Sidang FTC Selesai, Microsoft Dibolehkan Akuisisi Activision Blizzard oleh Pengadilan Federal Amerika

Microsoft Dibolehkan Akuisisi

Microsoft dibolehkan akuisisi – Sidang FTC yang berlangsung sejak beberapa waktu lalu akhirnya selesai dan hakim Jacqueline Scott Corley memutuskan untuk memenangkan Microsoft dan menolak permohonan FTC agar akuisisi Activision-Blizzard dicegat.

Dengan akuisisi yang bisa dikatakan terbesar dalam sejarah industri game ini berhasil lolos di pengadilan federal Amerika Serikat, berarti semakin dekat langkah Microsoft untuk menyelesaikan proses pembelian yang deadlinenya di tanggal 18 Juli ini.

Pengadilan Federal Tolak Permohonan FTC, Microsoft Dibolehkan Akuisisi Activision- Blizzard

Akuisisi akhirnya temukan sedikit titik terang

Hakim Corley memberikan statement bahwa: Memang akuisisi ini adalah yang terbesar dalam sejarah dan perlu adanya kajian mendalam. Microsoft sudah berkomitmen secara tertulis dan publik untuk tetap menyediakan Call of Duty di PlayStation selama 10 tahun. Melakukan persetujuan dengan Nintendo untuk membawakan Call of Duty ke Switch. Dan  untuk pertama kalinya menyetujui agar game Activision di berbagai cloud gaming services.

Tanggung jawab persidangan ini terhadap kasus ini sangatlah sempit. Sidang ini bertujuan untuk menentukan, kendati dengan kondisi seperti ini, apakah akuisisi harus ditunda — atau mungkin malah dihentikan — menunggu resolusi aksi administratif dari FTC.

Untuk alasan yang telah dikemukakan, pengadilan menemukan FTC tidak menunjukkan kemungkinan mempertahankan klaim bahwa akuisisi ini akan mengurangi kompetisi. Malah sebaliknya, berdasarkan bukti menunjukkan lebih banyak konsumen mendapatkan akses ke Call of Duty dan konten Activision lainnya. Maka dari itu usul perintah pengawalan ditolak.

Hakim Jacqueline Scott Corley

Melansir dari IGN, juru bicara FTC Douglas Farrar mengemukakan kekecewaannya terhadap hasil sidang karena isu ini menurut mereka adalah sebuah ancaman bagi cloud gaming, layanan subskripsi, dan konsol.

Bos Xbox Phil Spencer Berikan Ucapan Syukur Diterimanya Akuisisi Activision Blizzard

Boss Xbox, Phil Spencer

Bos Xbox Phil Spencer lewat akun Twitternya menyampaikan rasa terima kasihnya terhadap pengadilan federal dan menunjukkan sekali lagi kalau akuisisi ini akan menguntungkan bagi industri gaming secara keseluruhan.

Dia juga menambahkan kalau klaim FTC sebelumnya tidak merefleksikan kondisi pasar yang sebenarnya. Phil juga mengatakan mereka tetap berkomitmen dalam membawakan games ke lebih banyak konsumen dan lebih banyak perangkat.

Boss Xbox, Phil Spencer

Hanya saja Microsoft belum bisa sepenuhnya menghela nafas lega. Meski sudah disetujui oleh pengadilan federal AS, mereka masih harus mendapatkan persetujuan dari CMA di Inggris Raya.

CMA memang sudah memblokir akuisisi Activision-Blizzard sejak awal tahun 2023 dan dengan sidang yang baru akan berlangsung hingga 4 Agustus nanti, berarti Microsoft harus memodifikasi tanggal tenggat transaksi yang akan berakhir 18 Juli ini.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita Games atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version