan segera diluncurkan pada sekitaran tahun ini, dan dibanderol dengan harga $100. Semoga kehadiran alat ini nantinya dapat menghapus kesedihan banyak gamer-gamer di luar sana yang merasa kurang beruntung ataupun minder atas keterbatasan fisik yang dimilikinya.

Sumber: Xbox Wire


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item