Microsoft : Kami Tak Ada Rencana Buat Konsol Khusus Cloud Gaming


Terdapat rumor jika Microsoft tengah mengembangkan sebuah konsol khusus yang hanya bisa memainkan game secara streaming seperti konsol buatan Google yaitu Stadia. Setelah rumor itu menyebar, pihak Microsoft langsung membantah hal tersebut, yaitu Phil Spencer kepala divisi game Microsoft Xbox, dalam wawancara tersebut, ia telah mengonfirmasi bahwa perusahaan saat ini tidak dalam pengembangan pada konsol khusus streaming.

Sebelumnya, dalam rumor itu dikatakan jika nantinya konsol Project Scarlett generasi berikutnya akan diluncurkan dalam dua versi yaitu high-end dan konsol cloud.

“Kami tidak sedang mengerjakan konsol khusus streaming sekarang,” jelas Phil Spencer, kepala dari divisi game Microsoft, dalam sebuah wawancara dengan Gamespot. “Kami melihat ponsel di saku Anda sebagai tujuan streaming, dan konsol yang kami miliki memungkinkan Anda memainkan game secara lokal.”

Phil Spencer pada Microsoft’s E3 2019 press conference. — Photo credit: Jason Lewis

Sebenarnya, rencana Microsoft untuk konsol kedua dibatalkan pada awal tahun ini, mereka berasalan jika para developer khawatir dan mereka akan lebih fokus ke xCloud. Walau begitu, saat ini Microsoft sendiri tengah mencoba mengembangkan layanan xCloud mereka, itu terlihat jelas setelah mereka memamerkan layanan cloud gaming di E3 tahun ini. Dikatakan nantinya, beta publik diperkirakan akan diluncurkan pada bulan Oktober mendatang.

Microsoft Project Scarlett nantinya akan mendukung resolusi hingga 8K, memori penyimpanan SSD, dan dukungan ray tracing. Microsoft akan menggunakan CPU  keluaran AMD, dan mereka menjanjikan prosesor baru ini akan empat kali lebih kuat dari pada Xbox One X. Microsoft juga menggunakan RAM GDDR6 , dan berfokus pada peningkatan framerate dalam game. Dikatakan Halo Infinite adalah game pertama yang dikonfirmasi untuk Project Scarlett.

 

Sumber : Gamespot


Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki