Microsoft Koreksi Kesalahan Minimum Spesifikasi PC untuk Windows 11

W11 Minimal

Microsoft baru-baru ini merilis Windows 11 dan merincikan persyaratan sistem yang wajib dimiliki oleh calon penggunanya. Menurut Microsoft Support Documentation, perangkat pengguna wajib memiliki prosesor generasi baru, TPM 2.0, dan Secure Boot untuk menjalankan Windows 11.

Prosesor Lama Dikatakan Tidak Support Windows 11

Microsoft tidak akan mendukung semua perangkat lama yang tidak memenuhi persyaratan minimum untuk menjalankan Windows 11. Daftar prosesor Intel dan AMD yang didukung mungkin akan diperbarui kedepannya, namun sepertinya kita tidak boleh terlalu berharap.

Dari daftar di atas, Microsoft Windows 11 tidak secara eksplisit mendukung CPU AMD Ryzen generasi pertama. Tapi kemudian juga tidak mendukung prosesor Intel yang dibuat sebelum generasi Coffee Lake. Singkatnya, prosesor lawas seperti Ryzen 1000 dan Intel Generasi ke-7 tidak akan bisa menjalankan Windows 11.

Microsoft telah mengkonfirmasi bahwa pengguna hanya dapat menjalankan Windows 11 jika mereka memiliki chipset Intel generasi ke-8 atau yang lebih baru. Sedangkan untuk PC AMD, Ryzen 2000 adalah persyaratan minimum yang diperlukan.

TPM 2.0 Adalah Syarat Mutlak?

TPM atau Trusted Platform Module adalah sebuah fitur untuk menambah keamanan dalam bentuk hardware. Fitur ini mencakup beberapa mekanisme keamanan untuk membuatnya kebal terhadap berbagai gangguan dari software yang merugikan.

Fungsi TPM yang paling umum digunakan adalah untuk melakukan pengukuran integritas sistem dan untuk pembuatan dan penggunaan kunci. Selama proses boot sistem, kode boot yang dimuat (termasuk firmware dan komponen sistem operasi) dapat diukur dan direkam dalam TPM.

Dengan teknologi yang semakin berkembang, sebenarnya tidak ada salahnya untuk mengharuskan penggunanya untuk menggunakan beberapa perangkat baru. Namun dengan begini, dalam waktu yang tidak lama pengguna akan merasa terpaksa akan melakukan update semua perangkat mereka.

Microsoft dalam waktu dekat akan melakukan pengetesan terhadap prosesor Intel dan AMD yang tidak memenuhi spesifikasi minimum.

Gimana menurut kalian? Meski demikian, hal ini bisa saja berubah, dan tidak menutup kemungkinan bahwa ke depannya akan lebih banyak perangkat yang didukung.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version