Urusan Microsoft dengan CMA Belum Usai, Kini Diduga Monopoli AI

Microsoft Dengan Cma

Urusan Microsoft dengan CMA Inggris Raya di tahun 2023 tampaknya belum usai. Setelah sebelumnya Microsoft terlihat dengan pengadilan panjang untuk akuisisi Activision-Blizzard, kini perusahaan tersebut juga diduga telah memonopoli AI.

Seperti yang kita ketahui, Microsoft mempunyai saham yang cukup banyak di OpenAI, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang kecerdasan buatan dan melahirkan chatbot ChatGPT. CMA atau Otoritas Persaingan dan Pasar menduga kalau Microsoft terlalu mendominasi pasar AI di Inggris Raya.

Urusan Microsoft dengan CMA Berlanjut Karena Kerjasama OpenAI

Urusan Microsoft ke otoritas antitrust belum selesai

Melansir dari Gov.uk, CMA Inggris Raya mengirimkan undangan untuk berkomentar terkait kerjasama yang terjalin antara Microsoft dengan OpenAI. Tugas undangan tersebut sebagai langkah pertama dalam investigasi apakah Microsoft dan kerjasamanya dengan OpenAI akan mempunyai imbas terhadap monopoli AI di Inggris Raya.

Otoritas tersebut memang bertugas agar industri dan pasar di negaranya tetap kompetitif dan tidak menghambat inovasi. Salah satu industri yang belakangan ini tengah populer adalah kecerdasan buatan.

Kerjasama Microsoft-OpenAI Akan Diselidiki

Kerjasama antara Microsoft x OpenAI

Yang mana juga sangat sedikit pemainnya dan bila tidak diregulasi dengan baik, akan menimbulkan monopoli pasar. Hal seperti itu yang diharapkan tidak terjadi oleh CMA. Menurut mereka, Microsoft punya lebih dari 50% hak memberikan suara di OpenAI atau sebaliknya, dengan jumlah saham yang mereka miliki di perusahaan tersebut mencapai 49%.

Undangan ini sebagai langkah awal untuk menentukan apakah kerjasama kedua perusahaan ini mengikuti aturan undang-undang yang berlaku di Inggris Raya. Dan apabila terbukti akan mengurangi kompetisi, akan ditindaklanjuti lebih dalam.

Bagaimana menurut kalian brott? Apakah langkah ini memang perlu dilakukan CMA? Apakah memang ada yang tidak beres dari kerjasama antar dua perusahaan ini? Coba beri komentar kalian soal kasus ini ya.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version