Microsoft Mempertimbangkan Penurunan Spesifikasi CPU untuk Windows 11

Win 11 Cover

Microsoft baru-baru ini merilis Windows 11, dan mewajibkan para penggunanya untuk menggunakan perangkat terbaru untuk bisa menjalankan Windows 11. Menurut Microsoft Support Documentation, perangkat anda harus memiliki prosesor yang lebih baru, TPM 2.0, dan Secure Boot. Namun, apakah penurunan spesifikasi CPU untuk Windows 11 ini mungkin terjadi?

Spesifikasi Dan Fitur Yang Terkesan Memaksa?

Microsoft Mempertimbangkan Penurunan Spesifikasi CPU untuk Windows 11 3

Windows 11 meminta para penggunanya untuk menggunakan Prosesor Intel Generasi Ke-8 atau Ryzen Generasi 2000, dan fitur TPM 2.0. Hal ini menuai berbagai kecaman dari para pengguna, dikarenakan hanya untuk mencicipi Windows 11, mereka harus menggunakan perangkat baru.

Sederhananya, kalau kamu memiliki perangkat yang dibuat sebelum tahun 2017, kemungkinan besar perangkatmu tidak memenuhi syarat untuk mencoba Windows 11. Alasan Microsoft membatasi prosesor lama adalah karena semua fitur yang disediakan Windows 11 lebih cocok untuk perangkat baru.

Persyaratan minimal oleh Microsoft ini didasari oleh beberapa faktor, diantaranya faktor kinerja, kemampuan, kualitas, dan masalah keandalan. Menurut Steve Dispensa, Program Manager di Microsoft, hal ini untuk memastikan para penggunanya akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa.

Microsoft Akan Mempertimbangkan Ulang

Microsoft Mempertimbangkan Penurunan Spesifikasi CPU untuk Windows 11 4

Berdasarkan hasil yang dikumpulkan melalui Windosws Insider, Microsoft mungkin akan mempertimbangkan kembali persyaratan minimum prosesor ini. Sebelumnya, Microsoft tengah melakukan pengujian terhadap Prosesor Intel Generasi Ke-7, dan bila hasilnya memuaskan, Microsoft akan menambahkannya ke dalam daftar. Namun, Microsoft tidak berencana untuk mendukung Prosesor Intel Generasi Ke-6 dan yang lebih lama.

Selain prosesor, TPM 2.0 merupakan syarat mutlak untuk dapat menjalankan Windows 11. Namun, beberapa pengguna dikabarkan dapat mengakalinya dengan merubah beberapa pengaturan di media instalasi sehingga bisa menjalankan sistem operasi teranyar ini.

Namun, pada tanggal 24 Juni lalu, beberapa pengguna yang memiliki spesifikasi kurang mencukupi diberikan kesempatan untuk melanjutkan instalasi Windows 11.

Nah, itulah pertimbangan dari Microsoft terkait spesifikasi minimum yang dibutuhkan oleh para penggunanya untuk menjalankan Windows 11. Semoga pihak Microsoft mau mendengarkan saran dari penggunanya ya brott.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version