Microsoft Pertimbangkan Untuk Tambahkan Iklan di Game Free-To-Play

Microsoft Pertimbangkan Untuk Tambahkan Iklan di Game Free-To-Play

Microsoft Pertimbangkan Untuk Tambahkan Iklan di Game Free-To-Play

Game free-to-play adalah sarana bagi para gamer yang ingin bermain tanpa mengeluarkan duit sepersenpun. Meskipun gamenya gratis, sang developer mendapatkan pemasukan dari penjualan barang in-game seperti skin, senjata maupun karakter baru. Nah, baru-baru ini muncul kabar bahwa akan ada satu pemasukan tambahan bagi para developer tersebut yaitu dengan menambahkan iklan di game free-to-play.

Informasi ini datang dari website Business Insider, yang mengatakan bahwa rencana iklan di game free-to-play ini akan dilakukan oleh perusahaan Microsoft. Menurut sumber tersebut, penambahan iklan di game free-to-play tidak akan mengganggu jalannya gameplay dari game tersebut. Hal ini dapat dilakukan dengan menaruh iklan di papan iklan dalam game maupun penggunaan produk dalam game.

Salah satu contoh iklan dalam game adalah munculnya baterai Energizer dan papan iklan Verizon dalam game Alan Wake. Contoh lainnya adalah penambahan beberapa mobil seperti Mercedes-Benz GLA, 1957 SL 300 Roadster dan 1934 W25 Silver Arrow di Mario Kart 8.

Alasan Microsoft Ingin Menambahkan Iklan di Game Free-To-Play

Produk Baterai Energizer di Game Alan Wake

Business Insider juga mengatakan bahwa Microsoft tidak akan mengambil keuntungan dari sektor periklanan ini. Nantinya, keuntungan dari periklanan tersebut hanya dibagikan antara developer game dengan perusahaan yang diiklankan. Hal ini bertujuan untuk membuka pemasukan baru bagi developer game free-to-play yang akan sangat menguntungkan untuk developer-developer kecil.

Ide iklan di game free-to-play ini merupakan salah satu langkah yang cerdas dari Microsoft. Sebelumnya, Microsoft juga telah mempatenkan ide baru untuk game multiplayer lokal dan remote split-screen sebagai salah satu langkah untuk menarik lebih banyak developer game multiplayer dan free-to-play ke platform mereka. Dengan pemasukan tambahan dari iklan, para developer akan semakin termotivasi untuk menggarap game untuk platform Xbox mengingat biaya pengembangan akan berkurang.

Sebenarnya, Microsoft menyampaikan kekhawatirannya bahwa periklanan yang berlebih dapat membuat para pemain merasa terganggu. Itulah kenapa Microsoft hanya berniat untuk menambahkan iklan di game free-to-play. Kekhawatiran lainnya adalah kemungkinan dimana Microsoft menggunakan iklan yang ditargetkan, akan tetapi informasi dari Business Insider mengatakan bahwa Microsoft tidak akan mengumpulkan data dari layanan miliknya.


Baca lagi artikel menarik lainnya dari penulis kita Aldy Khalif, dan artikel lain seputaran Microsoft. Tertarik melakukan kerjasama? Kontak kita di Author@Gamebrott.com

Exit mobile version