Microsoft Kembangkan Teknologinya untuk Hadapi Metaverse

Microsoft Mesh Metaverse

Beberapa waktu silam, kita mendapati kabar bahwa Facebook telah merubah nama perusahaannya menjadi ‘Meta’ untuk awali era metaverse. Seakan tak ingin kalah darinya, Microsoft pun kembangkan teknologi untuk hadapi metaverse yang akan menjadi sebuah tren di masa mendatang.

Dimulai dari Microsoft Teams

Langkah awal yang dilakukan oleh Microsoft adalah dengan merombak dan kembangkan teknologi yang telah ada pada Microsoft Teams. Layaknya Facebook Horizon Workrooms, fitur yang menyasar kebutuhan kantoran ini akan hadir dengan menampilkan 3D Avatar, membuat meeting semakin imersif.

Dengan kehadiran 3D Avatar tersebut, semakin mengukuhkan bahwa teknologi yang tengah dikembangkan raksasa teknologi tersebut memang akan booming ke depannya. Microsoft berencana untuk mengembangkan dunia virtual ini untuk semakin menjangkau para pelaku bisnis, dan tentunya menarik para konsumen.

Teknologi tersebut adalah Mesh, yang merupakan sebuah kolaborasi antar platform untuk hadirkan dunia virtual dalam genggaman. Saat ini, teknologi bernama Mesh tersebut masih dalam tahap pengembangan, dan direncanakan akan rilis pada tahun depan. Untuk mampu suguhkan dunia virtual tersebut, Microsoft gunakan mixed reality dan fitur dari HoloLens.

Tak Memerlukan Perangkat Khusus

Microsoft Mesh yang sebelumnya memang dikabarkan telah dikembangkan beberapa waktu lalu tersebut, akhirnya resmi hadir pada kuartal pertama tahun depan. Tak hanya, itu Microsoft akan menambahkan together mode yang akan membuat sebuah meeting menjadi semakin imersif dan terasa cukup realistis.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Penambahan fitur-fitur tersebut dirasa akan dapat memenuhi kebutuhan khalayak ramai, terutama di masa seperti sekarang ini. Microsoft berharap fitur dan teknologi yang mereka kembangkan ini akan dapat memudahkan kebutuhan para pekerja yang tengah work from home.

Salah satu contoh kegiatan yang bisa kalian lakukan dengan Microsoft Teams

3D Avatar yang akan digunakan oleh Microsoft Teams tersebut juga merupakan sebuah jawaban dari tantangan era metaverse yang akan datang. Para pengguna bahkan tidak memerlukan virtual reality headset semacam Oculus hanya untuk dapat menikmati dan gunakannya.

Microsoft akan menggunakan AI untuk mendengarkan suaramu, dan akan membuat animasi pada avatar milikmu. Bila kamu menginginkan pengalaman yang lebih imersif, avatar milikmu bahkan dapat memberikan sebuah emoji. Bila kamu ingin menanyakan sesuatu, kamu cukup menekan tombol ‘raise hand’ dan avatar-mu akan melakukannya untukmu.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version