Microsoft Menahan Fitur Crossplay Final Fantasy XIV Online


Mereka rupanya punya regulasi tersendiri untuk crossplay.

Jika kamu merupakan player game MMORPG Square-Enix yakni Final Fantasy XIV Online, tentunya kamu mengetahui bahwa gamenya miliki sistem crossplay antara PlayStation 4 dan PC. Memungkinkan dua platform tersebut untuk bermain bersama dalam satu server. Namun yang menjadi pertanyaan terbesar tentunya adalah absennya game yang bisa disebut sejajar dengan World of Warcraft ini di Xbox One meski Final Fantasy XI bisa melakukannya di PC, PlayStation 2, dan Xbox360. Sutradara gamenya, Naoki Yoshida mengaku bahwa hal ini ada hubungannya dengan regulasi Microsoft.


Berbicara dengan wccftech, Yoshida mengaku bahwa dua bulan yang lalu ia telah mendiskusikannya dengan boss Xbox, Phil Spencer. “Sebelumnya saya juga telah menjelaskan bahwa kami siap untuk melakukan crossplay kapanpun, namun dua regulasi yang mereka berikan tak bisa diterima”, tuturnya.



Ia melanjutkan bahwa dua regulasi tersebut adalah pelarangan player dari platform lain untuk membuat komunitas, baik guild/free company maupun link shell (grup chat yang ada dalam gamenya). Peraturan tersebut tak bermasalah di game shooter seperti game FPS maupun TPS, namun akan sangat bermasalah di game MMORPG.

Yoshida ingin Microsoft mengganti regulasinya dan tak hanya terbatas di Microsoft saja, namun semuanya. Dengan tidak diperbolehkannya komunikasi di game MMO, Yoshida mengatakan bahwa Final Fantasy XIV takkan sambangi Xbox sebelum peraturan tentang chat dan yang lainnya mereka perbaiki.



Pengakuan Yoshida tentu kontradiktif dengan usaha Microsoft yang selama bertahun-tahun terakhir ingin kampanyekan crossplay agar semua gamer dari berbagai platform bisa bermain bersama. Keputusan Yoshida yang takkan memecah-belah komunitasnya dengan tak merilis gamenya ke Xbox One tentu ia lakukan demi melindungi player dan komunitas Final Fantasy XIV agar tak miliki komunitas eksklusif tersendiri di Xbox One.



Final Fantasy XIV saat ini sudah bisa dimainkan di PC dan PlayStation 4 secara crossplay. Sementara ekspansinya Shadowbringers akan dirilis tanggal 2 Juli mendatang di semua platform yang Square-Enix dukung.

Baca terus informasi terkini tentang Final Fantasy XIV agar kamu tak ketinggalan update.

contact: [email protected]